Memilih Raket Tenis

Raket tenis yang pas pasti bikin main tenis jadi menyenangkan. beratnya pas..digenggam juga enak..mental bola nya pas..control bola juga enak. Dah 2 tahun terakhir ini main tenis (lagi) setelah vakum alias gak main selama 2 dekade..Jadi pasti agak bingung juga waktu mau beli raket dan pasang senar.

RAKET O

Ini Wilson Hyper Hammer 5.3. beli di Sports Station sekitar 1.4 Juta. Sengaja beli di tempat yang rada bener…biar pasti aja… Sepertinya semua wilson sekarang dibuat di China..Karena dari dulu gw pake wilson terus… jadi enggan ganti aja kayaknya. Padahal sekarang merk Head, Babolat sudah banyak banget seri nya. Dibandingkan 20 tahun yang lalu..Merk Prince malah hampir menghilang dari toko toko ya..Yonex masih ada meskipun isometriknya gak ekstrim kayak dulu..kotak banget.

Milih raket tenis perlu rasanya paham sedikit detail teknisnya. Yang harus diingat ..tentu saja raket yang harus menyesuaikan dengan kita. bukan sebaliknya. Jadi soal harga raket, seri raket yang lagi top..pemain dunia pakai seri apa..teman bilang ini bagus itu bagus….semua tetap harus dilihat kecocokannya dengan gaya kita sendiri. Paham dulu seperti apa permainan kita..nah baru deh baru cari teknis raket yang sesuai. Enaknya nih ….raket apa saja pasti punya data data teknis.. biasanya dibikin stiker di area segitiga dalam …

Pertama, data tentang lingkar raket ato headsize dan grip ato lingkaran pegangan.  Wilson hyper hammer ini headsize nya 110 sq inch. Raket orang tua kalo orang bilang .ada juga raket tenis yang bahkan yang lebih lebar..ukuran 115 inch. Jadi kayak tampah . Raket penampang kecil bisa berukuran  95 sq inch.  Bola tenis itu kalo kena sweet spot..area tengah raket..enak bener rasanya. nah..raket lebar ini sweet spot nya lebih besar juga..jadi kalo mukul kena bagian apa aja bisa kembali bolanya….Sebaliknya, makin kecil penampangnya..makin sulit kena sweet spot nya. Pemain bertenaga besar..dan sudah jago ..biasanya gak mau pakai yang 110 . Susah menghasilkan pukulan keras.. susah dikontrol. Lihat deh pemain tenis di tivi..jarang yang pakai 110. Soalnya mereka sudah pandai kontrol raketnya..dan mau mukul keras tentunya.

Dengan tenaga yang sama besar..kalo raket nya 95..pasti bolanya lebih kencang jalannya dibandingkan dengan raket 110. Dengan karakter seperti ini..pemain baseliner..alias yang nunggu di belakang dan bertenaga….cocok dengan yang penampang rada kecil..Sebaliknya pemain type volley..cegat di depan net dan tenaga pas pas an aja.. cocok pakai yang lebar.

Pegangan ato grip tergantung besarnya telapak tangan. Kalo kekecilan grip nya..pegal juga pegang raketnya..biasanya sering melintir. Sebaliknya kalo kebesaran..capek juga menggenggamnya. jadi enaknya yang pas..enak digenggam.

raket lingkar1

Terlanjur beli yang rasanya kekecilan gripnya? masih bisa dibetulin..cari aja pelapis grip yang rada tebal..overgrip gitu..biasanya ketebalannya bisa menutupi grip kekecilan

Kedua, ini juga sangat penting…berat raket ato disebut weight. Pemain dengan tenaga pas pas an..sebaiknya jangan pilih yang berat…menderita jadinya. Memang bisa aja dengan teknik ayunan yang baik..raket berat bisa dikendalikan. Tapi kalo main rekreasi biasanya teknik ayunan tidak selalu sempurna. Jadi raket berat buat yang tenaga kecil…pasti gak enak pakainya. Yonex, Babolat biasanya raketnya relatif berat..diatas 300 gram. Gw sengaja pilih yang paling ringan karena tau diri aja. tenaga kecil..Apalagi kalo mainnya volley di net. Sangat butuh raket ringan..super ringan. Supaya cepat bisa bolak balik dari forehand ke backhand. Selain Wilson ini..kayaknya Head seri TiS6 yang lebih ringan dari 230 gr…ini seri lama juga, tapi diklaim raket paling ringan.

Raket ringan tentu saja hasil pukulannya jadi lebih pelan. bayangkan aja lah kalo bola dipukul dengan kayu jati..padat berat, dibandingkan bola yang dipukul dengan kayu balsa. pasti lebih kencang jalannya yang dipukul dengan kayu jati ya…Bahayanya kalo raket kelewat berat..gampang cedera… di daerah siku terutama. Jadi biarpun lagi sale besar..kalo raketnya berat..gak sesuai dengan tenaga kita..mending gak usah dibeli..

rakettenis1

Ketiga, tarikan senar dan jenis senar. Semakin tinggi tensi ato tegangan senar..butuh tenaga semakin besar untuk bikin bolanya lari kencang. tukang senar biasanya bilang angka yang belakang. jadi tanyanya pasti tarikan berapa pak..kalo main rekreasi sih 55-58 sudah bagus lah..raket gw berarti bisa ditarik dari 55 sampai 65. Kalo mainnya serius..senarnya pasti tegang banget..bisa 60. Raket yang bagus..bisa ditarik senar tegangan tinggi. Senar dengan tensi tinggi..kalo tenaga biasa aja malah gak enak. kayak mukul bola pake papan. Waktu bola kena senar..gak ada daya lenting dari senarnya…Makanya perlu tenaga besar dari pemain untuk bikin bola jadi kencang. Kalo tenaga besar..senar tarikan tinggi..bola bisa kencang. pemain dengan tenaga kecil..jangan pakai tarikan tinggi. Senar tarikan tinggi juga bisa bikin cedera sikut…ketika bola kena raket..dengan tarikan senar  tinggi ..getarannya tidak diserap semua oleh senar..merambat langsung ke tangan dan sikut kita.

Senar yang jenisnya  nylon biasanya tarikannya lebih tinggi..soalnya nanti kendur sendiri. Kalo senar ‘kawat’ seperti belakangan gw pake..Gosen polylon..lebih kaku. Jadi tarikannya rendah aja. Gw pake 48 ..Pemain yang lebih jago biasanya tarikan sangat berpengaruh..jadi bisa dibuat tarikan senar vertikal dan horisontal beda..ato bahkan jenis senar nya beda. Buat recreational player sih gak perlu segitu ribetnya. Yang disebut kawat itu senar yang terdiri dari banyak rambut. jadi lebih kaku.

Semakin tebal senar..semakin tidak lenting bolanya. jadi perlu tenaga lebih dari kita…getaran di tangan lebih keras.  Tapi senar tebal pasti awet alias gak cepat putus. Sebaliknya semakin kecil senar..semakin lenting. Yang normal dipakai pemain rekreasi..senar diameter 17. Kalo dibawah itu..16. terlalu kecil..lebih cepat putus. apalagi kalo tipe pemain banyak spin. Tapi kalo diatas itu..18 misalnya ..jadi lebih kaku. di toko olah raga umumnya sedia yang 17.

Jadi supaya permainan menyenangkan..pemain tenaga besar..baseliner..pakai raket berat.. penampang raket agak kecil, tarikan senar tinggi..senar kawat. sebaliknya pemain tenaga pas..main volley..pakai raket ringan..penampang lebar tarikan senar biasa aja..dan senar nylon..ato senar lain yang nilai comfortable nya tinggi-bisa dilihat skor comfortable, durable, kontrol..di bungkus senarnya..

Sebelum menjatuhkan pilihan..boleh lah coba coba punya teman..supaya kecocokannya terasa. sekali lagi ..raket yg sesuai..bukan kita yang harus menyesuaikan diri. Selamat bermain..

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s