Cat Raket Tennis- custom painted raquet

Gak sengaja lihat di internet..ternyata raket tenis itu bisa dicat dan ditambah sticker-decal sesuai dengan yg kita mau. Kayaknya gampang nih..tinggal rontokin cat nya, bersihin..lalu cat dasar, warna, tempel sticker dah gitu vernish. ini dia contoh dari internet..custom painted raquets

ternyata tidak semudah yang dibayangkan..terutama stickernya.

Kebetulan ada wilson hammer 5.2 classic..yg warna ungu..belinya juga second waktu itu. enak banget raketnya..sudah uzur..tapi pas rasanya. waktu itu temen ada yg pake..gw coba. enak banget tapi dah gak ada lagi yg jual…ketuaan soalnya. Cari di buka lapak, kebetulan ada…sudah bonyok sih..baret baret..tapi masih belum ada bekas patah. jadi oke..kayaknya pas untuk experiment cat. Kebetulan kemarin baru putus senarnya.

Satu lagi calon pasien cat…raket Head Ti.S6.klaim nya ini raket paling ringan..ini raket seri lama juga..buat orang tua kayaknya..enteng banget. mukulnya jadi malah gak mantep rasanya. tapi buat mukul volley enak ..ini juga putus senarnya..jadi sekalian aja. yang Head ini sebenernya baru beli..bbrp bulan lalu…baru putus sekali senarnya..tapi karena gak terlalu enak raketnya..jadi males ganti senarnya..mending dijadiin pasien cat.

Pertama tentu saja dilepas dulu semua kelengkapannya..grip dicopot. berikutnya Grommet..alias plastic tempat senar masuk ke raket. herannya grommet ini gak ada yg jual di toko olah raga..gw gak pernah liat. Yang Wilson ini raket tua jadi waktu grommet dilepas lubang senarnya dah bengkok, mekar..pokoknya dah gak standar lagi..

Kalo yg Head karena masih baru sekali disenar..jadi masih mulus grommetnya. Beda yang paling jelas waktu ngelepasin grommet dari raket. kalo masih bagus lubang senarnya..gampang aja. kalo dah mekar lobangnya karena sudah sering ditarik senar..ngelepasnya susah. Grommet nya wilson karena sudah berkali kali disenar..jadinya sudah gak ada yg bener lagi bentuknya. Sambil kebayang nanti kalo sudah jadi..gimana masukin lagi grommet ke lubang raketnya ya….

Kedua rontokin cat. kalo yg ini pakai paint remover aja. gw beli yang kecil cukup buat 2 raket. jadi dilabur saja..nanti kalo dah rontok dikerok pakai kape…gak kuat kalo disikat kawat. Jadi memang harus dikerok pake kape. Kalo belum rontok semua.. diulang lagi..begitu seterusnya sampai bersih. Kira kira 4x labur remover..baru deh hilang semua.  Supaya pasti bersih…sesudah cat hilang, diamplas..pake yang kasar aja..yg grit 120 gak apa. biar cepat bersih aja. baru nanti akhirnya turun sampai grit 600. bertahap aja.

Kalau sudah bersih, warna raketnya abu abu tua banget…warna metal.

Ketiga, tentu disemprot cat dasar, primer ato surfacer. epoxy dibilang orang. Gw beli yang super kecil..1/4 kilo plus hardener..cuma 30 ribu. kepake cuma sedikit banget. tapi karena itu satuan terkecil..ya sudah dibeli aja, habis itu disimpan. Biasanya sih gak dipake juga nantinya. hardenernya biasanya hilang ato dah habis duluan.

Disemprot 3 lapis juga gak apa..digantung lebih enak..plus bisa dipegang juga untuk menjangkau bagian kecil. Oh iya spet nya pakai yang kecil..Meiji yg R3..semprotannya sedikit..jadi pas buat benda kecil kayak raket.

keempat..kalo sudah kering..keringin dulu..kalo gw nunggu minggu depan. gak sempat soalnya. gak enaknya..peralatan harus dicuci pakai thinner . jadi lebih repot bersih bersihnya..sesudah spray gun dibersihin..dah gitu nutup kaleng cat…diselotip supaya gak nguap pinggirnya.  untung sempat beli thinner buat cuci..seliter 10 ribu. amat berguna. tuang di kaleng bekas 1/2 tinggi kaleng..spraygun nya dicopot parts nya..dah gitu rendam deh.

Kelima..minggu depannya nih..masuk ke  pewarnaan. Gw beli cat PU aja..toh sedikit hanya 250 mg..alias seperempat. ini satuan terkecil beli di toko cat mobil. PU yang jenis bagus 30 ribu..yg biasa 20 ribu. Beli thinner pu juga buat pengencernya..beli aja Blinken. Beli catnya kuning sama hitam..tapi gak kepake hitamnya deh..soalnya catnya dah kebanyakan banget. Jadi cat yang kepake cuma 1/2 tempat cat yg di spray gun-ukuran kecil.

Selanjutnya..sebenernya nempel sticker ato decal. Tapi kayaknya kok sekarang gak ketemu cutting sticker yang kita bisa pesan sesuai tulisan..rata rata harus pesan 100 pieces. waduh. Cari di on-line juga gak ada lagi.. akhirnya beli aja sticker jadi untuk visor helm..yang kaca helm itu..kecil ukurannya. selembar 5 ribu..di buka lapak. beli ini dulu..tempel ke masing masing raket. karena gak custom..jadilah semua merk yg ada di moto gp..yang sebenernya buat ditempel di kaca helm. ya sudahlah..yang penting ada deh.

Selesai pesan sticker, tempel..baru keliatan bentuk raket lagi..tinggal divernish pakai blinken vernish yg super clear. ini juga beli sepaket yang di kotak itu..terpakai nya sedikit banget. Kalo bikin tebal vernishnya ngeri juga kalo meler. jadi 3-4x aja..dan ini juga jeda sekitar 30 menit per lapisan.

Sudah jadi ..mengkilap dan rasanya hardener untuk vernishnya pas. kering agak lama..thinner pu soalnya..tapi seminggu diangin anginkan aja di suhu kamar..warnya kuningnya jadi rata..mengkilap bagus. sayang stickernya kurang bagus.

Masukin grommet ke raketnya lagi..untuk head gak terlalu susah. grommet nya masih bagus..jadi tinggal ‘dipandu’ dengan obeng yang kayak paku ujungnya. lalu ditekan..sampai keluar grommetnya sedikit di bagian dalam raket. ini obeng sangat berguna apalagi untuk wilson yg grommet sudah relatif hancur. jadi setiap lubang harus dipandu dulu..baru ditekan keras.

Selesai semua..habis 3x minggu..baru deh bawa ke tukang senar..dan grip nya dibungkus lagi..biar kelihatan baru.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s