Pulang Kampung : Kualanamu-Siantar (1)

Pulang kampung..ke tanah batak. Sekalian sambil keliling wilayah sumatera utara. Jadi bisa lihat langsung nama nama seperti danau toba, tele, parapat, tomok dll. Selama ini cuma dengar aja. Sekalian juga menengok kampung tempat lahir orang tua, kakek nenek..yang katanya sangat terpencil.

Jalur yang mau dipilih untuk trip 9 hari ini bisa dilihat di google maps dulu. pilihan pertama, mulai dari jakarta ke bandara silangit lalu pulangnya dari Medan, bandara kualanamu. Atau mulai dari jakarta ke kualanamu, pulang dari kualanamu juga. Bisa juga datang dari silangit, artinya jakarta silangit..lalu pulang dari silangit juga ke jakarta. Biasanya harga tiket jakarta silangit lebih mahal dari ke medan/kualanamu. Penerbangan pasca hari natal..pesan akhir november..ke Silangit 2 juta..ke Kualanamu masih 1.6 juta sekali jalan. Disamping itu frekuensi penerbangan dan pilihan maskapainya yang ke Silangit tentu lebih sedikit.

Karena rencananya mau menjelajah lewat darat maka diputuskan setir mobil..nyewa dan setir sendiri aja..Gak ada informasi dari google.. apa bisa mobil disewa dari Kualanamu lalu dipulangin di bandara silangit..ato sebaliknya, sewa dari Silangit..pulanginnya di Kualanamu. Sudahlah, diputuskan saja sewa mobil dari Kualanamu..lalu pulang dari sana juga. Jalur kelilingnya aja yang direncanakan supaya tidak mengulang. karena ujung perjalanan ke kota Tarutung….

Sewa mobilnya relatif mudah..awal desember masih ada. pemiliknya oke banget dan sangat menolong…Mobilnya innova baru..reborn ..dan dibolehkan setir sendiri..Kondisi mobil masih bagus, bensin, manual itu per hari 600 ribu. Mobil bersih..gak ada bau rokok sama sekaliTapi rasanya pilihan ini tepat banget..karena diperlukan mobil yang bebas dari masalah selama di jalan. Plus semua harus prima….accu, ban, mesin, rem… Yang penting lagi..ini jalan berjam jam di mobil..jadi kalo mobil agak kecil bisa pegal nya banyak. . Gak kebayang kalo ada problem di daerah yang jauh..terpaksa nunggu bantuan kali ya. Bisa hilang seharian tuh urus mobil. Makanya pakai aja mobil yang terjamin deh. Nanti lebih terasa lagi kalau lewat jalan yang naik turun..sempit pula.

Tiket pesawat beli pakai traveloka. Pesan hotel..nah ini yang repot.Semua jalur online dipakai..mulai dari booking.com, travelok.coma..bahkan agoda juga. Masih kurang, pesan hotel di Tarutung dan Balige..pakai telfon langsung bookingnya. Jadi gak ada di website perjalanan tadi..baru deh cari di google…sesudah dapat..telfon dulu..baru bisa booking. Jangan lupa harus transfer dulu ….oke, daripada gak ada ya.

Dimulai dari kualanamu. Mobil sesuai yang dijanjikan sudah ready. Rute hari pertama ini ke pematang siantar. Dari bandara, makan pagi dulu..baru langsung masuk tol ke arah Lubuk Pakam- Tebing tinggi..ikut aja sampai habis jalan tolnya..kira kira kurang dari sejam begitu…tol nya sepi banget..nyetirnya jadi santai. Kartu tol juga laku..jadi bawa aja e-toll..tapi kalo gak bawa uang, bisa juga bayar ke penunggu gardu tol.

Selesai lewat tol….masuk lagi jalur arteri yang relatif ramai. Jalur lintas Sumatera kayaknya..ke kabupaten Serdang bedagai..Tebing tinggi..lewat perkebunan sawit..karet. Waktu sampai area perkebunan..jalan bagus, lurus, kiri kanan kebun. PTP 4 Pabatu kalo gak salah.

Ada pom bensin besar sedikit sesudah keluar tol….jadi isi bensin aja dulu. Selesai isi bensin mobil gak bisa distater. Call yang punya mobil..dia bilang waktu kunci stater diputar..koplingnya diinjak habis..eh bener tuh. Langsung tokcer. gak pengalaman ya dengan mobil baru ini…untung juga jaringan selular gak masalah di rute ini. Jadi bisa sekalian pake spotify juga..denger lagu lagu.

Siang sesudah jam makan siang baru  sampai Pematang Siantar. Segera cari makan siang. Kota ini kayaknya banyak banget mie pangsit ya. Jadilah ngantri di mie pangsit Awie di jl. Sutomo..nanti baru kita tau betapa kita berkali kali lewat jalan sutomo ini..he.he.he. Sudah parkirnya susah banget.. Hampir sejam nunggu pesanan mie pangsit di tempat yang legendaris ini.  Tentu aja jadi gak ngerti deh enaknya dimana.  kelamaan ngantri bikin malas ngerasain..Mungkin kalo buat yang muslim agak repot nih pangsitnya. Selesai ngebakmi..geser dikit. Ada toko kue Ganda..ini juga merk legendaris..yang nantinya kita bisa lihat sampai pelosok pelosok sumut. Roti Ganda namanya.

Geser sebelah roti Ganda ada kedai kopi..Sedap. Isinya kopi susu,kopi hitam..roti bakar isi srikaya. Kopi susunya rata rata amat manis. jadi mending minta pisah aja susunya..mereka pakai susu kental manis…ato bilang setengah aja..ini juga masih kemanisan. ato pesan kopi hitam..nanti tuang susu sendiri..lebih pas ya.

Sore sore baru deh masuk ke Horison hotel. ini dapat nya dari booking.com.  Nantinya kita bakal sangat bersyukur..ini ternyata hotel yang relatif bagus..pelayanan dan kondisi hotelnya oke banget….

Apa yang dilihat di Siantar? katanya ada Zoo..tapi gak deh. gak tertarik.. Di Vihara ada patung dewi Kuan Im raksasa..nah mending pagi pagi lihat patung raksasa ini sajalah. Baru lanjut ke Parapat.

kualanamu siantar parapat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s