Pasang Water Heater Gas Alam

Karena sudah seminggu divonis wafat kata teknisi resmi water heater Paloma..ya sudahla.. gak ada jalan lain, harus diganti. Padahal diagnosanya rada ngebingungin. Dia bilang ini masih baik heaternya, tapi karena salah seri..ini seri buat gas LPG sementara gw pake gas alam ato LNG. Jadi rusak. Kalo dipakaiin lagi LPG ditanggung hidup, katanya. Lah..kalo memang salah seri, kan ini sudah 5 tahun dipakainya..masa baru sekarang ya rusaknya. ciri cirinya..api memantik..tapi gas tidak mengalir..jadi tidak muncul apinya. Sebelumnya sudah gw bongkar kecil kecilan..selang air masuk air keluar dicek..lancar. Selang gas dilepas pasang lagi..baterai diganti..masih juga gak keluar apinya. bongkar bodi nya..tapi gak tau juga apa yg mau dicari..jadi dilepas aja baut yg bisa dilepas..dah gitu pasang lagi. masih juga gak bisa…

Tiba tiba kemarin nyala air panasnya..cihuy banget. Eh tapi sesudahnya kebakar !!! kayaknya gas nya tidak terkontrol. yah..makin pasti deh harus diganti..bukan ganti teknisi lagi kalo ini sih..kelihatan kehitaman body nya dan tombol utamnya sudah meleleh…untung aja gak telat…matiin valve gas nya…siram pakai air selang…mati sendiri.

wasser-0

Kali ini lebih teliti..cari water heater yang gas dan gas nya harus gas alam..karena low pressure. Browsing dari lazada dapet wasser seri gas alam. ini lebih mahal dari seri yagn sama untuk lpg..dengan ongkir ini 1.670 ribu…kalo yang seri lpg 250 ribu lebih murah kalo gak salah. Seri paloma ada juga..masih impor dari jepang..sekitar 3 juta. tapi gak jelas yg jualnya nih..apa ini gas alam bukan. jadi yg pasti aja lah…

Pagi pagi sms beberapa teknisi pasang heater..tapi sampai sore gak ada yang respon..ya sudahlah, pasang sendiri aja. Dibawah sudah ada tulisan gas, water inlet, water outlet..jadi gampang deh. gw pasang aja dulu slangnya. Untuk air panas, pakai selang besi..untuk air masuk ato inlet sih boleh pakai selang yang biasa-bukan slang plastik.

wasser-1 wasser-2

Water heater lama dicopot dulu..selang selangnya juga dilepas…ini sisa jalur air dan gasnya.

wasser-3

dari situ tinggal pasang water heaternya..isi baterai..sambung selang sesuai jalurnya..dan setel untuk pembukaannya seperti ini..gas volume tidak usah maximum..hot ato warm..pilih warm..lalu skala panas air pilih skala 3 aja dulu..nanti kalo dibuka kran air panas di kamar mandi..memantik deh apinya..dan kelihatan apinya nyala..plus bunyi..kayak kompor mi ayam…

wasser-5-stel

kalo dah bunyi..air panas mengalir..stabil..baru deh knob panas airnya dipindah ke maximum..juga gas volume gw pindah ke maximum. tapi knob hot ato warm..gw pilih tetap warm aja lah..kayaknya bunyi api nya lebih kecil.

wasser-4

Gak sampai 2 jam untuk pasangnya..dan sukses. Semoga gak ada problem deh..soalnya kan gak ngerti juga gimana perbaikannya. Ini catatan dikit ..Wasser itu suara api nya lebih besar..lebih berisik dibanding waktu yang Paloma…sekali lagi, ada harga ada rupa kali ya…Tapi lumayan deh, paling ngga lebih hati hati kali ini..beli nya sesuai dengan spesifikasinya..gas alam(LNG).

Nambah informasi nih…gak lama setelah dipasang..kalo pagi bisa nyala airpanasnya..siang sedikit tamat..malam apalagi. dugaan sih tekanan gas alam nih..soalnya kan heater masih baru..kenapa juga bisa mogok gini. sudah diset semua ke low…dengan harapan kalo low konsumsi gas kecil dan tekanan kecil juga bisa lah..ternyata gak ngaruh juga tuh. kalo lagi mau nyala gas nya..ya nyala aja dengan tekanan cukup….

panggil teknisi resmi dari wasser..nyerah dia. dia bilang tekanan gas nih..terlalu rendah. lalu diapain dong? jadi kalo pagi nyala..air panasnya oke banget..kita set yg palign rendah aja airpanasnya..masih panas banget.

telfon tetangga..apa punya problem yagn sama? logikanya kan kalo ini tekanan gas semua pasti ngalamin hal yang sama. Tetangga gw bilang iya.dulu gitu. tapi dia panggil montir gas..yg top kayaknya dan heaternya dibongkar habis…waduh ! jadi kayanya perlu nyari montir super ahli nih.

service centre ditelfon..jatah dategnya minggu depan..lalu kita minta yg paling senior. dia dateng.bongkar semua..diganti membran ato apa gitu..pasang lagi. bayar 150 ribu..dan sukses. sekarang nyala terus..suara gak terlalu keras…dan stel airpanasnya berubah..kalo dulu harus minimum supaya bisa kita mandi. sekarang justru harus maximum..kalo mo keluar air panasnya. jadi bener tuh..kayaknya mesin nya diutak atik supaya tidak terlalu sensitif terhadap tekanan gas alam…

sekarang sudah lancar jaya lagi…

Advertisements

2 thoughts on “Pasang Water Heater Gas Alam

  1. Melisa

    Wah boleh minta nomer teknisinya, daerah mana y?

    Saya juga ini pake modena yang buat lpg, salah beli, nyala tapi apinya mati idup mati idup 😥

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s