Bikin SIM Internasional

Untuk yang mau nyoba nyetir di luar indonesia, tentu kalau punya SIM internasional lebih tenang. Yang jelas sih kalau mau  sewa mobil pasti selain credit card diminta SIM ini. Di Belanda pasti ditanya dan SIM internasional saja sudah cukup. Di Italia kalau sewa mobil malah harus juga melampirkan SIM lokal. Kalau mau sewa dan nyetir gantian, maka perlu kita minta opsi additional driver.  Driver cadangan ini juga perlu menunjukkan SIM internasional dan lokal.

Browsing di google ternyata kok mudah ya… jadi rada ragu nih. Syaratnya mudah banget…Bawa aja copy plus asli: KTP..lalu SIM sendiri yang masih laku, Paspor kita sendiri,Meterai Rp 6,000, foto 4×6 sebanyak 3 lembar, kalau laki laki pakai dasi dan background foto biru. Plus ada biaya resmi 250 ribu. Urusnya di Kantor Ditlantas di Jl. MT Haryono..jadi kalo datangnya dari arah cawang ke Pancoran..kantornya di sebelah kiri jalan..sesudah tikungan putaran kolong stasiun KA Tebet kira kira 50 meter lagi.

Masuk aja, nanti sekuritinya nanya..bilang aja mo urus SIM Internasional. Lalu lurus aja..nanti ketemu masjid. Parkirnya rada susah..karena gabung dengan kantor TMC polda itu. Akhirnya dapet parkir juga sih…paralel di belakang banget…depan rusunawa nya polri.

Tetapi kantornya bukan di gedung TMC yg gede…kantor untuk SIM ini di sebelah masjid. agak kecil tapi pintunya kelilhatan tulisannya…jadi tinggal ambil nomor saja. Gw dateng jam 8.30 dan tidak ada orang yg antri..dapet nomor 4. Jadi langsung dilayani. Isi formulir, serahkan semua copy dokumen diatas plus foto dan meterai juga uang 250 ribu nya. Lalu nunggu di ruang kecil itu juga. Tapi nyaman lah ruangannya.

Ajaib, gw baru aja baru baca koran…sengaja bawa dari rumah kali aja lama..eh taunya dah dipanggil. sudah jadi !! gw hitung lamaan nyari parkir dari pelayanannya..gak sampai 15 menit.
Pas isi formulir ada orang juga baru dateng dan isi formulir disebelah gw. Ternyata kalo mau bikin SIM mobil dan sim motor..fotonya juga harus dua set..plus 250 ribunya dikali dua juga.

Rasanya lebih enak kalo kita siapin semua di rumah..tinggal daftar dan jreng…langsung jadi. luar biasa nih Polri..sambil mikir juga ya..ini gimana sih kok dianggap sim lokal yg didapat sudah memenuhi syarat teknis ya…tapi ya sudahlah..asumsinya pemegang SIM lokal saat ini dianggap sudah memenuhi syarat teknis mengemudi juga, jadi SIM internasional ini yakin aja dikasih gak pake ujian ato test segala.

Yang ada dikasih berkas..map yang isinya panduan mengemudi inggris indonesia..tebal. tapi gak sempat gw baca deh. Malah lumayan juga kali ya buat yang mau ujian SIM  lokal… kayaknya banyak teori-teori seperti arti marka jalan, tanda lalu lintas dan lainnya.

Ini dia SIM nya..panjang..jadi dilipat 3 dan gak bisa dikantongin…

sim-internasional-1 sim-internasional-2

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s