Peningkatan HGB jadi SHM di Tangsel

Hampir hampir gak percaya..lihat di web bppn.go.id ..katanya ada pelayanan sabtu dan minggu. Kalo sabtu pernah lihat spanduknya di jakarta selatan. Tapi minggu? bener gak ya. Ada perlu meningkatkan status sertifikat hgb di bpn tangerang selatan. jadi hari minggu 15 mei..dateng deh kesana sekitar jam 9 an. lokasinya di ruko belakang ITC ato BSD junction. Ruko nya luas dan  tempat parkir memadai. jadi kalo mo jalan sedikit aja sih..silakan parkir di mana aja..toh kompleks ruko nya luas.

Jangan lupa..kalo ke bpn, bawa meterai 6000 yang banyak. soalnya perlu dan kadang gak ngerti juga mo nyari kemana. Pulpen? jelas..musti bawa sendiri. Dokumen dokumen mending bawa aja deh..dari pada kurang nanti mending lebih. toh gak berat juga kan dokumennya.

Tanggal 15 ternyata libur..he..he..he…ada pertemuan di jakarta pak, kata satpamnya. enaknya dia minta maaf berkali kali..ok, sial aja gw nih. Minggu depannya, 22 Mei..gw dateng jam 9 lagi..ternyata jam 9-11 siang itu cuma untuk terima berkas aja. Nanti jam 1-2 siang, dokumen kayak sertifikat yg sudah jadi baru dipanggil karena dah selesai. yang penting buka ..padahal hari waisak tuh.

Untuk peningkatan gak perlu banyak kok..ktp/kk..standar deh, lalu sertifikatnya sendiri, pbb tahun terakhir plus bukti bayar..gw sih pake struk atm aja..dan sppt nya belum dapet dari pak rt..tapi diterima tuh Terakhir IMB..

Masuk..ditanyai satpam..mo meningkatkan status sertifikat…ada layar sentuh, nanti keluar nomor antrian. tapi gak berlaku nih..gw dikasih map plus bbrp formulir yang harus diisi. gw bilang berapa harganya..gratis pak. waduh, dulu sih harus beli di koperasi 10 ribu..kemajuan nih bpn. Isi formulir plus nempel meterai..tumpuk deh di meja counternya. Nanti ada petugas yg periksa…kelengkapan dokumen. ini yg paling krusial..kalo dia bilang kurang..ya balik lagi deh. gw kuatir soal pbb..soalnya gak punya sppt..dan cuma punya bukti bayar atm bca aja..ternyata lolos tuh…ditanya tanya..tapi gw jawab dengan sopan..apalagi dia tau gw jauh jauh dateng buat urus ini saja….

Lolos dari pemeriksaan dokumen, nunggu bukti bayar deh. dipanggil dikasih bukti bayar..sambil bawa semua berkas kita ke kasir. nanti sama kasih disuruh bayar pake atm bri sama bni..kalo mandiri blom bisa..bentar lagi kali ya. Gw bayar cash aja..biayanya 50 ribu. Dari jam 9 an..selesai deh jam 11.20. Lama tukang bikin bukti bayar nih..soalnya abis diperiksa kelengkapannya..kita dikasih tanda terima dokumen. Dari tanda terima dokumen ini kita disuruh bayar tarif resmi 50 ribu. Jam 11.30 gw tinggal aja..cari makan siang dulu..jam 1 balik lagi. Ternyata sudah selesai..ajaib banget deh. Ini pelayanan hari minggu, langsung jadi pula. Jangan lupa ..gak ada biaya lain selain 50 ribu nya. fantastis deh…salut ah buat bpn tangsel

Jadi kalo punya bukti kepemilikan tanah masih SHGB..mo ditingkatkan jadi SHM..gak susah dan murah..gw inget tanya notaris dibilang murah kok..cuma 7 juta..gelo dah. ayo ngurus sendiri..jadi gak usah pakai kuasa segala..dan sehari jadi dan ini dihari minggu loh

 

 

Advertisements

6 thoughts on “Peningkatan HGB jadi SHM di Tangsel

  1. Ata

    Pak mau tanya dong. Utk HGB nya keterangannya apa ya? Kmrn sy jg mau urus peningkatan. Krn ga ada IMB, sy sdh urus KRK juga. Semua sdh komplit. Tapi pas dicek, ket HGB nya jasa komersial dan harus ukur ulang lg.
    Pdhl kmrn ngurus KRK jg sdh ukur. Ada biaya 111rb an byr via bank DKI. Dan senin disuruh balik lsg ketemu ibu a & b bag pengukuran. Ini yg bikin tanda tanya, harusnya kita tinggal tunggu sj buat apa dtg lg. Mana jauh.
    Dan di bpn jakut ga ada tuh yg namanya, dtg dikasi form dulu. Ketemu di loket, cek berkas, br dikasi form. Pdhl sy pakai surat kuasa, jd hrs bolak2.

  2. atariot

    Pak Mau tanya kalo surat keterangan dari kelurahan yang menyatakan bahwa rumah tersebut digunakan untuk rumah tinggal itu apa ya pak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s