Peningkatan HGB jadi SHM – di Tangsel & Jaksel

Hampir hampir gak percaya..lihat di web bppn.go.id ..katanya ada pelayanan sabtu dan minggu. Kalo sabtu pernah lihat spanduknya di jakarta selatan. Tapi minggu? bener gak ya. Ada perlu meningkatkan status sertifikat hgb di bpn tangerang selatan. jadi hari minggu 15 mei..dateng deh kesana sekitar jam 9 an. lokasinya di ruko belakang ITC ato BSD junction. Ruko nya luas dan  tempat parkir memadai. jadi kalo mo jalan sedikit aja sih..silakan parkir di mana aja..toh kompleks ruko nya luas.

Jangan lupa..kalo ke bpn, bawa meterai 6000 yang banyak. soalnya perlu dan kadang gak ngerti juga mo nyari kemana. Pulpen? jelas..musti bawa sendiri. Dokumen dokumen mending bawa aja deh..dari pada kurang nanti mending lebih. toh gak berat juga kan dokumennya.

Tanggal 15 ternyata libur..he..he..he…ada pertemuan di jakarta pak, kata satpamnya. enaknya dia minta maaf berkali kali..ok, sial aja gw nih. Minggu depannya, 22 Mei..gw dateng jam 9 lagi..ternyata jam 9-11 siang itu cuma untuk terima berkas aja. Nanti jam 1-2 siang, dokumen kayak sertifikat yg sudah jadi baru dipanggil karena dah selesai. yang penting buka ..padahal hari waisak tuh.

Untuk peningkatan gak perlu banyak kok..ktp/kk..standar deh, lalu sertifikatnya sendiri, pbb tahun terakhir plus bukti bayar..gw sih pake struk atm aja..dan sppt nya belum dapet dari pak rt..tapi diterima tuh Terakhir IMB..

Masuk..ditanyai satpam..mo meningkatkan status sertifikat…ada layar sentuh, nanti keluar nomor antrian. tapi gak berlaku nih..gw dikasih map plus bbrp formulir yang harus diisi. gw bilang berapa harganya..gratis pak. waduh, dulu sih harus beli di koperasi 10 ribu..kemajuan nih bpn. Isi formulir plus nempel meterai..tumpuk deh di meja counternya. Nanti ada petugas yg periksa…kelengkapan dokumen. ini yg paling krusial..kalo dia bilang kurang..ya balik lagi deh. gw kuatir soal pbb..soalnya gak punya sppt..dan cuma punya bukti bayar atm bca aja..ternyata lolos tuh…ditanya tanya..tapi gw jawab dengan sopan..apalagi dia tau gw jauh jauh dateng buat urus ini saja….

Lolos dari pemeriksaan dokumen, nunggu bukti bayar deh. dipanggil dikasih bukti bayar..sambil bawa semua berkas kita ke kasir. nanti sama kasih disuruh bayar pake atm bri sama bni..kalo mandiri blom bisa..bentar lagi kali ya. Gw bayar cash aja..biayanya 50 ribu. Dari jam 9 an..selesai deh jam 11.20. Lama tukang bikin bukti bayar nih..soalnya abis diperiksa kelengkapannya..kita dikasih tanda terima dokumen. Dari tanda terima dokumen ini kita disuruh bayar tarif resmi 50 ribu. Jam 11.30 gw tinggal aja..cari makan siang dulu..jam 1 balik lagi. Ternyata sudah selesai..ajaib banget deh. Ini pelayanan hari minggu, langsung jadi pula. Jangan lupa ..gak ada biaya lain selain 50 ribu nya. fantastis deh…salut ah buat bpn tangsel

Jadi kalo punya bukti kepemilikan tanah masih SHGB..mo ditingkatkan jadi SHM..gak susah dan murah..gw inget tanya notaris dibilang murah kok..cuma 7 juta..gelo dah. ayo ngurus sendiri..jadi gak usah pakai kuasa segala..dan sehari jadi dan ini dihari minggu loh

Ini pengalaman gw di BPN Jaksel tahun 2017 akhir…peningkatan SHGB untuk tanah 90 meter persegi dengan IMB yang sudah lengkap. Gw dateng hari sabtu pagi..jam 9 pagi baru buka dan sepi banget. mejanya cuma satu yang buka dan  hampir gak ada orang  yang antri..waduh jangan jangan salah hari nih. Gw sodorin dokumen ke satu-satunya meja yang ada orangnya..jadi gak pake nomor urut antrean juga nih…eh diterima. Iya pak..pelayanan sabtu minggu sekarang tidak setiap minggu lagi..soalnya gak banyak juga yang sekarang urus dokumen sabtu minggu. Jadi sabtunya itu 2 minggu sekali. dia bilang sih minggu kedua ato apalah gitu..pokoknya hari ini buka gitu aja lah. Intinya sih kalo disebut di google sabtu minggu buka..jaksel itu ngga buka. sayangnya update ini gak diumumin di media ya.

Syarat masih sama..imb, ktp/kk,pbb dan fotocopy sertifikat hgb nya. Tunggu 30 menit..dipanggil  dan dikasih struk ada isian nomor pendaftaran…berdasar nomor itu kita disuruh bayar… biayanya 50 ribu. Nah ini sayang satu lagi..bisanya BRI aja..mandiri belum bisa..dibayar tunai tidak bisa. lah kan susah ya..untung di depan ada ATM BNI..jadilah gw bayar pakai ATM Mandiri..ternyata gak mau..waduh..untung ada satu orang lagi yang mo bayar ..gw bayar cash 50 ribu..minta tolong dia bayarin via ATM nya..duh enaknya kalo bisa bayar pakai GOPAY nih…Ato ini kan situasi 2017 akhir..mungkin sekarang sudah bisa tuh…

Selesai bayar di ATM..ada struknya..balik lagi ke ibu yg di meja tadi..tunggu 30 menit lagi…selesai deh..distempel di sertifikat kita kalo itu jadi SHM sekarang. Cepat banget prosesnya..murah banget…kalo aja hari pelayanan sabtunya bisa diumumkan bagus banget tuh..lalu bayarnya bisa pake atm apa aja..waduh tambah bagus.

Memang gak bisa ya sebelum kesana telfon dulu..he.he.he..coba deh telfon bpn..bisa mules. dari dulu nih nomor telfon dikasih tapi gak bisa ditelfon..mending tugaskan satu orang jagain WA aja kali ya..tinggal di WA..buka gak sabtu ini..kalo buka jawab ya. ..gitu kan praktis ya…

 

Advertisements

6 Comments

  1. Pak mau tanya dong. Utk HGB nya keterangannya apa ya? Kmrn sy jg mau urus peningkatan. Krn ga ada IMB, sy sdh urus KRK juga. Semua sdh komplit. Tapi pas dicek, ket HGB nya jasa komersial dan harus ukur ulang lg.
    Pdhl kmrn ngurus KRK jg sdh ukur. Ada biaya 111rb an byr via bank DKI. Dan senin disuruh balik lsg ketemu ibu a & b bag pengukuran. Ini yg bikin tanda tanya, harusnya kita tinggal tunggu sj buat apa dtg lg. Mana jauh.
    Dan di bpn jakut ga ada tuh yg namanya, dtg dikasi form dulu. Ketemu di loket, cek berkas, br dikasi form. Pdhl sy pakai surat kuasa, jd hrs bolak2.

  2. Pak Mau tanya kalo surat keterangan dari kelurahan yang menyatakan bahwa rumah tersebut digunakan untuk rumah tinggal itu apa ya pak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s