Kalau dibilang rada mundur mungkin iya juga ya…karena tadinya IMB bisa dimohon online, tinggal upload aja semua dokumen yang diperlukan..Sekarang malah balik lagi harus datang ke kecamatan..tapi lewat kantor Pelayanan Satu Pintu…ya dicoba deh..

Tahapnya sama..dapatkan dulu KRK (Ketetapan Rencana Kota), itu dikeluarkan dari tata ruang pemda. Akan ada pengukuran dulu di lokasi, lalu gambar area tanah kita berdasarkan surat kepemilikan yang kita punya…dan nanti dikasih deh KRK dengan lampiran peta dimana lokasi tanah kita ada tercantum. Yang paling penting dari KRK ini adalah apa ada rencana buat Jalan..kalo ada pasti tidak boleh kita bangun di daerah itu…lalu berapa meter GSB Garis Sempadan Bangunan..jarak dari batas tanah kita ke bangunan..jadi kira kira jarak minimum dari pinggir jalan (Batas tanah kita) ke bangunan atau tembok terluar . Ada lagi KDB (koefisien Dasar bangunan) di daerah gw ini 60%. ARtinya kalau punya tanah 100 meter, cuma boleh dibangun 60 meter persegi..kalau dua lantai..ya 60 x 2 gitu kira kira..Ketinggian bangunan maksimum yg diperbolehkan juga disebut disini..kalau daerah pemukiman..2 lantai saja.  Terakhir, disebut deh apakah diizinkan bersyarat..atau tidak. Selanjutnya KRK ini seharusnya kita kasih ke arsitek yg disain rumah..supaya dia bisa mendisain atas dasar batasan batasan tadi…

Syarat minta KRK mudah saja, copy ktp,npwp,sertifikat,pbb dan bukti bayar…itu aja. nanti diukur…lalu disuruh kita bayar retribusi 12 ribu rupiah di bank DKI. Ajaibnya, KRK selesai..mereka kirim SMS ..asik juga nih pelayanannya…

PElayanan Satu pintu tujuannya baik sekali..jadi kita gak usah interaksi dengan bagian tata ruang kalo mo bikin KRK…cukup dgn staff pelayanan satu pintu…dah gitu antrian ok banget..pakai nomor yg diambil otomatis..jadi tinggal tunggu panggilan aja. Lebih pagi lebih baik..kalo dateng dibawah jam 9 masih kosong..entah kenapa semua gemar dateng n urus jam 10-12 an..antrinya panjang sudah…

Jeleknya satu pintu..kalo ada masalah teknis..staff penerima dokumen ke belakang..tanya dulu kali sama bagian teknisnya…nanti keluar lagi dengan keputusan..kalo kita tanya lagi…balik lagi..he.he.he..kesian staffnya. nanti palign top kalo sudah bolak balik..keluar deh kepala kantor pelayanan terpadu satu pintu..dia yg akan kasih keputusan untuk pertanyaan teknis kita.

KRK sudah dapat..baru deh mohon IMB..seperti biasa, KRK nya harus yg Asli, gambar hardcopy 5 exemplar..sama ktp,npwp,pbb dan isi beberapa formulir. Jangan lupa bawa meterai..beberapa form perlu meterai…

Akan ada pemeriksaan gambar..sesuai gak dengan KRK..koefisien dll. tapi dilakukan sama staff satu pintu ini…kilat saja.jadi tidak terlalu teknis..nanti mungkin baru dibawa ke bagian IMB nya..baru dicek semua gambarnya..apa sudah ada sumur resapan, koefisien sesuai gak..jarak sempadan..dsb. Kalo yg ini gw sih optimis. Mas Sadim yg gambar…arsitek yg nongkrong di kecamatan..n pengalaman sih dah bbrp gambar dia bikin..lancar jaya. kayaknya dia sangat paham apa  yg mo diperiksa apa yg mo diukur..Gw sih cuma kasih layout ruangan standar aja..nanti dia yg mengembangkan ke dalam gambar standar IMB nya.

Kalau sudah ok, dipanggil lagi kita..kayak bayar Retribusi KRK aja…suruh bayar retribusi IMB. Biasanya kemarin sih 100 ribu saja..kali ini entahlah. sudah seminggu nih belum dipanggil untuk bayar..jadi menunggu saja.

Advertisements