Ngecat motor tua- pritilan yang perlu diperhatikan (5)

Kalo berhitung soal waktu yang dihabiskan buat ngecat saja..artinya mulai dari spray gun disemprotkan sampai selesai..ngecat motor itu gak lebih dari 2 jam. sudah termasuk bersih bersih… Pagi ini gw mulai ngecat si merah..mulai jam 10 pagi, jam 12 siang dah selesai..termasuk beres beres..bersih bersih dan simpan simpan.  Yang lama itu pekerjaan persiapannya..bersihin cat lama-bikin ngelotok sampai bersih..lalu amplas dulu biar halus, dempul yg penyok-penyok..ngelas yg kropos..dempul lagi supaya lebih baik kelihatannya..amplas lagi bekas dempulnya..eh pasti didempul lagi..pake gerinda besi yg gak rata besinya..baru deh amplas lagi..kalo dah ok, baru diepoxy..pasti ada yg bocel,gak rata, kelupaan..maka dempul lagi dan temannya dempul nih..amplas .20150726_110506

Jadi kalo boleh dibilang sih, ngecat sendiri paling banyak 20% aja dari proses. Kenapa gw musti bilang ini ?  Supaya kalo kita punya niatan ngecat….jangan buru buru mau semprot spray gun atao sepet aja…. Pastikan bahan yg mo dicat sudah bersih, rapih. Karena gw ngerasain dulu.. sambil ngecat ngebersihin dan ngeratain yg kelupaan….dijamin ancur lebur.

Hari ini entah kenapa tertarik sama barang barang kecil yg dipakai untuk proses ngecat sendiri. Barang kecil kecil kalo gak ada ngerepotin banget..ini dia barang barangnya.

1. kain majun ato kain gombal. Ini bisa dibeli di toko cat nya..ato di depo bangunan, mitra 10 dan sejenisnya. Gunanya sangat banyak..yg jelas setiap ngecat kain ini sangat penting. Misalnya nih..waktu nyalain kompresor..kalo tangan kena oli..segera lap. Soalnya kotor kena oli ini bisa berbahaya waktu campur cat nanti..ato waktu menyentuh obyek yang mo dicat…Guna lain lagi untuk  bersihin spray gun sebelum, selama proses dan sesudah proses ngecat. Kain majun ini dibasahin thinner buat bersihkan spray gun..lalu selama proses ngecat, ujung spray gun..pasti meler cat nya ..kecil sih..sisa sisa cat..diusap dengan kain majun yg sudah dibasahin thinner. supaya ujung lubang cat tetap lancar jalannya. Sesudah ngecat, mo simpan spray gun, perlu dibersihin dengan thinner plus kain majun lagi..jadi sangat penting..dan kalo bisa beberapa potong kita pakai sekaligus..supaya lebih bersih.

Nanti waktu campur cat..jangan lupa..pengaduk cat perlu dilap segera..supaya bisa dipakai lagi..jadi kain ini untuk ngelap stick pengaduk. Ini versi orang jorok..kalo cat netes ke lantai..segera lap dengan majun ! kalo dah kering makin susah hilangnya. Gunanya yang terakhir ya bersih bersih tangan…dari sisa cat. Thiner dituang ke kain majun..Lalu tangan dilap..tapi bagian kuku sih gak manjur pake majun. Kalo thinner nya basah banget, gosoknya pelan aja..soalnya nanti tangannya berasa panas…kalo sedikit thinnernya..gosok harus keras keras..panas juga tangannya.

Majun ini dibeli kiloan..beli yg potongannya sedang..jangan kekecilan (gak efektif kalo potongannya kecil banget). jangan kebesaran (gw pernah beli yg sebesar taplak meja..gak dipotong !) bahannya yg kaos lebih enak . beli buat persediaan juga gak apa kok. nanti bisa dipakai buat poles body, buat compound..bersihin kaca..bersihin interior..banyak deh. Jadi kalo lagi jalan ke toko toko bahan cat, bangunan..gak ada yg mo dibeli secara khusus..boleh deh beli majun buat persediaan.

2. Kuas kecil-  ini kita pakai untuk bersih bersih tabung cat nya spray gun. Jadi kalo mo istirahat dulu ato sudah selesai ngecat….semprot habis cat nya..lalu isi tabung spray gunnya dengan thinner..lalu aduk dengan kuas deh supaya cat yg di tabung bersih..termasuk tutupnya. Buang dulu sisa thinnernya…Lalu isi lagi dengan thinner ..lalu disemprot habis..stel angin besar, cata besar…supaya bersih jalur cat nya. Kuatirnya kalo didiamkan…cat nya kering di jalur cat….jadi kecil semprotannya.Kuas kecil ini juga berguna buat bersihin sisa cat yang nempel di kuku tangan.. kalo dah selesai semua..pake thinner juga tentunya.

3. Meja kerja. ini membantu banget untuk meja campur cat. Dulu gw sih asal aja..kadang aduk cat di lantai aja..pernah ketendang..tumpah. Seringnya cat nya kececeran..lalu diinjak..meluas deh kesana kemari…Dah setahun lebih pakai meja kerja.. jauuuh lebih santai, lebih bersih. Kalo di lantai harus nunduk..pegal juga lebih capek. Meja juga bikin kerja lebih aman karena posisi kerja kita enak. Memotong pakai gergaji..gerinda..apalagi kalo meja kerjanya kita pasang penjepit besi itu..jadi obyek yang mo di gerinda,dipotong,dibor lebih firm, kokoh gitu. Gw beli ini di Ace hardware ..gak sengaja juga. Rekomen banget ..antara lain buat acara campur cat

4. Koran bekas n selotip kertas. Ini kerjaan yang paling menyebalkan tapi penting banget. Pernah gw ngecat di garasi..lantainya keramik. Ngecat sepeda yg besi nya bulat bulat..pakai pylox aja sih..karena bulat, jadi muter muter ngecatnya..makin lama..kok makin lengket ya lantainya..rupanya bekas cat yg gak nempel..turun ke lantai. Keinjak injak..melebar kesana kemari..Ngecat selesai cepat, bersihin lantainya malah setengah mati dan lebih lama. Gw biarin kering dulu lantainya..kira kira 1 jam..lalu disiram air, kasih bubuk sabun..gosok pake amplas halus..kayak ngepel aja tapi pake amplas..bersih deh akhirnya.  Sejak itu kalo mo ngecat..paling ngga area 1-2 meter dibawah objek yg mo dicat harus ditutup koran, diselotip ujung ujungnya supaya gak bergerak gerak. Ngecat obyek yang bulat..lebih luas lagi area yang harus ditutup.. Ngecat si merah dan si biru juga sudah ditutup koran areanya….tapi jorok sih gw nutupnya. malas tepatnya. Jadilah sekarang lantai garasi belang belang..bekas cat. Jorok banget keliatannya..dan gak bisa dihilangin ..karena lantainya hanya plesteran dan granit motif batu alam. Jadi catnya keburu masuk terserap. Rencananya nanti sajalah..kalo sudah beres semua… gw mo cat aja lantai garasinya..pake cat lapangan tennis Tenkote.

5. Gantungan kawat. Untuk obyek yg kecil kecil..lebih bagus digantung ngecatnya. Enaknya kalau ada gantungan seperti kawat…atau batang bambu..nah obyeknya tinggal digantung pakai kawat ygn dipotong potong kecil pakai tang. Kawat untuk gantungan gini beli nya di material ato toko bangunan. Cukup tebal..belinya gulungan..beberapa meter gitu satu gulungnya. Biasanya tukang ganti per mobil pasti pake kawat ini untuk menjepit per ulir mobil waktu mo lepas shock breaker depan….Motongnya gampang banget…pake tang ! jadi bisa buat gantungan..juga buat menggantung obyek obyek kecil.

6. Pengaduk cat dari kayu. Ini juga barang sepele tapi jarang yg jual. Kalo semua sudah siap..tapi dia pengaduk belum ada, biasanya kita ambil aja apa yang ada….ato terpaksa cari dulu. Padahal perlu pengaduk yang bersih, bisa dipakai lagi..Di beberapa toko bahan bangunan ada yg jual pengaduk kayu..bentuknya mirip dengan penggaris kayu jaman dulu. panjang 30cm..lebar 2-3 cm..agak tebal.  Enaknya habis pakai atao mau ganti warna..tinggal dilap aja..pakai majun berthinner. Langsung bersih dan siap pakai. Jangan lupa ini termasuk barang yang harus dibersihkan juga kalau sudah selesai acara mengecatnya…

7. Thinner pembilas atau pembersih. Kalau mau bersihkan spray gun, test jalur cat…stelan spray gun..ato cat yg ganti ganti warna..gw liat para tukang cat biasanya pakai thinner curah. Thinner ini dijual di toko cat .per liter. Lebih murah tentunya dibanding thinner per liter dalam kaleng. Sekaleng thinnner sekarang 26 ribu, kalo thinner curah paling OK masih 10 ribuan. Thinner ini sebaiknya jangan dipakai untuk campur cat..karena kurang bening..Nanti cat nya malah kekuningkuningan.

Ada kisah sedih mas Gunadi..ex tukang rumah gw dulu..dia beranikan diri ambil borongan cat kusen rumah pake duco.. dengan spray gun tentunya. Ternyata sudah 3 hari masih belum kering keras…dan cat putihnya malah kekuningan.  Kontak yg punya komplain. Gw bilang ke mas Gun…thinner pake apa? eh dia bilang pake yg curah..murah. wah ternyata dia beli curah yang super murah…curah juga ada beberapa kelas…Wah jelas deh ini sebabnya…Jadi thinner curah ini hanya buat bersih bersih alat, bersihin tangan kita, stel spray gun..dan bersihin jalur cat. Kalau buat ngecat banyak..memang menggoda harganya….apalagi buat yg bisnis… menurut gw sih…

8. Tutup hidung. ini barang juga sepele tapi penting buat diri sendiri. coba deh liat di youtube video tentang ngecat..bandingkan dengan gimana tukang cat di bengkel bengkel kerja..jauh banget standar amannya. gw sih pikir ini kan buat kita sendiri ya..jadi kenapa juga gak pake pengaman…toh gak ngerepotin juga..jadi standar aman aja..kalo nge gerinda, ngebor..pake kaca mata..kalo ngecat, pake tutup hidung…beli yang rada bagus..sekali lagi, buat diri sendiri lho..dan ini benda yang awet kok. Pernah juga kejadian ngecat epoxy bagian dalam mobil..di udara terbuka..tapi tetap aja thinner dan cat itu keras banget rasanya..sampai sesak nafas waktu itu..untung cepat keluar dari situasi susah itu. Mulai saat itu gw percaya pentingnya penutup hidung…

Terakhir…ini bukan tentang alat…ini tentang area kerja. Pastikan area kerja kita lega, manuver gerak gampang, kalo bisa ada angin dikit dikit supaya bersirkulasi baik udaranya. Area kerja juga termasuk benda benda yang ada disekeliling kita…misalnya mobil ato motor parkir dekat area kerja.  Kadang mo buru buru..keliatannya area kerja cukup luas..ternyata mobil tetangga kena abu cat ! Gw pernah ngalamin nih..mobil sendiri sih..parkir di pagar karena garasi dipakai ngecat. eh pas selesai, mobil yg diluar pagar cat nya langsung keset..ada butiran butiran cat yg mati..dan terbang..gak nempel di obyek pengecatan. Obatnya sederhana aja..coba cuci pakai shampoo..kalo gak hilang juga boleh lah dipoles mobilnya dengan kit. Yang rada susah kaca..lebih lengket. Jadi area kerja bersih..kita bisa jalan gak kesandung kaleng, alat, kabel..4-5 meter area..apalagi angin bertiup kesana..tidak ada obyek yang berpotensi rusak kena abu cat.

Area kerja yg sempit..biasanya bikin kita gak sabaran.. karena mau manuver, pindah tempat agak susah…jadi hasil cat bisa gak maximal. Belom lagi kesenggol sana sini..menginjak kabel, kunci dan lain lain…

ini dia perjalanan ngecat merah hari ini..2 jam selesai sih…

20150726_110450  20150726_110516 20150726_110531 20150726_110539 20150726_110604 20150726_110620 20150726_110632 20150726_110653 20150726_11302520150726_113036

20150726_113047

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s