Kolam ikan bocor (lagi)- sembuh tuh…

Sudah dua minggu ini air kolam kurang banyak. tiap pagi harus ditambah kira kira 10 menit air keran. Kalo lupa..bunyi pompa kolamnya. karena level airnya dibawah ketinggian sedotnya. jadi lama kelamaan pasti rusak nih. Disamping itu air kolamnya juga sudah rendah banget..6 cm saja. jadi ikannya kesian juga..mana musim panas gini. Tadinya gw pikir penguapan..tapi sudah kelewatan nih. Dua minggu lalu kolam dibersihin..super semangat ngebersihinnya..jadi semua lumut disikat..ujung ujung kolam juga dikerok bersih. memang hasilnya oke banget..air kolam bening banget..tapi ikannya keliatan jadi bingung..saking bersihnya gak ada lagi makanan lumut dinding kolam. Jadi diduga karena dibersihkan super bersih inilah ..nat nati batu alamnya tergerus.

98

nah airnya keluar deh..merembes ..masuk tanah. ya pasti cepat habis deh airnya. Betulinnya harus segera nih. beli dulu deh cementaid..dulu pernah pake n sukses.

jadi gak salah kalo diulang. belinya di Mitra 10 kalimalang..sudah buka tokonya hari ini. tapi kali ini  kok di kemasannya gak ada tulisan aman buat ikan ya..dulu perasaan ada tuh. Kalo kayak gini artinya ini waterproof biasa..2 komponen. semen plus cairan putih buat campurannya. Kolam pertama  harus dikeringkan ..sekering keringnya. Lalu bersihkan sisa sisa lumut, kotoran dll dengan lap kering..tinggal campur komponen semen dengan air di kaleng plastiknya langsung…lalu dikuas aja..jangan terlalu tipis..jadi jangan terlalu keras disapu..ulang 2x kalo masih sisa..buat apa juga disimpan..wong gak bisa juga. jadi dihabiskan aja sekalengnya…kalo sisa ya diaplikasikan ulang. setiap nat ato celah di kolam menjadi tersangka kasus pembocoran ini..patut diduga..seperti ini nih kalo sudah dikeringkan kolamnya… 111118 7 6 54321 butuh waktu kira kira sejam deh buat aplikasikan waterproof ini..sekali lagi..jangan dikuas tipis..justru perlu tebal..2-3x lapis lebih baik.. 1111 112 111 11 9 tinggal ditunggu kering..1-2 hari..lalu diisi air lagi sehari..tinggal liat deh..berkurang ngga…kalo berkurang..artinya bocor gagal diatasi..liat aja ntar deh. semoga gak bocor.

ini berita bagusnya. kemarin sudah dicoba diisi air kira kira 10 cm..sehari saja. lalu dibuang..gw pikir buat buang bau waterproof nya…lalu dikeringkan..sehari lagi, diisi air lebih tinggi..30 cm..dan dipompa sirkulasi…seharian..dan dicek tinggi airnya…tidak berkurang ! artinya dah gak bocor lagi nih..ya sudah, nanti ikan kecil kecil nya dipindahkan segera.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s