Ngecat motor tua -sudah waras lagi (3)

Karena sudah nongkrong kelamaan..dan malah sudah karatan semua dua motor tua ini mo dikerjain. Mulai libur lebaran kemarin..sudah mulai diamplas bekas dempulnya. Lalu bekas potongan ekornya digerinda..supaya lebih halus aja. salah juga nih…dah dibersihin diamplas..lalu dibiarin nganggur. karat nya seluruh badan..terpaksa deh bersihin karat dulu kerjaan pertama..karena dah rada males..pake aja amplas grit 120. biar cepat aja deh..lalu pakai yg air aja..biar gak berdebu. ..

20150719_15014720150719_150133

20150719_150655

Habis amplas segala..atur posisi pengecatan..dan ini dia bahan yg dipakai..tapi mempertimbangkan kekuatan diri..hari ini cuma epoxy aja..nanti aja cat nya…nunggu angin rajin dateng lagi….

Bahannya ya hanya cat epoxy-gw pake merk glossy..100 ribu kalo gak salah sudah termasuk hardenernya…kaleng cat kosong- buat aduk cat..lalu spray gun..yg lama masih kepakai tuh..meiji KW …sama thinner cobra hitam buat bikin encer. Kompresor masih pakai yg lama juga..tapi dah gak enak..brisik banget, lalu beberapa parts dah patah, hilang.

Pertama, rangka yang akan diepoxy diatur dulu posisinya..yg memudahkan tentunya dan ada jarak dengan tanah dan gerakan kita jadi lebih leluasa aja.

20150719_15362120150719_15352220150531_16320520150719_154844

Kedua, campur catnya..epoxy plus thinner kira kira aja..thinnnernya 1:,75 dengan epoxynya..plus ada hardenernya yang proporsional juga…artinya kalo pakai cat 1/2 liter..ya hardenernya juga 1/2 kaleng aja…

Sudah deh…tinggal disemprotkan aja…inget inget aja jarak 20 cm dari permukaan….gampang aja sih kalo epoxy saja. dua lapis aja dah cukup..kelewat kental gak apa apa..toh memberi dasar bagi cat selanjutnya aja…

Ditengah jalan kompresor ngadat..mati mendadak. waduh..kacau..baru setengah jalan. yg kebayang sih..epoxy setengah liter plus hardener plus thinner bakal kebuang nih. karena ga bisa disimpan kan kalo sudah dicampur hardenernya….lalu yg lebih parah .spray gun juga bakal rusak alias mampet…. soalnya gak bisa dibersihin kan..angin gak ada. jadi bakal beku deh tuh epoxy plus hardener…duh kebayang bakal kebuang juga nih Meiji kesukaan gw.

Memang ini kompresor sudah banyak ngadatnya. pertama, filter udara patah..eh gak ada parts gantinya..ya sudah sekarang gak pake filter..akibatnya suaranya makin keras. lalu tutup olinya juga copot..jadi terbuka oli nya kelihatan. Yang paling mengganggu, suka keluar air bening waktu ngecat..entah karena pengembunan thinner ato memang harus dipasang filter air ya…ini kompresor sudah lama dibelinya..5-6 tahunan ..sudah lumayan bayak dipakainya. merknya multipro..jadi ya ada harga ada rupa ya…rencana mo diganti sama yang  lebih halus bunyinya..search di perkakasku.com dulu lah..sekalian liat spek nya.

Rupanya kepanasan alias over-heat. dikotak katik gak sembuh juga..akhirnya didiemin aja deh..pasrah aja. sambil beres beres..eh 30 menit lagi..dikontak..nyala lagi. bener rupanya kepanasan..wah artinya sistem pendinginan gak jalan ya. ngga tau deh..kan gak pake air..jadi mungkin pelumasan oli nya kali gak baik..jadi kepanasan..dan otomatis sistemnya berhenti kalo panas sudah kelewatan. ya sudah lanjut lagi ngecatnya…

Sesudah diepoxy..keliatan deh banyak yg blom rata ato boncel boncel..ya nanti dikasih isamu dulu deh..biar rada baik n diamplas lagi..sebelum dicat warna….(ini gw dibantu asisten baru euy..anak muda yg lagi iseng mo belajar ngecat..)

20150719_17380020150719_160313 20150719_15570620150719_160303

20150719_173744 20150719_173744 20150719_173751

20150720_114217

kira kira magrib selesai semua…tinggal beres beres aja..ini bagian yg paling gak enak. Nanti deh nunggu angin baik..baru lanjut ke mewarnai plus vernish..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s