memilih cat tembok

Cat tembok yang gw pakai selama ini terbatas hanya beberapa merk aja. Pertama pernah pakai Dulux Pentalite dan Dulux wheather shield-exterior. Lalu pakai Catylac – interior dan exterior dan terakhir pakai Property -interior saja. Beberapa tahun lalu pernah pakai Vinilex juga tapi sekarang rada jarang ditemui di outlet-outlet jakarta.

Hampir semua merk menawarkan dua jenis kemasan. Pertama yang dibrosur sudah ada warna dan kemasan galon (4 liter) atau pail (20 liter) disebut kemasan jadi. Jadi tinggal tunjuk nama warna, langsung bayar dan pulang. Enaknya kalo kurang tinggal cari toko cat apa saja, sebut aja merk dan nama warnanya. Kedua, yang pakai kartu warna dan dioplos alias tinting…jadi gradasi nya banyak banget..tiap warna beda nama. Enaknya kalo mo warna yg khusus..dan pengin pas banget, bisa dilayani disini. Umumnya di toko bangunan besar. Kalo di Mitra 10 ato Depo bisa beberapa merk sekaligus. Dulux dan Catylac satu pabrik. Sekarang di toko bahan bangunan yang ramai di pemukiman juga ada mesin campurnya.

Cat oplosan begini repotnya, kalo kurang harus bawa struk kode warna tadi. Enaknya kalo beli foto dulu kode warnanya. jadi kalo kurang tinggal tunjukin aja code tadi. Pengalaman sih biar sudah pas kode warnanya, untuk warna gelap tetap aja rada beda kalau beda waktu belinya atau beda toko. Jadi mendingan beli lebih ..daripada kurang dan belang nantinya. Gak banyak bener sih bedanya..tapi kalo warna tua pasti bedanya keliatan.

Harga tinting dan kemasan jadi hampir gak beda. Untuk yg oplosan ato tinting, kalo warna tua lebih mahal..mereka bilang pake base color A,B begitu..yg base color gelap lebih mahal. Mereka stock base color aja..di mesinnya tinggal ditambah pigmen cat warnanya..computerized. Lalu digoyang goyang pake mesin untuk mencampur. Segitu aja..serba mesin dan computerized. Fasilitas oplosan ato tinting juga bisa untuk satu galon..apalagi untuk pail.

Yang ideal sih, aplikasi cat ke tembok baru, mulus, kering dan siap dicat. Pakai dulu cat primer, kalo Dulux berwarna primernya bening. Ini alkali resistant. Sederhananya bisa mengurangi kalo tembok lembab hingga 30% kata labelnya. Yang penting juga bisa bikin cat lebih senyawa. Sayangnya jarang dipakai..primernya kebanyakan cat warna langsung aja diaplikasi selapis demi selapis.

Penggunaan dempul ato wall filler ato Plamir gak pernah sama sekali untuk tembok baru.Kecuali aplikasi ke tembok lama/bekas. Ini teknologi lama kata tukang tukang..ngerepotin karena Plamir cuma ada warna putih, jadi lapisan cat warna harus kerja keras berlapis lapis supaya warna plamir tidak berbayang, apalagi untuk warna muda. Plamir yg jelek malah bikin warna menguning..

Tukang gw pernah pakai cat murah Qluc kalo gak salah. Dia campur catnya dengan lem Fox yang putih. Dia bilang supaya lebih lekat cat nya. tapi logikanya kalo catnya kena air atau basah gawat tuh..lem nya bisa cair ato meleleh ya. Selanjutnya gak pernah lagi gw pake plamir dan campuran lem Fox.

Tembok bekas yang sudah berwarna tua mau dicat ganti warna yang lebih muda. Ini yg paling ngerepotin. Jangan berharap bisa mulus dan halus. Biar sudah dikerok habis…pakai air dulu dibasahin lalu di kerok pake kape, tetap aja gak bisa mulus. Dah gitu prosesnya lama banget. . Amplas aja dulu pakai amplas 100 – kasar banget. baru dicoba aplikasikan langsung ke cat lama. Bila ternyata hasilnya  brutusan ato benjol benjol, artinya cat lama harus dikerok.  Kalo ngga ada apa apa ..ya terusin aja.

Cara lain, lapis dulu dengan cat putih..anggap aja itu primer..baru dicat warna. Yang jelas sih tembok lama dengan warna muda diganti ke warna gelap jauh lebih mudah dibanding sebaliknya. Apalagi kalo temboknya sudah pernah dicat berkali kali..alias catnya sudah tebal. alamat harus dikerok dulu.

Cat tembok catylac Cat tembok catylac ext cat tembok property cat tembok dulux pentalite cat tembok luar no drop cat tembok aquaproof

Jadi pakai cat apa yang bagus dan murah? itu sering banget gw denger ditanya ke penjaga toko. Dia sih kasih yg lagi komisi besar ato lagi agresif pemasarannya. Padahal dia gak pernah ngecat tuh..tapi banyak banget yg percaya.

Pengalaman selama ini, cat exterior pasti lebih mahal dibanding interior bisa 30-40%. karena cat exterior didisain untuk tahan paparan matahari dan hujan. Kalo interior dipakai exterior bisa?  ya jelas bisa aja, tapi pasti cepat pudar warnanya..belum lagi bisa ngelotok..karena udara luar lebih kejam dibanding dalam ruangan.

Cat harga mahal dengan yang murah itu sebenarnya bedanya apa yang paling signifikan?

Pertama menurut tukang… cat itu semakin mahal semakin enak ngecatnya. apalagi kalo tembok atau plafon baru. Jadi cat tembok sekelas Jotun,Mowilex, Dulux memang lebih mudah ditangani. Misalnya untuk ngecat plafon baru…dengan Dulux interior putih dua kali lapis aja dah putih bersih. Lah kalo Catylac..sudah pakai yg paling putih pun setidaknya 4 kali lapis..Property sama juga..bahkan kadang lebih. Supaya lebih cepat tertutup warna, tukang nya gak sabar..dipakai lebih kental cat nya. Semakin banyak lapisannya semakin banyak juga tenaga dan waktu yg dibutuhkan. Tembok juga begitu. Cat mahal cepat tutupannya..termasuk kalau ganti warna. Hasilnya cepat kelihatan rata, apalagi kalau warna warna-warna gelap. Mantap terlihatnya.

Kedua, ketahanan warna setelah beberapa tahun. Cat yang mahal itu bisa stabil warnanya. sewaktu baru dicat gak ngejreng banget..tapi sesudah 3-4 tahun masih gitu aja. cat yang rada murah, waktu baru menyala banget, terlihat bersih cemerlang..tapi cepat suram sesudahnya. Apalagi kalo warna warna gelap..beda ini makin jelas. Untuk bidang yang diluar rumah kalau pakai cat interior mirip begini kasusnya. awalnya saja bagus..sesudahnya suram.

Ketiga, koleksi warna. Gw pakai dulux warna Frost. PAda kesempatan lain, budget terbatas..jadi cari yang lebih murah. Kartu warna dulux  gw cocokkan dengan kartu warna catylac..cari  yg paling mirip dan beli yg catylac aja..yg cocok waktu itu namanya white swan. Jadi penampakannya gak beda jauh…

Kesempatan lain lagi…karena catylac naik  harganya menjadi sekitar 480 ribu satu pail, padahal budget cuma 400 ribu per pail..gw coba cat Property. Caranya sama..kartu warna dulux dicocokkan ke kartu warna Property. Semakin sulit cari yg lebih pas..Koleksi warna Dulux dibandingkan sama Catylac..lebih sedikit Catylac..bisa hanya 50%nya ..ke Property..lebih sedikit lagi..jadi jelas aja makin susah cari yang pas.

Nah jadi cat mana yang bagus? Tergantung kebutuhan dan kemampuan. Yang jelas gak ada cat yang super mengalahkan semua..Rumusnya sih sederhana aja…kualitas baik harga baik. Untuk mencat rumah baru 2 lantai penuh. Untuk semua plafon perlu sekitar 3 pail cat putih. Lalu sekitar  5 pail lagi untuk temboknya. Lah kalau untuk ganti cat kamar saja..paling perlu 2 galon. Apalagi untuk bikin aksen saja di salah satu bidang tembok. Paling perlu satu galon..dan cat tinting ato oplosan yang pas karena kaya warna.

Dulux exterior sudah 1.7 Juta per pail, interior pentalite 1 juta lebih dikit, catylac 500 ribu, propery 400 ribuan. untuk aquaproof ato no drop sekitar 700 ribuan. Silakan dihitung keperluan dan kemampuan….

Dinding luar yang kena hujan sebaiknya pakai aquaproof atau no drop atau merk lain. Manjur dan pilihan warnanya sudah banyak. Kalau perlu hanya sedikit..hitungan galon begitu..mungkin pakai cat yang bagus gak rugi juga. apalagi untuk kamar tidur, dapur..ruang ruang yg tiap hari kita lihat…

Kalo mo coba seperti apa tembok kita kalo warna diganti..ada apps nya dulux..namanya Dulux visualizer ..donlot gratis di play store. Salah satu fasilitasnya…arahkan hape berkamera ke ruangan..tinggal pilih warna ini dan itu..lalu keliatan kira kira itu ruang jadinya dengan warna baru. Gak sesuai? tinggal ganti warna aja..sentuh aja warna lain..eksperimen di hape sangat membantu.

Advertisements

5 Comments

  1. SILAHKAN DIPESAN MULAI DARI SEKARANG TIKET PAKET PERJALANAN ANDA UNTUK MELAKSANAKAN IBADAH UMROH / UMROH PLUS TURKI / UMROH PLUS DUBAI / UMROH PLUS AQSHA / UMROH PLUS KAIRO & HAJI PLUS UNDANGAN RAJA…..
    LABBAIK ALLAAHUMMA LABBAIK….
    YAA ALLAH KAMI PENUHI UNDANGANMU UNTUK DATANG KERUMAHMU…

    JADWAL UMROH 2015 –2016

    15 APR15 UMROH MURAH
    LANDING MADINAH 09 HARI = $1775 = SISA 45 SEAT

    09 APR 15 UMROH PLUS TURKI
    HOTEL*4/TURKISH 12 HARI = $2750 = SISA 25 SEAT

    11 APR 15 UMROH PLUS DUBAI
    12 HARI = $2600 = SISA 25 SEAT

    15 APR 15 UMROH 2X JUMAT
    12 HARI = $1850 = SISA 30 SEAT

    15 APR 15 = UMROH 2X JUMAT
    15 HARI = $1950 = SISA 30 SEAT

    26 APR 15 UMROH MURAH
    09 HARI = $1775 = SISA 40 SEAT

    THN 2016
    HAJI PLUS NON KOUTA
    25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT

    07 MEI 15 UMROH MURAH
    LANDING MADINAH = 09 HARI = $1800 = SISA 35 SEAT

    11 MEI 15 UMROH PLUS AQSHO ISRA MIRA’J
    13 HARI = $3400 = SISA 25 SEAT

    13 MEI 15 = UMROH MURAH
    09 HARI = $1800 = SISA 45 SEAT

    13 MEI 15 UMROH PLUS TURKI
    12 HARI = $2700 = SISA 25 SEAT

    13 MEI 15 UMROH PLUS DUBAI
    12 HARI = $2500 = SISA 25 SEAT

    29 MEI 15 UMROH MURAH
    09 HARI = $1800 = SISA 45 SEAT

    13 MEI 15 UMROH 2X JUMAT
    LANDING MADINAH 12 HARI = $1900 = SISA 30 SEAT

    13 MEI 15 UMROH 2X JUMAT
    LANDING MADINAH
    15 HARI = $2000 = SISA 30 SEAT

    TAHUN 2016
    HAJI PLUS NON KOUTA = 25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT

    PAKET UMROH RAMADHAN 2015

    18 JUN 15 AWAL RAMADHAN
    09 HARI = $2400 = SISA 30 SEAT

    18 JUN 15 AWAL RAMADHAN
    12 HARI = $2600 = SISA 20 SEAT

    18 JUN 15 AWAL RAMADHAN
    $2900 = SISA 15 SEAT

    1 JUL 15 LAILATUL QADAR
    09 HARI = $2600 = SISA 20 SEAT

    1 JUL 15 LAILATUL QADAR
    12 HARI = $2800 = SISA 20 SEAT

    25 JUN 15 LAILATUL QADAR
    15 HARI = $2900 = SISA 20 SEAT

    11 JUL 15 AKHIR RAMADHAN
    09 HARI = $2800 = SISA 20 SEAT

    8 JUL 15 = AKHIR RAMADHAN
    12 HARI = $3000 = SISA 20 SEAT

    5 JUL 15 AKHIR RAMADHAN
    15 HARI = $3200 = SISA 20 SEAT

    18 JUN 15 FULL RAMADAHAN
    30 HARI = $4000 = SISA 25 SEAT

    5 JUL 15 ITIKAF RAMADHAN
    15 HARI = $2400 = SISA 25 SEAT

    17 DEC 15 UMROH PROMO
    09 HARI = $1650 = SISA 45 SEAT

    26 DEC 15 = UMROH TAHU BARU
    09 HARI = $1700 = SISA 45 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PROMO
    09 HARI = $1550 = SISA 45 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PROMO
    12 HARI = $1675 = SISA 45 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PROMO
    15 HARI = $1775 = SISA 45 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PLUS TURKI
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PLUS DUBAI
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PLUS CAIRO
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PLUS AQSHA
    12 HARI = $2600 = SISA 30 SEAT

    THN 2016 HAJI PLUS NON KUOTA
    25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PROMO
    09 HARI = $1550 = SISA 45 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PROMO
    12 HARI = $1675 = SISA 45 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PROMO
    15 HARI = $1775 = SISA 45 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PLUS TURKI
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    23 FEB 16 = UMROH PLUS DUBAI
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PLUS CAIRO
    12 HARI = $2450 = 30 SEAT

    THN 2016 HAJI PLUS NON KOUTA
    25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT
    Hubungi Segera Marketing Kami :
    089650091317
    Pin BB 54EE5486
    DHONY HADI SYAHPUTRA

    SILAHKAN KLIK LINK DIBAWAH INI
    ; http://donifatatour.blogspot.com/

    SESUNGGUHNYA ALLAH TIDAK MEMANGGIL TIAP ORANG YANG MAMPU
    MELAINKAN MEMAMPUKAN TIAP ORANG YANG TERPANGGIL, INSYA ALLAH DIANTARANYA ANDA..

  2. Membantu bgt. Kebetulan saya sama sekalo g paham soal cat dan lagi pengen ganti warna tembok kamar. Trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s