IMB online: ngurus di kecamatan (1)

Ngurus IMB di kecamatan DKI sekarang sudah harus online. Tetapi tahapan awal masih sama.

Pertama, dapatkan dulu yang namanya KRK alias Ketetapan Rencana Kota. KRK ini selembar kertas yang menyatakan tanah kita boleh atau tidak dibangun sebagaimana kita mohon. gw mohon untuk dibangun sebagai rumah tinggal. KRK sendiri bikinnya ada tahapan nya juga…meskipun lebih mudah. Datang aja ke counter pelayanan di kantor kecamatan..bawa (1) copy sertifikat, (2) pbb dan bukti bayar (3) copy KTP…dan isi formulir. Isi no hp yang bisa dihubungi..karena proses selanjutnya adalah ukur tanah kita. Mereka akan call hp ..biasanya mendadak, pagi call mo ngukur siang ini…he.he.he..jadi pastikan juga ada orang di lokasi. Ngukurnya rada serius..perlu masuk ke dalam lokasi untuk ukur lebar dan panjang tanah…

Biaya gak ada di counter..nanti ditelfon tukang ukur..sekitar 2-3 hari.  gw sih kasih ganti bensin mereka..dateng berdua..siang siang panas…rela 10000% gw. jangan lupa minta no hp tukang ukurnya.

dah gitu tunggu lagi…proses 2 minggu janjinya…yang ada dah 2 minggu gak ada kabar. Gw telfon aja tukang ukur yg waktu itu. Eh disampaikan ke temannya..dan 5 menit kemudian temannya telfon..sudah jadi !! ajaib deh..untung aja gw minta telp tukang ukurnya..kalo nggak kan terpaksa harus ke kecamatan lagi ya..untuk nanya aja.

Besoknya gw ambil..bukan di counter umum tapi langsung ke ruangan bagian Tata Ruang kantor kecamatan. disana diberi wejangan..kalo tanah gw hampir gak diijinkan..(kenapa ya? perasaan gw sih baik baik aja..semua syarat dipenuhi..) untung aja boss nya baik..he.he.he..coba kalo kayak ini pak ..dia kasih liat KRK yang isi nya DITOLAK..gw sih segera bilang terima kasih pak sudah membantu..pesan sudah dimengerti dan diterima dengan baik…untung gw dah bawa duit di amplop. diserahkan KRK nya..gw serahkan amplopnya…rela juga..tapi kenapa harus mengirim pesan yak..he.he.he…

Jadi bikin KRK itu seharusnya gratis, makan waktu 2-3 minggu aja. syarat mudah..tapi kalo gak sertifikat petugasnya bilang gak dikasih ngurus IMB. Dua tahun lalu SK dari kepala BPN sudah bisa buat ngurus imb….sekarang tidak bisa lagi. harus sertifikat HGB ato HM.

Kedua, urus imb online.

syarat dan tata cara bisa diliat di link ini :

http://dppb.jakarta.go.id/beranda/files/Panduan%20Pengguna%20IMB%20Online.pdf

lengkap, step by step dan sangat jelas buat gw. Pas buka aplikasinya..wedeh..inggris semua istilahnya..pake Oracle business process segala…rada gak jelas sih stepnya..dan gak user friendly.  tentu kita harus daftar jadi user dulu…kalo dah daftar baru bisa daftar imb online nya. tengah malam juga uploadnya gak masalah. secara umum websitenya lancar..hanya gak jelas aja di dalam kita suruh ngapain abis itu gimana..intinya mo upload dokumen dokumen yang disyaratkan..

Gambar rumah versi IMB..nah ini yg selalu problem. Gw sih call aja tukang gambar yg dulu..kasih KRK nya..lalu dia gambarin. Supaya gak beda jauh, gw kasih juga gambar arsitek untuk rumah gw..jadi dia yg sesuaikan dengan peraturan KRK dan kebiasaan yang berlaku. Terutama untuk koefisien yg boleh dibangun..cuma 60%..lalu jarak dari jalan…gak boleh terlalu maju. ada batasnya tuh. Gambar skrg harus format digital..jadi autocad plus dikasih pdf juga. Tukang gambarnya bilang sekarang harganya naik..he.he..tahun lalu masih 800 ribu ..sekarang 1.5 Juta. ya sudahlah..yg penting jadi dan memenuhi syarat.

setelah upload..besoknya dapat notifikasi di e-mail..kalo dokumen gak lengkap. Kurang dokumennya. Yang kurang dokumen Surat Permohonan IMB lalu Surat Pernyataaan Tidak Sengketa nya tidak standar…harus ikut format mereka. Masalahnya di web itu gak tersedia ini formulir..ada contoh tapi dah diisi..masa harus nyalin lagi ya?

Browsing dikit..ada ternyata di website dinas nya:

http://dppb.jakarta.go.id/beranda/semua-download.html

Ya sudah..tinggal diisi..scan..lalu upload lagi. Sudah canggih sih mekanisme kerjanya..keliatan di log nya..siapa yang meriksa dokumen..lalu komentarnya apa..dan otomatis diimel ke kita…sudah gw upload perbaikan yg diminta..dan sekarang tinggal menunggu…berapa lama realisasinya dari janji yg kurang dari satu bulan itu…semoga lancar.

krk nomor 6
KRK dari tata ruang
Advertisements

8 Comments

  1. saya sedang coba layanan imb online dan saya coba sharing pengalaman selama ini. saya urus di kecamatan duren sawit. biaya yg saya sudah keluarkan untuk krk (tips buat tukang ukur dan waktu ambil), besarnya duit yang keluar kurang lebih sama seperti yang Pak Pahala sampaikan di rubrik mengurus imb di kelurahan sebelum ini. Lama proses dari pengajuan awal s.d krk keluar 3 minggu karena kepala seksinya ada yang meninggal, perlu menunjuk plt. Untuk permohonan IMB, saya sudah habis waktu sebulan, dari bagian perijinan s.d bagian p2b dan hasilnya gambar arsitek dikembalikan karena tidak memenuhi kaidah mereka…p2b mensyaratkan gambar muka, gambar samping, potongan A-A, potongan B-B, gambar pagar, gambar situasi (gambar di krk diplot dengan denah bangunan) dan gambar sumur resapan harus ada di 1 gambar. sempat mau menyerah dan minta diurusin sama kecamatan, tapi kok ga rela…akhirnya saya minta tolong arsitek saya untuk perbaiki letak gambar plus revisi gambar (penggunaan bangunan 60% luas tanah), mudah2an masih diberi semangat untuk menerobos ruwetnya birokrasi jakarta….saran saya, perlu sekali2 Pak Pahala monitor aplikasi online tersebut di webnya (menu views, past month) karena pengamatan saya, sistem tsb memakai approval atasan sebelum dan sesudah review dilaksanakan, sialnya terkadang nyangkut di aproval atasan dan ga akan ada notifikasi di pemohon kekurangan dokumen yang diminta.

  2. untuk gambar IMB, waktu pertama urus IMB gambar dibuat arsitek saya..dan ditolak. bangunan lebih 2 meter persegi dari yg diperbolehkan (60% dari luas tanah)…sesudah itu, khusus untuk gambar IMB aku pakai tukang gambar yg biasa nongkrong di kecamatan..lancar jaya…alias lolos. aku cek di email..memang ada komentar dari reviewer nya mas..jadi bener tuh, habis upload, besoknya kita harus lihat email ..setiap kekurangan pasti diinfokan lewat email.

    2014-10-29 11:36 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

  3. Halo Pak Pahala
    Salam kenal. Blognya membantu sekali terutama dalam hal renovasi.
    Saya juga mengalami kendala untuk gambar IMBnya Pak, gambar dari arsitek tidak memenuhi persyaratan mereka. Mohon info tukang gambarnya Pak. Bisa japri ke widya_here@yahoo.com. Terima kasih sebelumnya atas bantuannya.

  4. kalo gw bilang sih ini thank you aja, soalnya gw masih perlu lagi urusan imb lain waktu….kalo nggak juga gpp sih.

    On Tue, Mar 17, 2015 at 12:27 PM, To Give….To Share…. wrote:

    >

  5. JASA GAMBAR IMB, ARSITEK, PERLENGKAPAN LISTRIK ARUS KUAT, ARUS LEMAH PLUMBING, AC, STRUKTUR/KONSTRUKSI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s