Disain Arsitek on-line? ngga deh..kapok !!

Ada rencana mo bangun rumah lagi..tapi pengin penyegaran. Disain dan gambar kerja dari arsitek yang dulu masih ada sih..di ukuran tanah 6×15 meter. Nah karena yang ini ukuran tanahnya gak beda jauh..6,5 x 16,5 meter..jadi kepikir buat pake arsitek on-line saja lah. toh denah atau layout ruang akan sama persis. Jadi harusnya gambar kerja (listrik,air,fondasi dll) masih bisa dipakai.

Browsing di google  dapat ini alamat http://www.desainarsitektur.org . Ada 4 macam paket yang ditawarkan. Gw ambil paket yg 20 ribu per meter bangunan dan itu sudah termasuk gambar kerja..tapi tidak termasuk gambar untuk IMB. Ya lumayan..masuk akal juga harganya. Rencana sih mo bikin rumah 2 lantai ..dengan luas bangunan kira kira 130 meter persegi. Jadi fee nya sekitar 2,6 Juta. Boleh revisi 3x dan konsultasi on-line saja. Nanti hasilnya dikirim dalam bentuk file.

Kita diminta transfer 50% kalo mau pesan atau order.  Gw setuju..jadi segera transfer  1,3 Juta ke rekening yg disebut di web itu. Besok paginya gw sms ke nomor HP nya..contact personnya Sdr. Tito Pratama…sekaligus juga gw kirim e-mail. Di emailnya gw bilang kira kira maunya berapa kamar, carport nya berapa mobil, mau ada halaman terbuka di belakang..pokoknya kira kira kayak denah yang dibikin arsitek yang dulu aja.

Pertama, respons nya rada meragukan. cuma bilang ..baik, akan dicek dan diproses…

Seminggu sesudah transfer gw kirim email lagi….karena biasanya arsitek akan kirim ke kita rancangan denah atau lay-out ruang untuk lantai 1 dan lantai 2 dulu. Baru kemudian kita bahas..kalau sudah ok, mereka baru akan lanjut ke proses berikutnya. Ini gak ada kabar..jadi gw kirim imel lagi:

Mas Tito, kok saya belum dikabari untuk setidaknya denah ruangannya dulu ya? kalau nantinya ada perubahan denah bukannya koreksi gambar kerja jadi makin sulit? salam.pahala

jawabnya

hari ini saya kirimkan pak denahnya

sopan banget yak..lalu dikirim email kedua TANPA ba bu…pokoknya ada lampiran file pdf isinya denah lantai 1 dan 2. Gw gak pernah dapet imel yang gak ada messagenya sama sekali…dari vendor atau rekanan..apalagi.

Gw perhatiin denahnya..gelo dah. mulai ragu nih. Kamar tidur ada satu di lantai bawah..lalu ada 3 di lantai 2. Sesuai dengan permintaan. Yang aneh dimensi atau ukuran ruangnya…Kamar tidur hanya 90 cm lebih lebar dari Kamar mandi.  Jadi kalo WC ukuran 2×2 meter..kamar tidur 2.9 x2 meter. Kenapa harus kecil begitu kamar tidurnya ya????  Gw pikir sih tiap arsitek pasti punya standar ukuran kamar, kamar mandi, lebar pintu, tinggi pintu dll…Keanehan dari denah ini juga…tangga ke lantai 2. Tangga itu ditaruh melintang alias menutupi taman belakang..lah gimana sirkulasi udara dan pemandangan taman bisa dinikmati ya…wah bener bener arsiteknya lulusan fakultas hukum kali nih…

Gw kirim email sambil kasih file denah rumah dari arsitek yang dulu..minta denah yg dikirim direvisi. layout nya sesuai dengan layout yang gw kirim..tapi ukuran tanah disesuaikan dengan ukuran sebenarnya….dan minta komunikasi via BBM aja biar lebih cepat..

Saya minta kapan penyampaian revisi denah nya?  kalau boleh komunikasinya lewat BBM atau apa yg lebih cepat dibanding via email seperti ini. salam.pahala
jawabnya:
26a440a3
gak pake ba bu lagi..kayak bukan komunikasi antara arsitek dengan klien nya ya…ini orang udik yg baru bisa komunikasi kali.
Lalu denah revisi dikirim dua minggu lagi…tinggal niru juga gak bisa…waduh. Ya sudahlah..memang segini aja kali kapasitasnya. Gw minta batal aja ordernya. Tetapi gw juga tau pasti mereka protes kalo batal gitu aja. Gw tukar order deh…minta dibuat  gambar rumah di ukuran tanah lebih kecil. Total luas bangunan 70 meter dan hanya satu lantai.
Jadi biayanya kalo 20 ribu per meter jadi 1.4 Juta. Nah kan sudah aku trf 1.3 Juta..jadi harusnya dengan order yg berubah ini ..sudah hampir lunas ya. Eh Yang Mulia Mister Tito bilang kena charge perubahan order 500 ribu pak…. Ok..gak masalah. Gw bilang silakan dikenakan charge nya….jadi total order 1.4 juta plus charge 500 ribu = 1.9 juta. Sudah dibayar 1.3 juta ..sisa nanti kalo sudah selesai gambarnya…gw pasti trf 600 ribu.
Kampungannya ini biro arsitek muncul lagi..gw harus bayar charge 500 ribu didepan. itu peraturannya..Nah lo…kalo gw bayar..artinya gw dah bayar 1.8 juta..dari order 1.9 juta..padahal gw belum dapet apa apa dari mereka..gimana ya logikanya.
Gw bilang dimana logikanya? muter muter jawabnya..ujungnya kayak jawaban satpam…sudah kebijakan kami.
He..he.he….Siapa boss loe, kasih gw no hp nya (hilang sabar n sopan gw..) ..dikasih segera, Namanya Iwan…dan gw telp, sms..gak jawab…terakhir Tito nya juga gak jawab gw telfon, sms, BBM..he.he.he..cemen banget yak…kabuuurrr gitu.
Ya sudahlah…biarlah komplotan semprul itu memulai bisnisnya dengan cara murahan…gw kok percaya mereka gak bakal pergi kemana mana ….kelasnya cuma nipu 1.3 juta aja..he.he.he..
Moral ceritanya..gw gak rekomen deh pakai cara online gini.
Kemampuan arsiteknya susah kita ukur. terutama profesionalitasnya…anak anak amatiran bisa aja bikin web kayak gini. Kelihatan kualitasnya dari cara komunikasi dengan klien..dan lebih keliatan lagi waktu disain nya keluar.
Baru cek di kaskus..ternyata memang dapet bata merah ..alias reputasinya jelek. pantesan aja…salah gw juga ya gak cek dulu di kaskus. ok, lain kali lebih hati hati aja
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s