Closet Duduk – yg 30 cm ato 50 cm ?

Saluran closet dirancang sejak awal. Saluran pembuangan closet ditanam di kamar mandi untuk selanjutnya masuk pipa pralon ke septic tank. Jarak lubang saluran ini ke tembok disebut Roughing in. Jadi kalau lihat brosur closet lalu ada roughing in 30 cm artinya lubang pembuangan closet berjarak 30 cm dari dinding akhir closet (biasanya dinding belakangnya).

toilet lubang roughing in

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penting untuk menginformasikan jarak roughing in ke tukang yang mengerjakan konstruksi karena lubang ini disediakan atau dibuat jauh jauh hari sebelum pemasangan closet duduk. Lubang dibuat bahkan sebelum pemasangan ubin, lalu dari lubang ini diteruskan ke saluran pembuangan ke septic tank.

Untuk kamar mandi dilantai dua (atas) , lubang roughing ini harus dipastikan sinkron. Bila lubang dipasang 30 cm ternyata closet yang dibeli roughing in nya 50 cm, maka closet tidak bisa dipasang. Sebaliknya lubang 50 cm closet yang dibeli roughing in 30 cm, maka closet pasti bisa dipasang namun terkesan berada  ditengah ruangan, karena ada jarak antara dinding kamar mandi dengan dinding tanki closet yang cukup jauh..20cm.

Pergesaran lubang untuk kamar mandi lantai dua sulit dilakukan karena harus membuat lubang baru diatas plat beton yg sudah dicor dan kering. Kuatirnya melemahkan plat beton sendiri dan makan waktu banyak. Kalau lantai bawah masih bisa digeser lubangnya. meskipun juga makan waktu dan upaya keras.

Roughing in bisa ditanya ke penjual. Namun dilihat sekilas juga bisa. Kalau merk TOTO dan American Standard biasanya roughing in 50 cm..terlihat dari atas…lubangnya ada di belakang. Jadi nanti pas disiram air, akan mengalir ke depan dan masuk lubang. seperti ini misalnya:

toilet lubang belakang

 

toilet lubang belakang lagi

 

 

 

 

 

 

 

Kalau closet cina atau merk merk yang lebih murah dari kedua tadi biasanya 30 cm atau bahkan lebih dekat..20 cm misalnya. Dari atas dapat dilihat lubang nya..berada di tengah atau depan, seperti ini.

toilet lubang depan

Kalau ragu, silakan dimasukkan tangan kita ke lubang closet dari atas..lalu rasakan arah pembuangannya. kalau ke arah belakang, masa roughing in nya pasti 30 cm atau lebih pendek. amannya buat saja lubang di 30 cm. Kalau pembuangan berasa ke arah depan, lubah dibuat 50 cm dari tembok atau dinding closet.

Lebih aman lagi..beli saja dulu closetnya..sebelum tukang buat saluran pipa pembuang..biasanya tahap pembuatan pipa buang ke septic tank ini dilakukan awal banget…sesudah cor cakar ayamnya..ditanam dulu pipa pembuangan air kotor..baru dicor slof antar kolom nya…

 

 

Advertisements

4 Comments

  1. Thanks banget infonya, sangat bermanfaat memberi pencerahan bagi kami yg awam di bidang pengklosetan. Oncemore (baca : oncemore juga) tararengkyu pisan. Salam buat keluarga

  2. sama sama mas..soalnya kemarin juga gara gara tukang berasumsi…pake closet yg sama..akhirnya lubang kloset untuk lantai 2 yang sudah dicor..terlalu maju..terpaksa deh ditutup dan dilubangi lagi baru cor lantai dua nya..ngabisin energi, waktu..habis ini kalo mo bangun rumah beli kloset dulu deh..biar tukangnya tau kalo kita mo pake yg jarak berapa.

    On Tue, Jul 21, 2015 at 10:25 PM, To Give….To Share…. wrote:

    >

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s