Mengurus sertifikat di BPN Jaksel -cihuy..akhirnya terbit 7.5 bulan.

Setelah menunggu sejak tengah Juli lalu..akhirnya..terbit juga sertifikat HGB nya. cek lewat web bpn.go.id dulu..masukin nomor tanda terima berkas..dan pin nya..yg ada dibawah barcode di tandaterima. Isi tanpa spasi ato strip. Keliatan sudah selesai. Wah rada gak percaya nih, coba cek lewat sms 2409..ini canggih juga..ketik sesuai yang diminta..Berkas spasi..nomor pendaftaran dll…dibalas langsung, sudah selesai. Ya syukur deh..gw bergegas ke BPN Jaksel untuk ambil buku sertifikatnya.

Total waktu yang dibutuhkan sejak akhir desember hingga 18 Agustus..8 bulan. Total biaya, resmi nih….. untuk pengukuran 500 ribu satu bidang tanah ukuran 100 meter persegi. lalu 50 ribu untuk pendaftaran hak GB menjadi sertifikat. Itu saja. yang terjadi 1 juta rupiah spy tukang ukur datang….lalu 500 ribu utk staff di seksi penerbitan SK HGB utk monitor progres dan 50 ribu untuk tip ambil sertifikatnya. next time…kalo kita sabar aja kayaknya setiap tahapan ada maximum waktu nya..jadi gw rasa mereka akan proses juga karena akan termonitor.

dari proses yang ada sepanjang ini bisa dipelajari beberapa hal..

yang paling krusial tentu saja pendaftaran pertama untuk pengukuran. Disini logika dokumen harus jalan…artinya kalau dokumen pertama bilang ini tanah atas nama A, maka ketika kita datang mohon diukur..apa dasarnya. Untuk tanah yg gw urus..dokumennya Surat Kavling Asian Games atas nama A. Lalu ada surat menikah A dengan istrinya. Ada juga surat kematiannya. Terakhir ada surat keterangan waris dari Lurah. Bahwa A memiliki anak XYZ. Jadi sekarang kepemilikan di XYZ..pindah ke gw atas dasar Akta Pemindahan Hak dari  Notaris…logis kan.

Kasus yang dulu…Surat Kavling atas nama A..lalu ada surat sepotong..dan kuitansi dari A dikuasakan ke B dengan harga tertentu. Lalu B meninggal..keterangan waris ada yang menyatakan B memiliki anak CDEF. Akta jual beli dari CDEF ke gw. Oknum BPN bilang kalo ini tidak layak diproses..karena dari A ke B itu hanya penyerahan kuasa..bukan hak. Jadi harus dicari ahli waris A agar bisa diserahkan haknya ke B dan ahli warisnya..dan itu sudah terjadi tahun 1960 alias setengah abad yang lalu !!! itu juga yg bikin prosesnya lebih panjang..9 bulan. padahal sudah bayar ke oknum BPN.

lolos dari pendaftaran..tinggal tunggu aja diukur..keluar surat ukur..lalu dipindahkan ke panitia A..keluar surat persetujuan panitia A..terbitlah SK HGB nya..setelah terbit..kita daftarkan SK itu agar diterbitkan buku Sertifikat yg hijau.

Nah semuanya kayaknya sudah ada maximum hari prosesnya…Sayangnya kita harus memonitor..kuatirnya, proses berhenti karena ada problem..kita tenang tenang aja menunggu..mereka tidak memproses karena gak lengkap. Makanya perlu juga tuh dapet nomor HP pegawainya…jadi bisa sekali sekali memonitor sudah sampai mana perjalanan dokumennya. Memonitor itu kan artinya kita harus dateng..nanya …lebih lama waktu untuk kesana nya daripada disana sendiri…makanya orang males dan serahkan saja ke notaris untuk mengurus…notaris menugaskan staffnya.

Satu lagi status berkas bisa dicek di web dan sms dua bulan lalu sih masih payah..gak jelas dan selalu tulisannya dalam proses. tapi kemarin ok banget tuh…dah bisa bilang sudah selesai. SMS juga begitu …2409 ini dulu asal asalan aja…sekarang sudah benar informasinya.

Selamat mengurus surat sendiri..kalo mau. sediakan waktu untuk bolak balik…dan sabar..kalo liat antrian gak berjalan baik ..dan menguatamakan para pegawai notaris..bukan kita  yang pemohon langsung.

 

Advertisements

3 Comments

  1. When you include training and certainly never modify your diet regime or your base level of action through the working day, you can Zi Xiu Tang Bee Pollen Capsule. Having said that, you need to nonetheless monitor everything you try to eat and whatever you do due to the fact of the body’s auto-regulation. Two things get started to happen with a subconcious stage:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s