Mendisain Sendiri Rumah Kecil pakai Software Gratis

Sebenarnya mendisain rumah tinggal enaknya pakai arsitek..dan biasanya tahapannya standar . Pertama, akan ditinjau dulu lokasinya…kalau memang tidak ada hal hal khusus, misalnya tanah kosong dengan ukuran standar dan persegi, maka bisa aja gak ditinjau lagi. Kedua, ditanya ingin rumah berapa lantai berapa kamar..ato ada permintaan khusus lainnya seperti minta ada ruang kerja/belajar, ato minta garasi 2 kiri kanan..ato minta rumah yang lega dan plong tidak banyak ruang..dan sebagainya. pokoknya ditampunglah. Ketiga, arsiteknya nanti datang dengan denah ruangan..kalo kita ok, maka dilanjutnya yang berikutnya..keempat. pilihan untuk disain tampak depan rumah…dan disain bentuk atap. biasanya pilihannya gak banyak banyak juga..tinggal disebut aja atap mau model pelana ato limas, depannya minimalis atau klasik atao apalah…
Perlu waktu beberapa lama ..untuk kemudian dateng lagi dengan gambar yang rada mudah dicerna..denah ruangan keliatan…tampak depan, belakang, samping juga sudah terlihat plus atap. kalau kita ok juga, maka dilanjutkan dengan bikin gambar kerja…pondasi,saluran air, listrik, bentuk pintu jendela, lantai dsb…
Beberapa yang dapat kita rasakah dari penggunaan jasa arsitek antara lain..ukuran ukuran pintu,jendela,besar ruang…rasanya proporsional. lalu ventilasi udara di rumah, di kamar mandi pasti dipikirkan juga…begitu juga masukan cahaya..umumnya hal hal begini pasti diperhitungkan dalam disain mereka…
gw coba bandingkan dengan disain sendiri…kadang kadang alpa sama hal hal ini..kamar mandi yg ukurannya gede banget lah..ato kekecilan malah..ato ventilasi dan cahaya yg gak masuk ke salah satu ruang…tiang yang nongol ngerusak pemandangan..dan sebagainya. intinya sih, memang perlu dibantu ahlinya kali ya..meskipun kayaknya sih menyenangkan dan gampang mendisain itu. ini dia denah rumah di tanah ukuran 6×15 meter yang didisain mas hery dari indograha.

Usulan Desain Rumah Tebet denah

Untuk pembangunan rumah kali ini..gw disain sendiri aja. soalnya ukuran tanah kurang lebih 86-90 meter..jadi persis sama dengan ukuran tanah di pembangunan sebelumnya (yg gambarnya pake arsitek). Nah, gw pake deh gambar rumah sebelumnya sebagai dasar..jadi denah ruangan gak berbeda sama sekali. Karena panjang x lebarnya beda dengan yg dulu..modifikasi diperlukan…tapi basic nya sama..di lantai 1 ada garasi 1 mobil, taman depan, kamar tidur 1, kamar mandi 1, dapur,ruang makan dan keluarga. tangga naik dan taman belakang untuk ventilasi udara…di lantai 2 kamar ada 3 lagi, ruang keluarga, ruang jemur, plus ventilasi terusan taman dari bawah.

Untuk memodifikasinya perlu pakai software..nah yg gratis dan amat sangat mudah akhirnya dapet juga…namanya SWEET HOME 3D ..silakan digoogling..pasti dapet dan install software gratisan ini…. Sebenernya ini software untuk interior disain kayaknya. keliatan waktu nanti dicoba….tapi buat bikin denah ruangan amat sangat berguna..dan yang penting sangat mudah..tinggal tarik garis..sudah langsugn keluar dimensi panjangnya..lalu bikin lantai 2..tembok lantai satu nya ada bayangannya..yg bikin gampang lagi disain bisa pakai grid (petak petak ) kayak di kertas berpetak gitu…Pintu, jendela, ada icon nya..jadi tinggal drag aja dari templatenya..taruh di lokasi jendela pintu yg kita mau…

Jadi tinggal diikutin aja ukuran tanah kita..lalu tata letak ruang ikut gambar arsitek yg lama…kalo dah jadi, tinggal print aja ke pdf. lalu print ke printer..mo edit lagi? tinggal buka aja file nya…dan edit. ini contoh disain modifikasi disain lama (tanah ukuran 6×15) ke disain baru pake Sweet Home 3D (tanah ukuran 7,4 x 10,80 meter.. yang satu lagi lebar 7.80 meter panjang 10.80 meter…basic ruangan sama persis…rumahnya dempet alias 2 rumah sekaligus..

Sebelum mendisain yang paling pokok, ukur tanah kita…sampai ke dimensi centimeter..panjang kali lebarnya yang paling pokok. Lalu, belajar dari gambar sebelumnya, setiap rumah tingkat perlu ada fondasi yang kokoh..cakar ayam tukang bilang..ini yg banyak digunakan. Ukurannya aku pakai 80x80x80 cm..ikut gambar yg lama. Nah posisi fondasi ini maksimum 4 meter, harus terhubung satu sama lainnya dengan sloof…dan bergaris lurus dari satu pondasi ke yang lainnya

Jadi kalo akan ada ruangan dengan ukuran 5×7 meter ..akan lebih banyak fondasinya..dibandingkan dengan ukuran 4x 8 meter..soalnya yg terakhir ini kan habis dibagi 4 meteran..jadi titiknya pas untuk yang 4 meter perlu 2 pondasi, untuk 8 meter perlu 3 pondasi…. kalo 5×7 meter ukuran ruangnya…..untuk yg 5 meter perlu 3 pondasi (lebih dari 4 meter rada ngeri gw..)..untuk yg 7 meter perlu 3 pondasi padahal bisa lebih panjang..bisa sampai 8 meter, alias terlalu kuat jadinya. boros dan mahal.

Itu sebabnya untuk lebar rumah biasanya 6-8 meter..karena bisa dibagi 2, masing masing 3 atau 4 meter..dan pondasinya berbaris di tengah  dan pas ukurannya. ini dia disain ruangannya..

disain kavling 86 lantai 1 disain kavling 86 lantai 2

Kalau denah sudah OK,maka tinggal ditentukan dimana saja fondasi (cakar ayam) akan ditanam..dengan memperhitungkan aturan diatas…kalo terlalu banyak pondasi ya lebih kuat tapi lebih mahal dan boros…terlalu sedikit..gawat !! disini harus sinkron antara ruangan dengan jarak fondasi…ada kemungkinan jadi boros..ato kurang fondasi…gak apa juga diedit lagi gambarnya…Katakanlah semua ok, kita bisa kasih tanda disana sini fondasinya…buat bekal tukang kita nanti menggali dan menanam fondasi. JAdi dari gambar denah kita beri tanda disoftware dengan tanda pondasi yang akan ditanam (icon fondasi gak ada..jadi gw pake aja icon box…dihitamkan….maklumlah ini software buat interior disainer sih). SAve dengan nama lain, misalnya fondasi..lalu print pdf.

ini denah diatas yang sudah diberi tanda fondasi dimana saja. Jadi bisa dihitung berapa cakar ayam yang harus dibuat dan bentuknya kayak apa saja.

disain kavling 86 pondasi saja

Kalau sudah fondasi, tinggal bikin saluran air dimana saja…Berikutnya, kita mau ada lampu, stop kontak ada dimana saja..itu juga bisa dibuat pakai software..lalu save nama lain…dan print pdf.  Sampai sekarang sih pak Mat berbahagia saja dengan gambar ini..yg gw kasih disain denah ruangan untuk 2 kavling..lengkap dengan ukurannya..lalu letak fondasi…saluran air dan air kotor ke septic tank dan titik listrik/saluran tivi/telfon.

nanti masih perlu lagi bentuk atap seperti apa..tapi yg sederhana aja kali ya..pelana. Nanti diskusi aja dengan Ari tukang atap aja..kalo lantai 2 dah jadi.

 

 

Advertisements

1 Comment

  1. Having read this I thought it was very informative. I appreciate
    you finding the time and energy to put this article together.
    I once again find myself spending a significant amount of time both reading and
    leaving comments. But so what, it was still worthwhile!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s