Beli Bahan2 Bangunan di Jakarta (2)

Berikutnya beli Penutup lantai...Ini gw pake homogoneus tile ato yang disebut gress ato granit. Sepanjang ini beli nya indogress, granit lokal..ambilnya series yang polos saja. Keramik tetap digunakan juga..untuk lantai kamar mandi, dindingnya, lalu lantai jemur di belakang. Keramiknya pakai seri Habitat nya Milan, lalu pakai Roman juga. Belinya di toko Cahaya Intan di Rawasari, tinggal telfon, kalau sudah tau seri nya tinggal disebut, lalu harganya disebut dan ditransfer. Telfonnya 021 4243938 ato 08159994429. Melayani juga untuk jasa memotong granit..biasanya 2500 perak sekali jalan. jasa ini berguna kalo kita mau lantainya pakai plint. juga melayani buat nosing..itu loh..3 garis di ujung tangga. Kalau kurang cuma 3-4 box saja..lebih mudah, tinggal telfon, transfer plus biaya ojek buat anter ke rumah.

Kalau pernah ke Rawasari memang wilayah ini menyediakan semua kebutuhan lantai,dinding dari pelbagai kelas atau kualitas. mo bangun kos-kos an yg butuh keramik kelas ekonomis ada, mo granit italy juga ada…enaknya gak usah susah susah nyarinya..tiap toko sudah ada kekhususannya…dan harganya tidak beda jauh. jadi jangan menghabiskan waktu juga untuk berkeliling daerah ini dari ujung ke ujung..jauh banget.

Masuknya bisa dari arah salemba..bisa juga dari arah By pass. Beberapa spesialis jual pegangan pintu dan asesorisnya…sanitair seperti closet, kran dan sebangsanya..marmer/granit untuk meja kitchen set…cat tembok pelbagai merk…terakhir ada juga toserba ato supermarket bahan bangunan kayak Mitra 10 dan BJ alias bangunan jaya. Di tempat ini kayak one-stop shopping…jadi kalo mo beli sedikit ato males muter muter antar toko..kesini aja. Secara umum parkir jadi masalah..musti tega parkir di pinggir jalan yg ramai..

Berikutnya beli Closet. ini harganya gak beda karena pakai price list dari TOTO .nanti ada discountnya..standar aja dikisaran 27-30% kalo gak salah. Gw beli di Depo Bangunan aja..karena pilihannya banyak..pelbagai merk dan seri nya..sudah ada harganya juga..jadi kalo cocok tinggal ambil aja. Di Mitra 10 juga tersedia pelbagai pilihan..tapi banyak produk dari China yang merk nya macam-macam. Jadi gak pernah beli di Mitra 10 untuk closet. Wastafel, kemarin beli di BJ RawaSari..pakai TOTO juga, jadi ada price list dan standarized discountnya. Pilihannya banyak di BJ termasuk produk China.

Keran dan mixer Air panas, Jet shower, dan sebangsanya. Untuk barang barang ini perlu kita tetapkan mau kelas yang mana. gw sih pake kelas menengah aja..wasser. beberapa tahun lalu merk ini disodor-sodorkan ke kita oleh pedagang. maklum baru masuk pasar..produk korea katanya. sekarang sudah lebih mapan. discount 35% dari price list. mutunya ok,  gw pake dah 3 tahun gak rewel..harganya lebih murah dari TOTO dengan spesifikasi yang sama. dibawah wasser ada merk lama yang baru bangkit lagi..ONDA. dulu gw suka banget ini produk..murah tapi kuat. sekarang ada seri exclusive..yg packing hitam dan seri biasa yang packign kuning biru. yg exclusive dekat harganya dengan wasser, yang kuning biru untuk paket ekonomis. perbandingan saja untuk produk keran tembok..wasser sudah 90 ribu, onda hitam 70-80 ribu, onda kuning masih 20 ribuan. Beli produk-produk ini di Kenari Mas…parkirnya enak dan tokonya banyak..kayaknya buat pembeli ritel. Di depo n mitra 10 relatif lebih mahal dan pilihan terbatas..di kenari bisa lihat katalog produk, harga standar karena cuma discount saja yang membedakan…dan antar toko tidak berbeda jauh.

Beli produk-produk ini mudahnya lihat dulu di toko on-line berapa harganya..nanti ke kenari tinggal sebut merk dan seri nya. Gw berkunjung ke web nya toko era bangunan (tokonya juga ada dan tersohor di kenari mas). Belakangan gw beli kayak pompa air di kenari baru…males muter soalnya. Jadi pasar kenari kalo dari UI itu ada kenari baru, sebelahnya ada lagi kenari yg spesialis elektrikal ato listrik..seberangnya Kenari Mas yg kayak mall. Buat retailer gak dianjurkan ke kenari listrik..ribet, parkiran basement gelap n bau..buat pemain proyek lah kalo yg ini. Kenari baru dan kenari mas lebih bersahabat buat pembeli eceran.

Pemanas Air pakai yang listrik..merk Modena- ini merk termurah untuk kapasitas 10 liter. Kalo kamar mandi 2 daripada pemanas air kapasitas 15-20 liter, mending pasang masing masing yg kapasitas 10 liter. praktis. Di Toko Lautan Luas di kenari mas gw dah beli 5 unit..dan sampai sekarang gak ada keluhan. keran wasser n mixer TOTO juga dulu beli disini. Toko Era Bangunan beli kompor tanam Rinnai..Cooker hood Modena sama Sink Modena.

Alat-alat listrik beli di toko Kings Electrict di lantai paling bawah Kenari Mas. Penjaga tokonya ramah n enak..tinggal kasih aja gambar rumah kita..bagian skema listrik..nanti dia akan urutkan satu persatu..nanya mo merk tertentu gak..misalnya lampu downlight..dia akan tawarkan phillips, panasonic ato produk taiwan/china…Gw gak perlu nawar harga lagi karena gw tunjukin bon pembelian pertama yg bareng tukang listrik gw….nanti dia akan kasih detail harga plus total…kira kira satu rumah itu untuk elektrikal dengan kualitas kabel Eterna, saklar dan pernak perniknya pake  Panasonic..habisnya sekarang 6-7 Juta. tinggal ke atm di belakang toko, transfer ke rekening ngkoh nya..jadi. tinggal angkut.

Exhaust Fan yang tembok (bisa sedot-buang bolak balik) dan ceiling (ditaruh di plafon dan hanya sedot) juga di kenari mas..banyak toko yg jual dan harga standar terutama untuk merk Panasonic dan KDK. Range harganya 200-350 ribu. sekali lagi, liat di web dulu..catat merk n serial nya.

Pegangan pintu, engsel, kunci dan sebagainya juga di Kenari Mas..lantai bawah dekat furniture. Toko nya yg punya Ahong namanya..orang teknik juga jadi advis nya bagus. harganya ditawar dikit aja..kalo beli banyak item..yang berikutnya selalu dikasih harga pas. Waktu bangun rumah sendiri dulu pake Dekson, beli di depo bangunan. kelasnya moderat saja..tetapi di kenari mas jarang yg jual merk ini..kebanyakan Paloma, Belleza. kelasnya setara lah. Sekarang pakai Belleza aja..range produk lengkap..jadi bisa satu merk semua. Lebih ekonomis tanya Ahong mana yang lagi discount Belleza nya..dia pasti tunjukkin satu dua produk aja..dan harganya sangat menawan.

Pompa Air dan pompa dorong Listrik. di kenari mas ada di pojok toko nya pakai halaman segala.., dekat lift..Henky kalo gak salah yang punya. ini juga gak usah ditawar banyak..max 25 ribu. kadang gak kurang sama sekali. dibanding harga di web..tentu lebih murah. Beberapa pompa terakhir gw beli di sebelah Kenari Baru….enaknya kalo dah tau yg dituju..tinggal ketemu toko pertama yg jual pompa, sebut merk n serial, tanya harga..bandingkan dengan harga di web…lalu ok. bayar umumnya bca debit. Sejauh ini sama aja tuh harganya dengan kenari mas. Wasser merk paling murah, sedikit diatasnya Shimizu…lalu Panasonic dan yg paling mahal Sanyo tentunya. Ada harga ada rupa, tergantung mo pake yg mana…

Cat Tembok…selama ini pakai yg tinting (oplos)  Dulux..belinya di Depo Bangunan..ternyata di beberapa toko material besar sekarang sudah ada mesin tinting alias oplosannya. Untuk plafon pakai yg standar aja, putih. Untuk tembok dalam lihat katalog warna. Cat dengan basis warna terang lebih murah dibanding gelap. Cat untuk interior tentu lebih murah dibanding eksterior dengan warna dan jenis yg sama. Dulux Penta lite interior 1 juta lebih dikit..exteriornya 1.7 juta… Pernah kurang sedikit..ke material aja..sebut nama warnanya..(kalo beli disimpan aja struk warna-nama dan formula)..dioplos deh..harganya standar alias sama. Kemarin nyoba oplosan Catylac..untuk warna sama harganya kira kira 40% dari harga dulux. Hanya tukang gw bilang kalo catylac perlu 4-5 kali lapis untuk tembok baru ..supaya ok, kalo dulux 2-3 kali aja dah cukup. yah..ada harga memang selalu ada rupa.

Pagar-Teralis-Canopy…ada sales yang dateng..Mas Santoso 08158396965.  Dia akan datang untuk estimasi dulu, kasih harga baru tukangnya datang kerja di lokasi untuk pasang…fabrikasi di workshop dia di Ciracas. Sebelum harganya ditawarkan pastikan spesifikasi material kita sepakat dulu..yg paling penting ketebalan besi nya. dan karena kita awam, minta dia bawa contoh besi dengan pelbagai ketebalan…

 

 

 

 

 

Advertisements

1 Comment

  1. I read a lot of interesting content here. Probably you spend a
    lot of time writing, i know how to save you a lot of time, there is
    an online tool that creates unique, google friendly
    articles in seconds, just search in google – laranitas free content source

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s