Bangun rumah lagi (1)-bata ringan CLC cellular lightweight concrete

bata ringan clc
bata ringan clc

Mengingat harga Hebel dan konco konconya sudah semakin mahal.maka terlihat pada banyak bangunan kembali digunakan bata merah. Secara teoritis sih memang lebih murah bata merah. intuitif saja..semeter persegi dibutuhkan bata merah 72 buah..kalo hebel perlu 8 buah. nah bata merah sebiji 400 rupiah, hebel setidaknya 10 ribu. jadi sudah terlihat beda harganya antara 32 ribu dengan 80 ribu. ketika ditambahkan komponen adukan (pasir semen) tentu saja hebel lebih murah..kecuali pakai mortar thin bed ya. harga pasir se engkel (truk 4 roda) sudah 400 ribu..isinya paling 1-1.5 kubik saja. semen 62 ribu untuk 50 kg. nah kalo pake bata pasti banyak pakai pasir n semen..(untuk hebel biasanya diayak ato disaring dulu pasirnya biar halus).

Pertimbangan satu lagi kecepatan memasang…nah ini hebel unggul. Tapi bagaimana kalau harganya sudah melambung jauh..900 ribu per kubik yg bisa untuk membuat 10 meter persegi tembok..ato merk paling murah sudah 740 ribu. Iseng iseng browsing, ketemu namanya CLC..harga per kubik diantar 675 ribu-650 ribu per kubik. bentuk dan rupa sama..bahan dasar total beda..berat per biji 500 gr lebih berat dari hebel.

detail bedanya monggo dibrowsing aja..intinya clc ini bahannya semen..jadi bisa makin kering dipasang makin baik. lalu tidak perlu dioven..tentu lebih berat dikit dibanding bata ringan AAC. kalo hebel supaya ringan diciptakan buih udara ..jadi materialnya berisi buih udara agar terasa ringan. kalo CLC diganti dengan busa ato foam. jadi ini yg bikin bobot ringan.

karena jalan depan rumah sempit, hanya muat truk 4 roda. semua vendor CLC mensyaratkan pembelian 10 kubik sekali kirim..efisiensi dengan truk 6 roda (tiga per empat). jadilah negosiasi dulu untuk kirim 4 kubik saja per pengiriman…biar deh harga lebih mahal sedikit. daripada diturunin di depan gang kita..waduh ngangkut ke dalam bisa problem sendiri tuh.

Nanti kayak apa ya kalo dah diplester..pengen tau juga nih. yg jelas kalo hebel untuk pasang pake wajib hukumnya pakai fisher dulu…kalo ngga bisa jebol gitu aja. lalu kedua, iming iming isolasi suara, panas..kayaknya gak terasa signifikan tuh..sebagaimana  iklan keunggulan hebel yak..tapi pada kenyataannya gak berbeda kok.

Lalu yang terakhir sih soal efisiensi pemasangan terutama untuk daerah yang berliku liku..rumah kecil kamar banyak. kayaknya bata ringan kelas hebel sulit untuk masuk..harus motong dulu..padahal susah motongnya. Waktu itu pakai gergaji khusus..dan kalo tumpul harus ganti gergaji. kalo CLC ini gw lihat sih tukangnya motongnya pake kampak aja..jadi malah gak digergaji sama sekali..lebih cepat sih…

pasangan dinding clc
pasangan dinding clc
Advertisements

3 Comments

  1. You post very interesting articles here. Your
    blog deserves much more visitors. It can go viral if you give it initial boost,
    i know useful tool that can help you, just type in google: svetsern traffic tips

  2. sure..you may post your experiences, ideas and others in this blog as long as those bring usefule lessons to the readers.

    On Mon, Jan 19, 2015 at 11:32 PM, To Give….To Share…. wrote:

    >

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s