Bangun rumah lagi (3) Urus IMB di kecamatan- akhirnya…

Ada rencana untuk membangun rumah seputaran tebet..kecil saja tanahnya 90 meter, sudah ada rumah tua banget..jadi harus dirubuhkan. Sejalan dengan semangat reformasi Jokowi Ahok maka dengan gagah berani gw mo ngurus IMB sendiri ke kecamatan. Tahun 2010, gw bikin IMB untuk tanah seluas 200 meter di wilayah yang sama..nembak aja. biayanya 8 juta, seminggu jadi dan bisa  silakan langsung mulai bangun. Nah logika ini kalo dipake..berarti sekarang dgn luas tanah separuhnya, biayanya paling 4 juta. tapi gak salah juga ya mencoba prosedur.

Minggu malem..browsing dulu..dapet situs bagus banget..recommended..izinbangunan.com Disini disebut tuh syarat syarat pengurusan di pemda DKI. kalo untuk IMB: 1. SK penetapan BPN ato Sertifikat yg dilegalisir notaris 2. copy KTP 3. copy PBB terakhir 4. Gambar Arsitek 5. copy NPWP..6 BPHTB lembar yang sudah diverifikasi….

nah kalo dah ada itu semua marilah ke kecamatan..sudah terbayang max biaya hanya 4 juta nih. lagi liat papan nama ruangan..eh ditegor..mo urus apa pak, wuih ramah banget kan..IMB gw bilang. silakakn masuk ruangan sini pak..di ruang rada gelap n jorok..gw terangkan maksud mo urus imb dan ini dokumennya…dia cek sana sini..n dia bilang ok semua dokumennya. gw tanya dong..form apa yg perlu diisi, berapa retribusi..gimana prosesnya secara garis besar…dia cuma bilang perlu KRK -rencana kota..ini dari bagian lain pak..bentar saya panggil. dateng deh orang tata kota..dari ruang sebelah..cek lagi sana sini..oh ok kok sudah lengkap. berapa jadi tarifnya..dia bilang untuk dapet KRK 2 juta aja..nanti dari KRK baru diurus IMB nya tentu dengan tarif lain lagi…

Gw berdiri..n gw tunjuk itu manusia berdua..gw bilang kalo gw pembayar pajak yang taat, loe pegawai negeri gajinya dari pajak gw..imb ini pemerintah yang minta..n gw patuh..sekarang gini cara loe melayani warga negara indonesia? siapa nama loe? ..ketakutanlah mereka berdua…baru deh dibilang..ya kalo bapak mau urus sendiri kita juga gak maksa..nah kan dari tadi gw dah bilang gitu..sekarang loe terangin prosesnya…langsung gw dikasih formulir untuk mulai proses dapetin KRK dari tata ruang…retribusi tata ruang nanti katanya 12 ribu. semprul kan…

Jadi rupanya IMB ini melibatkan 3 bagian di kecamatan..pertama Tata Ruang ato tata kota..produknya nanti KRK..ini kayak surat yg ada gambar tanah kita..dan ada jarak sempadan bangunan serta koefisien dasar bangunan (KDB).  Kedua, bagian IMB..tapi baru proses kalo ada rekomendasi dari bagian  Penertiban ato P2B..nah di rekomendasi dikasih kalo dah visit tanah kita…Rekomendasi sudah ada, baru kita disuruh bayar retribusi IMB…

Nah mulai deh dengan tata kota untuk dapet KRK. disini rupaya peruntukan tanah kita diperiksa..apakah buat Wisma Kecil/Deret..WKC /D ..kalo pas, gak ada masalah…untuk memastikan mereka perlu kirim juru ukur ke lapangan. Gw bilang, kapan juru ukur datengnya..mereka bilang segera..tapi kasih uang bensin. baik gw bilang..nanti di lapangan aja …karena kita harus ada disana. Surprise, mereka bilang nanti siang dateng…jam 2. gw tunggu jam 2 gak ada..sial juga nih..kayaknya gw dikerjain karena dah marah marah. eh taunya 2.30 dateng….selesai ukur..gw tanya berapa uang bensinya. 200 ribu. ok. abis ini apa lagi prosesnya. digambar pak…silakan hubungi tukang gambarnya di tata ruang biar dikerjain..berapa? 150 ribu. Rabu..gw dateng khusus ketemu tukang gambar..gw kasih jumlah itu..dia bilang 9 hari kerja sudah jadi. OK, gw tunggu..bener juga 9 hari kerja gw dicall sudah jadi. tinggal ambil. gw kasih lah pengambil surat dari ruang kepala kantor..karena gw kepagian dateng…100 ribu. fuih..selesai KRK dengan 450 ribu aja. retribusi ternyata gak ada.

Masuk ruang IMB..daftar. semua syarat sudah ok, dibilang nanti P2B akan tinjau dulu, 2 hari lagi baru rekomendasi…dan 14 hari kerja proses IMB. gw bilang sebagai warga negara yg baik..gw mo patuh..tapi jangan dikerjain karena gw patuh..mohon panduannya karena gw gak tau proses…gw bayar apa yang harus gw bayar….OK katanya, tapi gambar dilihat dulu dong…dia periksa..nah disini mulai kampretnya. Pertama sempadan bangunan..artinya jarak dari pagar ke bagian terluar bangunan…di KRK lebar jalan 3 meter..eh sempadan 3 meter..biasanya sih 1/2 lebar jalan..tapi ok lah..gambar diperiksa..eh ketauan kalo kamar atas..jaraknya 2.5 meter ,dinding bawah sih ok 3 meter..pake model cantilever dia….alias harus dimundurin..gelo deh. gw ngotot..apa pengaruhnya dinding atas…berikutnya..di setiap bangunan harus ada tanah terbuka di belakang..untuk sirkulasi..dan itu di tengah belakang..arsitek dah bikin ..tapi di sudut..dia komentarin..gw ngotot..apa bedanya sih pak. akhirnya dia diam. berikutnya..setiap rumah ada celong alias tanah masuk di kiri dan kanan untuk pemadam kebakaran katanya..masih masing 1.5 meter persegi..nah rumah gw gak ada..tapi di bagian kanan ada carport yg masuk 3 meter lebarnya..gw bilang, kalo ini kan gak kiri kanan..tapi kanan aja..sama aja dong..dia ngotot ngga sama..harus kiri kanan. gw bilang logikanya apa harus kiri kanan? dia diem aja. nah berikutnya gw mati kutu. Koefisien dasar bangunan alias total lantai yang bisa dibangun untuk daerah tebet ditetapkan 60%. nah kalo tanah 90 meter, max lantai bawah hanya bisa 54 meter persegi..atas juga gitu dia bilang. Dia hitung itu gambar gw dan dapetnya lantai bawah total 56 meter. Gak bisa nih pak..lebih 2 meter..matilah gw.

terpaksa minta tolong gimana caranya..dia cuma anjurin ada arsitek yg biasa beredar di kecamatan ini..ok gw dikasih nomor hp nya..dan 2 hari gambar jadi sesuai dengan aturan pemerintah negara indonesia tercinta ini….biayanya 800 ribu. ok, gw bayar, dan jadi. baru masukin formulir dan dokumen tadi untuk imb. rupanya gambar arsitek gw cuma diedit dikit..tanah dibelakang dibuat terbuka aja…jadi gak ada dapur. gw tanya, lah ini gimana kalo gak ada dapur..dia bilang sih, bangunnya sih pak pake gambar arsitek bapak aja..ini kan cuma buat supaya lolos imb aja..owh..gitu toh.

Visit oleh P2B gak taunya akan dijalankan sama orang yg gw minta tolong urus IMB dulu..wah dia seneng ketemu gw. tapi buru buru gw bilang kalo gw urus sendiri nih..gak ada dananya. tapi kan loe yg mo visit yak..gw baru mo keluarin 200 ribu buat bensin..eh dia bilang, boss kalo P2B itu uang kas nya 1 juta..nanti di bagian IMB juga gitu..sejuta lagi. Waduh..gw kaget..kok brutal banget yak. itu juga masih diluar bensin boss…baiklah gw bilang. Gw gak mau bayar tuh..silakan aja ditahan lama lama..ntar gw tulis di koran aja. gw akan bilang warga negara yang baik dikerjain di kecamatan ini… sambil gw ngeloyor pergi…

rasanya birokrasi memang sudah gila  yak..masa mo urus normal malah jadi gak bisa alias susah..apa semua harus lewat pintu belakang? wong semua syarat gw patuhin kok…ada semua….kesian banget yak jadi warga negara indonesia.  sambil browsing..gimana yak kirim email ke jokowi/ahok..gw bisa tulis semau kronologis n nama manusianya..plus camatnya. biar sekalian aja.

eh dua hari lagi..gw ditelfon..silakan bayar retribusi IMB karena rekomendasi dah ada. Gw bayar 100 ribu ke bank DKI dengan bukti setor yg dibikin oleh bagian IMB…lalu bukti bayar diberikan balik ke bagian IMB. dia bilang 14 hari kerja ya pak..moga moga gak off line di dinas jakarta selatan..kalo gitu bisa lebih lama..tapi bisa juga lebih cepat sih. gw kasih 300 ribu orangnya..dengan alasan dia call gw pake pulsa pribadi kan..dan nanti harus call lagi kalo dah jadi…dia terima kasih banyak. gw rasa buat dia lebih enak urusan dengan gw…cash n carry..kalo lewat calo n duitnya ke kas..kan musti dibagi banyak tangan..yg jelas kepala kantor pasti lebih gede..alhasil dia bisa jadi cuma dapet kuah aja kali..makanya enakan langsung gini. tinggal aja dia bilang ke boss nya..ini YBS pak..yang bersangkutan maksudnya alias urus sendiri..alias gak ada isinya…Gw tanya ke tukang di lapangan..ada orang camat yg ninjau..nggak tuh..he..he..he..rekomendasinya dari mana ya datengnya…

Jadi sejauh ini sudah habis 450 ribu di KRK, 800 + 300 +100  ribu di IMB = 1,650 ribu. Gw anggap aja jumlah ini (kecuali gbr arsitek ya) sebagai derma deh..atas service yang memuaskan. Gak sampai 10 hari kerja alias 2 minggu, gw dah ditelfon. katanya sudah jadi dan tinggal ambil saja. lengkap dengan plang kuningnya….akhirnya.

Nah kalo mo ngurus IMB sendiri..rasanya gak susah susah amat yak. asal sabar aja nunggu. siapkan setidaknya sebulan kali ya..jangan tukang sudah dimobilisasi baru IMB diurus..jadi susah. mending urus IMB dulu..kalo soal gambar arsitek kayaknya memang benar nih..mo kita gambar kayak apa juga pasti ada salahnya…dan peraturannya gak masuk diakal..masak luas tanah 90 meter cuma boleh dibangun 54 meter..lah kayak apa jadinya  ya. jadi peraturan inilah yang dimanfaatkan karena pasti susah untuk dipenuhi. akhir kata, ngurus imb gak sesusah yang diduga..apalagi kalo memang kita tidak melanggar apa apa ya.

Izin Mendirikan Bangunan-IMB

Izin Mendirikan Bangunan-IMB

Plang kuning untuk dipasang di depan

Plang kuning untuk dipasang di depan

KRK dari tata ruang

KRK dari tata ruang

peta lampiran KRK

peta lampiran KRK

Advertisements

64 thoughts on “Bangun rumah lagi (3) Urus IMB di kecamatan- akhirnya…

  1. Pingback: Mengurus IMB di Tangerang Selatan Bagian 1 | Keluarga Andrivito

  2. nashir setiawan

    Terimakasih informasinya, mudah2an menjadi amal yang baik bagi yang telah berbagi info kebaikan ini…

  3. Novi

    Pak Pahala,

    Terima kasih atas sharingnya ya sangat bermanfaat dalam menghadapi pegawai kecamatan saat mengurus IMB. Oiya, maaf sebelumnya saya link postingan ini di blog saya.

  4. jhon

    selamat pagi pak pahala, mau nanya saya kebetulan sedang renovasi rumah saya di tebet timr dalam.. awalnya rumah saya bocor terus akhirnya saya niat nge dak plus nambahin 2 kamar di lantai 2.. luas bangunan tambahan 40m2.. saat baru setengah jalan bangun, saya baru tau kalo rumah renovasi itu perlu IMB juga karena dapat surat kuning (peringatan) dr suku dinas pengawasan bangunan kecamatan tebet. kira2 gmn ya bargaining position saya klo urus imb sndiri. dan biaya IMB itu atas bangunan baru saja kan ya? terima kasih

  5. pahalanainggolan Post author

    mas, kalau retribusi resmi nya sih harusnya murah banget…bangun baru aja yg luas tanah 90 meter tingkat total bangunan 120 meter hanya 100 ribu..aku gak punya pengalaman untuk imb renovasi..logikanya sih satu step sudah terlewati yaitu urusan tata ruang..kan sudah pasti peruntukannya sesuai karena ada rumah induknya…jadi mungkin bisa langsung ke seksi imb aja mas..ketemu sama mas bambang di seksi imb..di kantor kecamatan itu di atas pintunya ada plangnya..ruang kedua dari ujung…bilang aja gak tau peraturan..dan sebagai warga negara yg baik ingin patuh…jadi minta ditunjukin dulu syarat syaratnya..kalau bisa dipenuhi ya kita penuhi..kalau tidak bisa..ya minta tolong saja gimana caranya agar warga negara yg baik ini bisa tetap merenovasi…

  6. asmat

    Wuah.. Maaf ane baru masuk nih, ceriteranya menarik.. Ane ngurus imb di kebayoran baru hampir 10 jt lebih untuk tanah 250 n bangunan 2lt. Itu ane minta tolong ama paman yg ngurusin karena waktunya dia ada dan beranian dikit. Ane ngga mau ngurus sendiri bukan apa2 .. Selain nyari duitnya harian.. Ane takut darah tinggi ane naik ngliat pegewai2 itu.. Bisa2 ratusan juta ane masuk rs. Sempruul emang.. imb dah jadi .. Tapi ngga ada gunanya.. Tuh surat2.. Ngga tau kmn tuh ane simpan sejak jadinya.. ane bikin imb supaya jgn dibilang orang betawi bikin rmh sembarangn gitu doang sih..
    Dulu babe ane bikin imb secara normal thn 70an.. Setiap meja ane liat hrs diselipin puluhanrib, ngga sabar nungguin jadinya .. Bangun aja dulu… lamaaa akhirnya tuh surat imb jadi.. Tapi sayang ane inget banget.. Imb jadi rumahnya dah keburu reot lagi.. keburu tua rmhnya…
    Maaf.. Ceritera ente menarik dan mantaap…! Mudah2an Mas joko baca…. Ada pegwai Semprul..

  7. jhon

    terima kasih atas tanggapannya pak pahala, saya baru mau coba urus besok ni pak pahala, karena kopi sertifikat baru keluar dr notaris bank kpr saya.. semoga tidak ada masalah..kalau surat lingkungan itu yg menyatakan tidak ada keberatan dr tetangga perihal pendirian banguan itu apakah ada form khusus di kecamatan? terima kasih..

  8. veronica

    ada kasus begini :
    pihak dev ga bisa mendapatkan IMB dari kecamatan d jkt selatan, padahal sebelumnya mereka sudah bangun 5 rumah & sudah ditempati…
    nah, otomatis kami belum bisa ajukan KPR ke bank.

    dev menyarankan agar kalau mau dibuat IMB KPR, katanya resikonya ga bisa dijual… dan KPR bisa diajukan di bank syariah…

    mau tanya, ada yg tau IMB KPR itu apa ?
    apa kemugkinan kerugian di masa yg akan dtg ?
    itu legal atau ilegal ?

    ada yg tau ga, kenapa proses IMB di kecamatannya ditolak ?

    Makasiiih

  9. pahalanainggolan Post author

    kalau kecamatan gak mau bikin imb ..salah satu kemungkinan peruntukan tanahnya bukan buat perumahan. jadi meskipun sudah sertifikat, tapi kalau daerah itu buat pendidikan misalnya, maka yg bisa dibangun disana hanya sarana pendidikan..kalau diajukan imb untuk perumahan tinggal..ya pasti ditolak…kecuali peruntukan sudah berubah..(ini sih urusannya dengan rencana tata ruang wilayah..n urusan gubernur)..

  10. faisalmarpaung

    Malam Bang, mau tanya rumah abang sebelumnya (bangunan tua) itu blm ber imb yah? Nah pas abang mengajukannya apakah rumah abang dirubuhkan dulu atau tidak? Dengar2 katanya klo mengajukan imb namun sudah ada bangunannya, akan kena denda sampai 8-10 juta apa benar bang? Mohon sharingnya, klo boleh aku minta nmr telp abang untuk tanya2

    Emailku faisaltoyota@ymail.com, bila berkenan abang boleh kirimkan nomor abang untuk aku telp

    Trims sblmnya bang
    Horas

  11. pahalanainggolan Post author

    rumahnya masih normal tapi tidak punya imb (maklum dibangunnya sebelum ada persyaratan imb). lalu aku rubuhkan semua… dan dimintakan imb nya…sambil dirubuhkan sambil diurus imb nya…. rasanya ngga ada tuh logikanya kalau sudah ada bangunan tua lalu bakal kena denda…sepanjang didirikan sudah sejak lama…mungkin denda itu untuk bangunan baru tanpa imb lalu dimohonkan imb nya kali…soal besaran dendanya aku gak paham…aku di 0811928700

  12. pahalanainggolan Post author

    kalo HO aku belum pernah buat, kalo IMB iya..dimulai dari persetujuan dari tata ruang dulu..baru dikasih IMB. di tata ruang itu ditentukan apakah tanah kita itu peruntukannya sesuai dengan yang kita inginkan

  13. pahalanainggolan Post author

    mungkin dah lebih baik..karena sekarang pelayanan di kecamatan/kelurahan kan model satu meja..jadi ada receptionist kayak di hotel yang nanti otomatis kita akan diurus oleh unit yang bersangkutan…kalo kita memenuhi semua syarat sih gak perlu kuatir kayaknya …pasti dikasih imb nya ..paling agak lama..gitu aja.

  14. eherera

    Pengalaman saya hampir sama dengan yang Pak Pahala alami, bedanya sampai sekarang IMB saya belum selesai karena gambar ada yang salah terus hiiiksss….
    nanti kalau sudah selesai saya akan share di sini

  15. pahalanainggolan Post author

    keliatannya lebih baik ikut gambar versi mereka …koefisien dasar bangunan dan sempadan terpenuhi..lalu aktual konstruksi ikut gambar kita sendiri-asal tidak terlalu ekstrim beda kayaknya…..toh sewaktu kita konstruksi tidak ada pengawasan sama sekali kok dari mereka.

  16. Heru

    Thanks infonya boss.. kebetulan qte juga tinggal di tebet dan mau ngurus IBM. Qte jadi tau nih prosedur dan prosesnya.

  17. Heriyanto J.

    Wouw .. Amazing pak itu sharing nya , dan benar sekali apa yg bapak katakan krn saat ini ( awal march 2014) saya sedang uruk KRK ….dan benar biaya retribusinnya hanya Rp 12.500… saya Bangga dan senang liat sharing bapak ini mengenai uRUS IMB di Tebet , diamana SAAT INI SAYA JUGA AKAN URUS IMB , dgn Keberanian pribadi dan NIAT BAIK , krn kami bayar pajak selalu ( saya dan istri ) , jika di lihat amount kadang gak rela kalo soal urusan publik kita di persulit , krn uang pajak kita hasil keringat utk bayar mereka .
    Memang saya kelbingungan mau urus IMB lewat CALO , or Lewat IMB online , or urus Manual di Kecamatan …
    saat ini bayangan saya urus Manual di kecamatan , or IMB online ,
    hanya semprul nya IMB online itu kalo kita ada pertanyaan gak di angkat tuh telp nya …

    Saya senang jika teman2 dan publik lain utk ” BERANI ” utk ke kecamatan tunjukkan bhw kita rakyat yg baik … Merdeka bagi Rakyat yg berani dan Baik..!

  18. Heriyanto J.

    Teman 2 saya beri sugesti : BERANIKAN DIRI ANDA di kecamatan , krn ini juga manusia , dan jika lapar sekali kita beri makan kita juga RELA ..
    Jadi jgn merasa takut berhadapan dgn manusia , mereka bukan Harimau kok .. 🙂

  19. Ronny

    Bang, saya lagi urus IMB juga neh di Kecamatan Jakarta Barat. Dari KRK Kecamatan sudah dibuat gambarnya, tp untuk block plannya, saya mesti ke walikota. Abang dulu jg ke walikota ndak? Untuk biaya urus KRK sudah habis 600 rb, untuk yg ukur, yg gambar dan terima berkas. Nanti di walikota utk gambar blok plan juga ada biaya sekitar 300rb lagi. Setelah selesai blok plan ambil di walikota, saya diminta balik lagi ke Kecamatan, dan berkas saya akan disidang lagi dan baru ditanda tangan oleh kepala seksi dinas kecamatan. Baru selesai KRK nya. Lalu kemana lagi ya Bang? Thanks Bang.

  20. Ronny

    Oya Bang, untuk gambar design rumah juga saya belum ada. Kata orang orang, minta orang dalam kecamatan aja yang gambar. Kira kira berapa ya Bang harga utk biaya gambar design rumahnya? Thanks

  21. pahalanainggolan Post author

    waktu itu sih gw gak pake ke walikota..itu dah bagian dari tugas mereka..jadi kolektif dibawa kesana….mungkin tanah nya luas ? aku akhirnya bayar 800 ribu untuk arsitek langganan kecamatan menggambar tanah 90 meter, bangunan tingkat 120 meter….sehari jadi. waktu itu aku sudah punya gambar arsitek benerannya..tapi tidak memenuhi koefisien 60% seperti yagn di KRK…jadi ditolak bagian IMB. lalu aku minta no telfon arsitek yang mereka biasa kenal..dan nongkrong di kecamatan.

  22. Harry

    Pak Pahala..sebelumnya terima kasih banyak atas sharenya..saya juga akan mengajukan IMB ke Tangerang Selatan,,,setelah baca share Pak pahala jadi terbuka pikiran dan tahu,,kalau ngurus IMB harus ada IPR, gambar harus sesuai KDB untuk jadi KRK..saya udah tanya ke RT, kelurahan dan telepon ke call center BP2T Serpong Tangerang tapi tidak ada yg menyebutkan IPR dan KRK sebagai syarat IMB..saya mau tanya bagaimana mengetahui koefisien dasar bangunan (brp %), apakah tiap daerah (jakarta dan tangsel) berbeda?sya udah ada siteplan dari arsitek yang akan mengerjakan rumah saya luas tanah 95m2 luas bangunan 70m2..
    adakah yang pernah mengajukan IMB ke Tangsel? mohon share..
    makasih Pak pahala..dari saya hape_4@yahoo.com

  23. pahalanainggolan Post author

    koefisien dasar bangunan itu ditetapkan pemerintah daerah berdasarkan area..jadi di surat persetujuan dari tata ruang disebut berapa koefisien yang diperbolehkan. proses awal di tata ruang kita belum dimintakan gambar rumah. nanti setelah dapat KRK barulah di bagian IMB dibandingkan gambar kita dengan koefisien yang diperbolehkan….kalau datang ke kantor camatnya langsung mungkin lebih jelas ya…

    2014-05-05 16:29 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

  24. saras008

    pak pahala makasih ya, atas blognya, berguna banget nih, imb saya udah tahap tinggal bayar retribusi skrd dan pingin ngurus sendiri. Di kecamatan kemarin karena tampang saya ibu rumah tangga pas datang ke kecamatan untuk ngukur rumah di cililitan 100 m, saya diminta krk 2,5 juta, saya pikir udah semuanya nggak taunya ngukur doang dan baru tahap krk, mana sudah setuju 2,1 juta, dan sudah bayar 1,1. pas saya baca blog anda baru tercerahkan. Besoknya saya bawa kameraman ke kecamatan, tuh orang kecamatan langsung gemeteran, dan semua uang saya dibalikin. ya, karena nggak mau jadi dzalim, kalau diambil semuanya, ya saya kasih 450, sesuai standarnya pak Pahala, (sebab mereka mengeluh, semua yang ada disitu bukan pns, cuma honorer dengan gaji kecil), trus saya ikut saran bapak, minta nomor tukang gambar ama orang kecamatan, habis 650 ribu (gambar plus scan, dan surat surat sudah rapi), lalu saya daftarkan imb online sendiri. Diproseslah tuh surat, kemarin tinggal turun skrd saya ditelpon kecamatan diminta duit sejuta, trus saya bilang urus sendiri saja, karna duit saya pas pasan, mereka mengiyakan dengan tampang tidak ihklas karna lewat online kita tau biaya retribusinya cuma 100 ribu, masak cuma nitip bayar sama ambil plang bayar sejuta. Makanya jakarta kacau balau petugas p2b, tata kota, dari ujung keujung niatnya meresin rakyat, dan setiap warga yang mau urus imb bertanya mereka tidak mau menjelaskan secara gamblang, serba rahasia rahasian biar ada celah untuk pungli.

  25. Gudang dijual

    I almost never leave a response, however i did a few searching and wound up here Bangun rumah lagi (3) Urus IMB di kecamatan- akhirnya | To Give….To
    Share….. And I do have a few questions for you if it’s allright.
    Is it just me or does it seem like some of the comments come across like coming
    from brain dead folks? 😛 And, if you are writing on other sites, I’d like
    to follow anything new you have to post. Would you list
    of the complete urls of your shared pages like your twitter feed, Facebook page
    or linkedin profile?

  26. tembakau

    hahaha,, ini batu yang namanya tulisan gak kaya blog tetangga sebelah ga bermutu tlisannya… berbagi cerita pengalaman jdi ane bisa ngurus juga kaya agan 😀 semoga ga seribet agannya 😀 thanks 😀

  27. Sharif

    Guys, sekadar info..kalau mau laporkan kebobrokan birokrasi di DKI bisa lewat LAPOR! UKP4..laporan yg masuk ke sini bisa tembus langsung ke pejabat terkait (termasuk pak Ahok).
    Biasanya kalau diadukan lewat sini, oknumnya langsung keringat dingin.

  28. eroji

    Terima jasa pembuatan gambar untuk ijin mendirikan bangunan atau biasa di sebut gambar IMB
    Kami ahli dalam pembuatan gambar IMB untuk Rumah tinggal / perumahan / villa / ruko / rukan / soho / gudang, dll

    Berikut list biaya pembuatan gambar untuk ijin Mendirikan Bangunan (gambar IMB)
    1. Bangunan dengan luas kurang dari 200m2 = 400rb
    2. Bangunan dengan luas 201 sampai 500m2 = 500rb
    3. Bangunan dengan diatas 500m2 = 600rb

    Lama pengerjaan 1 sampai 3 hari selesai
    Hasil gambar di cetak di kertas biru atau biasa di sebut Blue Print
    Ukuran kertas A1 sebanyak 3 lembar

    Hasil gambar kami antar langsung ke tempat anda / Via jasa pengiriman

    DISELURUH INDONESIA

    hp. 085888415678
    pin. 330dcb62
    email. eroji@rocketmail.com

  29. eroji

    kami berlokasi di BINTARO – TANGERANG
    Kami spesialis jasa pembuatan gambar ARSITEK dan gambar untuk ijin mendirikan bangunan atau biasa di sebut gambar IMB
    Kami ahli dalam pembuatan gambar IMB untuk Rumah tinggal / perumahan / villa / ruko / rukan / soho / gudang, dll

    Berikut list biaya pembuatan gambar untuk ijin Mendirikan Bangunan (gambar IMB)
    1. Bangunan dengan luas kurang dari 200m2 = 400rb
    2. Bangunan dengan luas 201 sampai 500m2 = 500rb
    3. Bangunan dengan diatas 500m2 = 600rb

    Lama pengerjaan 1 sampai 3 hari selesai
    Hasil gambar di cetak di kertas biru atau biasa di sebut Blue Print
    Ukuran kertas A1 sebanyak 3 lembar

    Hasil gambar kami antar langsung ke tempat anda / Via jasa pengiriman

    DISELURUH INDONESIA

    hp. 085888415678
    pin. 330dcb62
    email. eroji@rocketmail.com

  30. eroji

    Anda perlu gambar untuk IJIN MENDIRIKAN BANGUNAN atau IMB…?

    SEGERA HUBUNGI KAMI….!!!!

    Kami yang berlokasi di Bintaro – tangerang, menerima jasa pembuatan gambar IMB dengan biaya gambar yang sangat murah dan juga cepat (untuk rumah tinggal )

    ___Bangunan dengan luas dibawah 100m2 = 500rb
    ___Bangunan dengan luas 101 s/d 200m2 = 600rb
    ___Bangunan dengan luas 201 s/d 300m2 = 700rb
    ___Bangunan dengan luas 301 s/d 400m2 = 800rb
    ___Bangunan dengan luas 401 s/d 500m2 = 900rb
    ___Bangunan dengan luas di atas 500m2 = 1jt

    Lama pengerjaan 2 sampai 3 hari
    Hasil gambar di cetak di kertas biru atau biasa di sebut Blue Print ukuran kertas A1 sebanyak 3 lembar

    Hasil gambar kami antar langsung ke tempat anda atau kami kirim Via jasa pengiriman

    #### kami juga Terima Jasa Desain Untuk Rumah tinggal, ruko, Gudang, kos kosan, dll ####

    Untuk melihat biaya desain, Kunjungi blog kami. http://rumahdarfter.blogspot.com/

    Eroji
    hp. 085888415678 / 081297415678

    Terimaksih….

  31. Anonim

    Thanks atas postingannya pak. Saya mau share pengalaman saya yg sampai sekarang belum terselesaikan.
    Awalnya beli rumah tua, luas 98m2 di hoek dan sudah ber-IMB. Karena kondisi rumah sudah sangat jelek maka dirobohkanlah rumah tsb dan akan dibangun dari 0, sehingga pastinya perlu IMB baru. Dari awal saya maunya mengikuti aturan yang berlaku mumpung bangun baru.

    Sebagai orang yang awam sama sekali tentang perizinan, maka pengurusan IMB dilakukan seluruhnya oleh kontraktor rumah, saya tau beres. Dari awal proses dari penggambaran denah sudah melibatkan oknum kecamatan bagian P2B maksudnya supaya prosesnya bisa lebih cepat. Saya selalu tanya ke kontraktor apakah denah ini sudah menurut aturan? Karena kalo tidak ya dirubah dulu. Jawabannya semua OK dari oknum tersebut, pokonya bisa bangun. Keluarlah “ongkos” IMB sebesar 20jt (tentunya tanpa kwitansi). Kontraktor bilang dengan luas segitu ongkosnya cukup “normal”.

    Proses mulai berjalan dengan pembayaran bertahap, plang kuning keluar tapi bagian nomor IMB dikosongkan (katanya masih proses). Setelah konstruksi berjalan kurang lebih 5 bulan tanpa “gangguan” dan IMB sudah ditagih secara berkala, oknum tersebut lalu berkata bahwa IMB tidak bisa keluar karena alasan GSBnya melanggar. Lha? Padahal sebelum dibangun kan sudah dikasi liat denahnya? Saya langsung menduga bahwa biaya tersebut di atas bukanlah biaya IMB melainkan biaya “bisa bangun tanpa gangguan disegel”. Intinya kontraktor memohon ke dia untuk jalan keluar karena bangunan sudah dalam tahap finishing dan pastinya ga mungkin bongkar. Oknum jawab dengan santai: “Buat apa si IMB? Kan bangunan udah jadi, udah aman. Pake IMB lama aja.” Saya marah besar ke kontraktor pokonya saya mau ada IMB!

    Saya sempat berpikir untuk mencari “channel” lain atau malah apply secara resmi. Karena jelas2 kita dipermainkan oleh oknum ini. Tapi kontraktor bilang percuma, karena oknum ini adalah Kasudin, jadi menggunakan channel apapun ujung2nya bakal ke orang ini juga dan resikonya lebih besar lagi yaitu pembongkaran. Saya bilang ga mau tau: cari cara, pembangunan dan pembayaran saya stop dulu. Setelah didesak beberapa kali, oknum memberikan “jalan” yaitu IMB gadungan dengan biaya 4jt. Seminggu jadi.

    Sebulan kemudian tidak ada IMB, oknum susah ditemui (jam 8 sudah ilang), telpon ga diangkat, sms ga dibales. Saya bingung tujuh keliling.

    Saya sekedar curhat saja, sukur2 bila ada tanggapan jalan keluar yang lain. Tapi ini adalah cerminan betapa bobroknya aparat birokrasi dan korupsi di republik ini. Ahok sering dikritik berbicara ceplas ceplos dan kasar, tapi dengan mengalami sendiri birokrasi pemerintahan, saya rasa cara yang kasar sangat tepat sekali untuk menghadapi pelayanan publik yang super konyol.

    Terima kasih.

  32. pahalanainggolan Post author

    waduh..turut prihatin…sedikit tanya. IMB lama itu apa beda jauh dengan disain rumah baru..misalnya IMB lama 1 lantai, rumah baru 2 lantai…kalau tidak beda jauh..benar juga yg oknum itu bilang..tidak perlu imb baru. menurutku dengan imb lama..tinggal datang ke kecamatan minta revisi saja dengan gambar baru..kalau ada yg harus direvisi..gambar direvisi ..selesai. nanti di lapangan bisa dimodifikasi..asal tidak ekstrim dan mencolok. apa fakta rumah yang sekarang melanggar sempadan bangunan? (GSB)

    2015-07-13 13:21 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

  33. Anonim

    Beda total pak. Faktanya (setelah saya mengerti apa itu GSB) memang 1 sisi melanggar tapi ini setelah “dikonsultasikan” ke oknum tersebut. Dia bilang bayar “denda” saja.

  34. pahalanainggolan Post author

    haduh..kayaknya sulit nih..pd dasarnya gak ada sempadan n koefisien bangunan yg ditolerir..meskipun prakteknya nanti kalo bangun lebih gpp..liat aja tetangga kan bisa. sulitnya karena bangunan sudah jadi..posisinya jadi lemah banget. alternatif terjelek..pakai imb lama, lebih bagus..imb bodong juga gpp kayaknya..toh gak pernah dicek ato dikonfirmasi kok..yg lebh bagus lagi ato ideal..imb keluar dengan proses normal. kayaknya pilihannya tinggal itu..kalo mo proses ulang ato pemutihan sih..kayaknya bakal kelihatan lagi tuh sisi yg melanggar.

  35. Kurnia

    Sy mau urus imb renovasi rumah di Tangerang Selatan..nambah ruang & lantai..imb lama ada & status tanah hak milik. Tapi saya diminta mengajukan ijin penggunaan pemanfaatan tanah (IPPT) dan Permohonan Pengesahan Rencana Tapak. Apakah benar seperti itu ya? Rasanya kalo sudah terbit imb lama, mestinya lahannya sudah sesuai dengan tata ruang pemerintah.

  36. achmad

    Mohon info: untuk proses krk hingga imb; apakah bisa jika pakai pbb induk? (Shm sudah dipecah). Mohon penjelasan, terima kasih

  37. Astri

    Dear Pak Pahala,

    Saya juga mau share dan tanya, saya sekarang sedang proses pengajuan IMB, proses KRK kemarin sudah selesai, waktu pengurukuran kemarin ibu saya yang dampingi si tukang ukur dari kecamatan, berhubung ibu saya mikirnya nanti masih bakal terus berurusan sama si tukang ukur ini jadi ibu saya belum kasih “uang bensin” ternyata si tukang ukur cuma dateng sekali aja. tempo hari ibu saya ke kecamatan dan infonya KRK sudah jadi tapi tidak bisa dilanjut ke proses IMB dengan alasan tanah saya nantinya bakal digusur untuk pelebaran jalan. Ibu saya tanya “kapan? ada pemberitahuan secara resmi (tertulis) atau gak?” mereka cuma bilang belum tau kapan dan cuma ditunjukkin gambar rencana pelebaran jalannya. ujung-ujungnya ibu saya disaranin JUAL tanahnya ke Pemda dan nanti prosesnya dibantu dari kecamatan. katanya tinggal serahin fotocopy Sertifikat dll aja nanti terima beres.
    yang mau saya tanyain,apa iya kalau mereka juga gak bisa jawab kapan realisasi pelebaran jalan dan gak bisa menunjukkan surat resminya, terus IMB bisa ditahan dari mereka?
    baca cerita diatas jadi mikir apa ini cuma akal-akalan mereka aja supaya ibu saya keluar uang?
    karena disamping tanah saya itu kanan kirinya rumah-rumah besar dan gak mungkin dalam waktu dekat digusur, apalagi sampe saat ini juga gak ada informasi resmi soal penggusuran itu.
    Soalnya bapak saya udah meninggal, jadi untuk keluar uang sampe jutaan rasanya berat banget, apalagi kita cuma mau bangun rumah ditanah yg relatif kecil cuma 50 m2 dan itupun gak full dibangun smua, dan rumah itupun bakal dijadiin kontrakan buat “nyambung nyawa” sampe masa tua ibu saya.
    mohon masukannya ya 🙂

    Terima kasih
    Astri

  38. pahalanainggolan Post author

    teoretis memang seperti itu mbak. jadi untuk area yg sudah direncanakan untuk jalan, termasuk pelebaran, maka tidak akan diberikan sertifikat kalau itu tadinya tanah negara…dan imb nya tidak termasuk area yang masuk rencana. gilanya memang rencana ini tidak ada jaminan kapan…bisa berubahnya kalau rencana tata ruang dki berubah, dan rencana jalan itu dibatalkan..menurut saya sih pasti tidak akan dikasih imb nya..karena itu kan gunanya KRK..memastikan bangunan itu ketika diijikan berdiri di tempat yg tepat dengan proporsi yg tepat. saya pernah punya rumah yg disertifikatan..dari tanah negara..luas 160 meter tanahnya ternyata sertifikatnya jadi hanya 130 m karena kena potong rencana jalan.faktanya, bangunan saya sudah memakan seluruh 160 meter itu..dan terpaksa tanpa imb..karena tidak dikasih pemda. kalo gak pakai imb bisa dibangun..ya terpaksa tanpa imb saja..karena gak bakal mereka berani keluarkan imb di tanah dengan status begitu…

    2015-11-11 13:34 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

  39. adhi kurniawan

    Sy mao tnya ni mas…kebetualan sy sedang mengurus IMB rumah lama tp resmi gk pk calo..untuk dimasukkan ke bank rinciannya bgini
    1. Proses KRK 300 rb (org lapangan biar cpet)
    2. Retribusi 12 rb (resmi)
    3. Gmbar arsitek 1.5 jt (pk org dlm)
    4. Retribusi IMB (proses)
    nah yg sy tnyakan biasanya proses 14 hr kerja (kt org kecamatan) sy tnya bs gk 7 hri..dia blg cb aja kesini..d surat imb..7 hri sy balik ternyata blom jd dan diksh “SURAT PERNYATAAN BONGKAR BANGUNAN YG MELANGGAR” sy kaget..ktnya cm bwt pegangan aja..setelah baca2 bangunan itu hrus dibongkar dalam wktu dekat ini pada yg melangga4 GSB, GSJ dll..sy kaget..kok bs mpe segtunya..pdhal khan ni cm menetapkan bukan renovasi atau bangunan baru…mnurut mas..apa yg sy hrus lakukan..jujur sy nnti mao ngomel2 ke pihak kecamatan kok sampe bgini ribetnya pengurusan IMB..bs rugi donk..

  40. pahalanainggolan Post author

    ini ngurus di jakarta kan ya? lewat pelayanan terpadu? aku belum pernah sih urus jenis ini ..setau ku rumah lama itu pakai pemutihan namanya..coba pastikan deh. kuatirnya ini dianggap rumah lama masih ada..mo dibangun rumah baru..makanya suruh bongkar dulu…kalo aku selalu bilang sudah dibongkar..ato sudah rata tanah..jadi gak pernah dikasih surat seperti itu tuh. kalo 2 minggu sih gak bakal deh mas..pengalaman sih terakhir 2 bulan dari awal urus sampai jadi, lewat pelayanan terpadu nih…kalo bank nya mau..bisa gak pakai surat pm1 dari kelurahan..yg bilang kalo di lokasi ..sudah berdiri rumah sejak lama…

    2016-02-17 21:52 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

  41. stevenandrianto

    Halo, mau tanya nih mas, kalau gambar pengajuan untuk IMB itu sudah pasti harus mengikuti GSB, KDB, KLB dsb nya yah? Atau bisa mengikuti dengan gambar yg kita mau (artinya ada pelanggaran).
    Kalau memang begitu berarti ada 2 versi gambar yah?gambar utk imb dan gbr untuk pelaksanaan?
    terima kasih

  42. pahalanainggolan Post author

    gambar utk IMB harus memenuhi semua kaidah tadi. kenyataan di lapangan boleh saja diubah asal jangan drastis. agar tidak menyolok

    2016-03-31 12:13 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

  43. abdul

    Mas mw tnya jg nh,

    Saya lg urus imb rumah kos nh tp udh jadi tp lewat calo. dan lg dlm pekerjaan anehnya pada saat proses gambar, saya ksh gmbr sesuai keinginan saya tapi dia blng kalo gambar yg penting masuk izin aj dl ( gmbrny jauh beda ) nanti ngebangunnya gpp pk gmbr saya, sm seperti kejadian yg mas alami, setelah saya mulai pembangunan si calo blng saya harus bayar koordinasi utk kecamatan dan walikota 60 jt krna bnyk plnggaran, slh satunya GSB dll, dan sy sdh kasih 10jt, sy mnta dikembalikan uangnya, dia blng duitnya udh dibagi-bagi sm orang kecmatan karena sy blng sy mw resminya aj dan sy tdk mau byr lg, beberapa hari kemudian petugas walikota dtng ke lokasi menanyakan pelanggarannya, saya jd bingung apakah dlm pembamgunan rumah ada pungutan liar ky gitu ?, gmn solusinya ya mas, bisa ga ya saya buat imb perubahan dr imb yg kmren karna saya jg mw taat aturan ky mas pahala, hehehe

  44. pahalanainggolan Post author

    haduh ..kalo rumah kos setahu ku memang rada susah tuh imb nya..kalo resmi ya. terakhir aku lihat di imb nya disebut tidak buat usaha dagang dan rumah kos…jadi memang sudah pasti melanggar mas..nah kalo sudah lewat calo plus sudah diketahui pelanggarannya..pilihannya cuma ikut gambar yang imb persis..dengan resiko gak jadi rumah kosnya …ato ikut aturan calo….kalo mo balik lagi ke jalur normal keliatannya dah gak bisa mas..wong sudah terbit imb nya..

    2016-04-08 3:11 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

  45. Mulyadi

    Pagi mas, saya punya tanah yang udah ada imb nya tapi imb dengan rumah tipe 36, rencana saya mau bangun tipe 70 atau lebih.. kira2 bagusnya ngurus imb baru atau renovasi imb ?

  46. nitha purba

    Malam ito pahala..
    Pengalaman nya sama persis seperti yg saya alami skrg..waktu itu saya dikenakan biaya 3 jt untuk biaya gambar yg sesuai dgn peraturan tata kota jakarta barat krn katanya gambar saya tidak disetujui..harus ada ruang terbuka hijau 4 meter dari depan 4 meter dari belakang..dipikiran saya nah mau apalagi yg mau saya bangun sementara luas tanah saya cuma 5×15 ?? Petugasnya bilg “ini cuma biar lolos aja imb nya bu nanti ngebangunnya tetap pake gambar sendiri aja” ok saya setujui sesuai usul mereka
    Setelah bayar dan urus semuanya selama 1 bln jadi deh imb saya beserta plang kuningnya..
    Lega dikit ternyata jd jg ngebangun rmh…..

    Nah setelah 3 bln ini berjalan bangunan saya, datang surat peringatan dari kecamatan yg menyatakan bahwa bangunan saya melanggar GSB
    Krn cuma mundur 2 meter dr depan sementara di imbnya mundur 4 m,,saya disuruh kesana
    Perlukah saya menghadap kekecamatan ? Saya takutnya tar UUD lg alias ujung2nya duit..biaya ngebangun aja uda setengah ampun nyarinya..
    Apa yg harus saya lakukan untuk masalah ini ito pahala saya takut bangunan saya blom selesai malah disegel lg…thx ito sebelumnya

  47. pahalanainggolan Post author

    sempadan itu kan berdasarkan lebar jalan di depan rumah ..50% dari lebar jalan..itu garis sempadan rumah. kalau ruang terbuka itu urusannya dengan koefisien dasa dr bangunan..kdb..yang ditetapkan tata ruang sebelum IMB dimohon…biasanya persentase..misalnya 60%…artinya hanya 60% dari tanah yang boleh dibangun..atao 40% luas tanah harus terbuka… buatku kurang jelas..4 m depan dan 4 m belakang terbuka itu urusanya KDB ..kalau 4×5 meter depan..4×5 meter belakan..total 40 meter..dari luas tanah 75 meter..artinya KDB kira kira 45% ya..coba cek dulu. 2 meter dari jalan itu urusan sempadan..yg ditegor kecamatan kan sempadan..apakah jalan depan rumah 8 meter? kalau iya..artinya 4 meter itu sempadan yg memang tidak bisa dirumah..bagusnya menghadap saja..minta solusi kayak apa. aku selalu taruh carport sebagai raung terbuka..dan di depan rumah..supaya sempadan tetap bisa digunakan..nanti tinggal ditutup canopy aja..

    2016-06-12 22:39 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

  48. Ayu

    Mas, saya rencananya mau urus IMB sendiri nih, kebetulan rumah saya sudah jadi dari sejak tahun 2000, apa bener ya bakalan kena denda banyak karna baru urus IMB sekarang? Mohon pencerahan, bener” ga ngerti masalah kaya gini, kemarin kalo pake calo kena sampe 15 juta, pengennya sih sebisa mungkin menekan biaya,

  49. pahalanainggolan Post author

    kalo di jkt bagusnya dateng aja langsung ke kecamatan..lihat syarat2 nya dan biaya juga. sudah lebih terbuka kok semua sekarang ini…kalo sudah jadi bangunannya masuk kelompok imb pemutihan..

    2016-06-28 11:35 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

  50. Nita

    Pak, saya rencana mau urus IMB karena KRK sudah jadi, boleh di share nomer telp arsitek yang beredar di kecamatan ga?

    thanks.

  51. Aguuuuussss

    Pak,3 tahun lalu saya sudah renovasi rumah saya jadi 2 lantai dengan luas tanah 60 da luas bangunan 120.cuma UMB saya msih yg asli dari devloper(21/60).krna sy g tau klo renov itu hrus ada IMB juga.bisa g d ajukan pinjaman ke bank?kalopun hrus urus IMB dulu kena biaya brapa?

  52. nuraini

    Pak pahala, saya kan sedang renovasi rumah, namun tidak merevisi IMB lama krn memang tidak tau kalau ternyata renovasi harus ada IMB nya, saat ini prosesnya sudah berjalan 50%, renovasinya memang cukup total, dari sebelumnya 1 lantai menjadi 2,5 lantai, dan kemarin saya menerima surat teguran dari dinas penataan ruang untuk penghentian pekerjaan dan panggilan ke kantor dinas, mohon saran utk case saya ini, terima kasih

  53. pahalanainggolan Post author

    waduh …rasanya tidak ada cara lain selain datang menemui mereka dan minta advis apa yang harus dilakukan…untuk mengkoreksi kesalahan ini…

    *http://sudah-sore.com *

    2017-04-19 6:58 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s