Kolam ikan di teras

Kolam ikan yang di belakang rumah menunjukkan bahwa pertumbuhan ikan berbeda beda. Ada yg bongsor, sehingga jadi besar..dan sebagian tetap kecil. Distribusi makanan setiap pagi jadi tidak adil. Yang besar perlu banyak sedangkan yg kecil tidak segitu perlunya. Nah kan kesian sama yang kecil kecil..jadi ada rencana memindahkan yang besar besar ini. SEbenernya sih dibuang ato dikasih orang aja bisa yak. tapi biar ada alasan untuk bikin kolam ikan baru aja.
Sebab berikutnya…rumput depan pada beberapa tempat tidak tumbuh. Jadi botak kelihatannya. nah ini kan gak bagus. ternyata penyebabnya di daerah yang gundul rumput ini memang daerah rindang, sejuk dan tidak pernah kena panas. jadi tentu saja susah rumputnya tumbuh. mending dibuat kolam ikan ya. klop kan dengan dua alasan itu.

kolam ikan depan 5a

 

Nah kan keliatan dekat sepeda itu..ada teras turun sedikit..rencana mo dibuat mengelilingi teras kecil itu..ya ukuran 40 cm lebar nya..dan bentuk huruf U..jadi total panjang kolam sekitar 3 meter lah. ide dasarnya ..malam malam..nongkrong di teras kecil itu..sambil ngeliatin ikan bersliweran..sedap kan.

jadi dimulailah acara bikin kolam ikan depan ini. Untuk urusan gali menggali..nggak deh, ini kerjaan berat banget..gw keliling pake sepeda dekat dekat rumah nyari tukang tanah. ketemu..n ongkos gali nya 200 ribu..tapi tanah galiannya buat dia ..soalnya dia ini tukang jual tanaman..ok aja sih. gw juga binun mo buang kemana nanti tanahnya..ternyata banyak banget tanahnya…ada sekitar 20 karung besar..wedeh. kolam-ikan-depan-7

 

Gak sampai 3 jam galinya dah selesai..bentuknya dah jelas kayak apa. Tinggal aja sekarang bikin alasnya..lalu bikin dinding kolamnya. Nah kalo ini sih gampang aja..dindingnya pake hebel yg 7.5 cm tebalnya..lalu alasnya kasih aja mortar plaster..tinggal campur air..tumpahin aja ke alas..lalu kira kira aja supaya rata. Kirain gampang ini kerjaan..ternyata seharian ..dari pagi sampai sore ngerjainnya..duh pinggang pegal banget. Ini sudah jadi dibuat dindingnya..lalu diplaster..tapi karena males..pake aja deh acian mortar..tinggal dilabur aja..agak tebal. lalu alas bawah juga dilabur acian..ditunggu kering deh. pasti jadi sekeras batu nantinya…kolam ikan depan 6

Jangan lupa diwaterproof dulu..jadi kalo bocor nanti dindingnya..kan masih ada waterproof dilapisan bawahnya…nah ini dah gw waterproof..agak hijau warnanya. Lumayan juga deh..lalu biasalah..malas kambuh..lalu didiamkan saja berhari hari..sambil merancang alasnya pake granit yang ukuran 30×60 cm aja ..ato batu alam yak..lalu dindingnya juga begitu..tapi bongkar bongkar gudang ada sisa granit..motif batu alam..ya sudah itu aja dipasang buat alasnya. Nah masang granit ini bikin pinggang lebih kaku lagi..jadi mending gak usah dicoba deh..biar aja tukang yg ngerjain..mereka sudah terlatih irama kerjanya..dan ada kenek yg bantuin..kalo gw kan sendirian..jadi pegal. nah untung ada tukang..tinggal bilang aja tologn selesaikan dengan menempel batu alam aja ukuran 20×40 cm..butuh sekitar 5 meter persegi dengan harga permeter 125 ribu …tempel aja pake semen biasa ..gak usah mortar lagi. soalnya dinding buatan gw ternyata gak lurus banget..jadi kalo mo lebar kolam 30 cm ada bagian dinding yang harus ditambah tebalnya 5 cm !!! kalo mortar bisa habis banyak..dan gak bisa sekali pasang..harus selapis 2-3 cm dulu..dan tunggu kering. kalo semen plus pasir kan bisa 2 lapis dan lebih murah pastinya. Tukangnya kerja 3 hari aja…dan selesailah kolam ini…cuma satu yg belum..ngisi nat ato jarak antar batu..gw beli nat hitam..tapi dia gak biasa masang..jadi terpaksa gw juga yg masang seharian..pakai kape..plus busa dicelup air..jadi kalo nat nya beleber ato luber ke batu..tinggal di lap pake spons..lalu dicelup air..dilap lagi..supaya kalo kering gak mengeras dan merusak permukaan batunya.

kolam ikan depan 2 ini dah jadi..tinggal aja rumputnya dibenahin lagi..karena botak botak diinjak tukang plus kena semen..makanya perlu dibuat gembur dan ditambal rumput lagi. Semoga ikannya hidup..kolamnya tidak bocor…

kolam ikan depan 1

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s