Ternyata tokcer bener..gak sampai 3 minggu, Surat Ketetapan dikeluarkan..artinya tanah itu sudah menjadi milik pemohon alias gw sendiri. Selanjutnya tentu saja mendaftarkan hak ini menjadi Sertifikat. Karena dari asal tanah negara, maka jadinya Sertifikat Hak Guna Bangunan dulu ato biasa disebut HGB. Disini disebutkan hak nya selama 20 tahun sejak sertifikat dikeluarkan..nanti kalo sudah habis, diperpanjang bisa aja..bayar ke negara juga..gak tau berapa. Kalo mo ditingkatkan jadi Sertifikat Hak Milik..bisa aja kalo memang peruntukan wilayahnya untuk pemukiman ato wisma sedang…tinggal minta peningkatan ke BPN n bayar 2% dari NJOP kalo gak salah.

Intinya dengan adanya surat ketetapan ini maka sudah bisa diurus IMB nya…plus harus diurus satu langkah lagi yaitu pendaftaran hak supaya dapat sertifikatnya. Untuk mendaftar ini perlu daftar ulang ke loket BPN Jakarta Selatan yang di lenteng agung itu..waktu ke loket dibilangin bahwa bukti setor BPHTB dan SSP untuk pajak penjualnya harus diverifikasi. Nah ini dia yg gak jelas..BPHTB itu kan penerimaan buat pemerintah daerah, jadi bukti setornya harus diverifikasi di kantor kecamatan. Pelayanannya? he..he…he…namanya juga kantor camat, buka sampai jam 2 aja..mulainya gak jelas. akhirnya ketemu juga orang yg ngelayanin..minta verifikasi pak..eh jawabnya ogah ogahan banget…alhasil dijanjikan 1 minggu..tapi sms dulu yak…wedeh..gw bayar pajak dari keringat sendiri buat bayar gaji ini orang..eh pas gw minta pelayanan..disuruh seminggu plus sms dulu sebelum yakin dah jadi belum. padahal cuma verifikasi aja..artinya cuma meyakinkan bahwa bukti setornya BPHTB nya gak palsu. Ini aja butuh seminggu plus gak jelas jadi ngga nya..plus pelayanan model gombal. dasar deh kecamatan…tulung pak jokowi..tulung..tulung….he…he..he..gw berharap banyak banget deh sama orang ini.

bukti setor pajak penjualan itu sebenarnya milik yg jual..tapi kok ya gw sebagai pembeli diminta juga ya..akhirnya gw minta dulu ke notarisnya. dikasih dan gw bawa ke kantor pelayanan pajak pratama tebet…nah disini keliatan bedanya pelayanan pemda dengan kantor pajak..3 hari pasti jadi, pelayanan anak anak muda yg sangat ramah sopan dan tanggap. dasar deh SDM pemda memang inputnya kayak gitu sih..susah benerinnya pasti.

Seminggu BPHTB nya..gak dipenuhi..dah di sms..gak dijawab..pas gw datengin eh belum jadi…semprul kan. lalu dua hari lagi gw dateng..baru jadi. kalo SSP pajak penjualan sih dah jadi. Gw bawa ke BPN untuk lapor ke loket..sukses diterima pendaftaran. Katanya sih bakal jadi kurang dari sebulan..dan gw bayarnya juga bisa kurang..5,5 juta untuk 2 persil 90 meter masing masing..lumayan deh. tapi lain kali sesudah gw tau prosedurnya..gw akan urus sendiri..n gak bakal gw mau bayar bayar gini…wong gak ada salahnya kok surat surat gw..lengkap semua. awalnya aja ditakutin kalo ini surat pelepasan haknya gak ada..yg ada cuma penggunaan tanah saja..jadi tidak dianggap terjadi perpindahan hak dari pemilik awal..yg dapat hak dari yayasan gelora bung karno.

Sekarang ini belum jadi..tapi nanti ya, kalo dah jadi gw kabarin lagi.

Advertisements