Menghilangkan noda karat air

Pembantu pada pulang….enak juga bersih bersih. soalnya kalo ada mereka nanti tersinggung. Pas sikat gigi pagi, lihat keran..wuih..banyak bener noda noda bekas air..alias karat air. Teringat nasihat pakar rumah tangga alis domestik manager yg bilang kalo karat air itu dihilangkan dengan soda. Untung ada baking soda…jadi mulailah kerjaan menyulap kran air dari yg suram karena tertutup bercak ..eh nambah lagi..keran wastafel, keran shower..n kaca pembatas shower…
Pertama sih siapkan saja baking sodanya..sama lap kecil..kecil banget..buat gosok baking soda ke kran nya. Basahin lap nya..taruh baking soda secukupnya..lalu gosok..kalo sudah halus sodanya..siram air. masih belum hilang juga? taruh lagi sodanya..n gosok…lama lama juga hilang.
Kedua, ada karat air yg dah lama. digosok 3 kali gak hilang juga…nah kalo yg ini sih gak pake halus lagi pendekatannya. Amplas !! tapi jangan keburu nafsu..pake amplas yg nomor 1000 dulu..kalo ada yg bekas. jangan ditekan..nanti kalo baret alias tergores lapisan stainless steel nya..gak bakal bisa recover…jadi gosoknya harus pake sambil disiram air..dan dielus saja..jangan ditekan sama sekali..pelan pelan saja..dan hanya di daerah yang bercak masih ada. ini gunanya ampl
Ketiga, kalo masih ada juga..korek aja pake kuku..biasanya rontok sendiri..dah lunak soalnya…

Soda ini aman buat lapisan vernikel ato stainless steel, karena dia hanya berreaksi terhadap kapur..noda air itu. melunakkan sifatnya..makanya gak berreaksi dengan lapisan metalnya. Kalo amplas itu mekanis saja. dengan butiran kasarnya dia menggerus lapisan kapur..makanya pelan pelan saja..dan pakai amplas halus sekali. Kalau terlalu keras..yg kena lapisan metalnya..n pasti tergores. Baking soda yg gw pake itu belinya murah..8 ribu perak katanya. amplas halus itu belinya di toko cat mobil….cari yg merk bagus..di depo bangunan ato mitra pasti ada..selembarnya 4 ribu. kalo lagi mujur bahkan ada yg nomor 1500..ini halus banget. kayak permukaan kain saja. amplas ini bisa kena air..jadi supaya lebih efektif, sambil diamplas, sambil diberi air..supaya abunya mengalir..dan tidak keamplas lagi..Amplas bekas enaknya dia sudah tumpul permukaannya..jadi malah lebih aman.

Yang rada susah itu kaca. Rupanya noda airnya dah berat banget..liat aja sudah begitu suramnya. Kena air shower..plus cipratan sabun mandi..dan gak pernah dibersihkan. Jadilah lapisan tambahan warna putih susu. Kalo ini sih gak pake soda lagi. Langsung aja diamplas. Gak usah kuatir baret..kaca itu permukaannya kuat keras. Gw pake amplas 400 aja langsung..soalnya dah parah. Kesat rasanya..makanya dikasih sabun dulu..ikut ikutan kalo ngamplas bodi mobil. nanti keliatan larut kapurnya..soalnya warna air amplasnya jadi putih susu…gak bisa sekali juga..3-4 kali..masih juga sisa…walaupun gak banyak lagi. Ambil kuas n penghilang jamur kaca mobil..tapi gak ampuh…gak efektif. Jadi kombinasi aja. dikuas dulu cairan pembersih jamur kaca mobil..lalu diamplas…lumayan hilang juga lapisan terakhir yang paling susahnya. Pokoknya rasanya berkelahi nih sama karat air di  kaca…eh gak taunya kata ahlinya..pake cuka plus air rasio 50:50..lah.sudah terlanjur capek..ya sudah lah..next time dicoba.

Ini foto fotonya..sebelum dan sesudah acara bersih bersih yang makan waktu kurang lebih 3 jam deh.

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s