Bangun rumah (15) -waterproofing alias anti bocor

Belajar dari pengalaman betulin bocor kolam ikan..untuk rumah kali ini waterproofing nya perlu riset kecil2an. Ada 2 macam waterproofing di pasar, ada yang berbasis elastomeric…lebih mahal, satu lagi berbasis poly apa gitu..satu peel 20 kg, yg elastomeric dari pelbagai merk gak ada yang dibawah 1 Juta harganya. sedangkan yg poly apa gitu..malah gak ada yang diatas 1 Juta.

Buat gw yg awam sih simple aja, ada waterproofing yang hasilknya kayak lapisan karet…misalnya aquaproof ..itu yang biasa dijual di toko bagunan dan banyak dipakai tukang. karena lapisan akhirnya kayak lapisan karet..perlu secara reguler diperbaharui..bayangkan kalo lapisan karet kena panas hujan bertahun-tahun…ato kena benturan, pasti robek…dan bocor. Nah, jenis ini enaknya dipakai di dinding aja. coba deh lihat rumah yang dinding luarnya warna abu-abu. itu dia pakai model aquaproof. jadi menghasilkan lapisan tambahan yang elastis. Untuk tembok samping yang ke tetangga, aku pake produk Sika Rain tite, satu peel nya 20 kilogram relatif murah (lagi discount di depo bangunan) harganya waktu itu 450 ribuan..bandingkan dengan aquaproof yg sudah 600 ribuan.

Untuk bagian rumah seperti dak beton, kamar mandi dan sejenisnya, gw pikir gak pas tuh pake yang model membentuk lapisan gini. jadi gw pake deh jenis berikutnya yaitu jenis 2 component. Biasanya terdiri dari komponen cair ato pasta, satu lagi komponennya bubuk kayak semen. Nah jenis ini banyak banget merknya di depo bangunan, AM122 ato Sika 107, Bita, Cement Aid (ini yang gw pake betulin kolam ikan dan manjurrr), mortar juga ngeluarin produk ini. totalnya jadi binun mo pake mana. tapi liat aja tutupan per kg nya, artinya satu kilogram bisa buat berapa meter persegi untuk 2 lapis (umumnya menganjurkan dilapis vertical dan horisontal). rata-rata 2-4 meter persegi. Nah dari angka ini kita hitung berapa luasan yang akan diwaterproof…plus pemborosan 20% lah. AM 12 relatif lebih murah..240 ribu di Mitra 10 kalimalang, kalo Sika 107 sekarang di depo bangunan sedang sale 320 ribu untuk 20 kg dari harga normal 375 ribu.

Untuk lantai 2 teras belakang rumah, ini kena hujan alias area terbuka, dasarnya panel lantai hebel. Kalo langsung diwaterproof bisa boros banget. jadi aku suruh tukannya diratakan dulu permukaannya dengan mortar screeding ..satu zak 30 kilo hanya 31 ribu..ini kayak semen buat plesteran aja. kalo sudah rata dan halus, baru diwaterproof..jadi kan hemat, baru ditimpa dengan keramik/granit lantai. OK kan idenya, tukang ngerti? ya..jelas. tapi begitu dijalanin..he..he…liat aja hasilnya…gak dikerjain !!. alias panel lantai diaci dengan siraman semen cair..dibiarkan kering, baru dikuas dengan Sika waterproofnya..maksud gw kalo discreeding dulu kan rata n halus, jadi waterproofing nya bisa pake roll, biar cepet..nanti masang lantai juga lebih enak..tapi ya sudahlah , yang penting dah terlapis..2x.
Jadi untuk tembok samping yang ke tetangga aku pake Sika Rain tite, untuk dak beton, kamar mandi aku pake AM 122 yang 2 komponen dicampur. oh iya untuk sika…mereka juga jual cairan aja, jadi semen pencampur sendiri. Tapi aku beli yang langsung ada semen dan cairan aja..cairan di jerigen, semen di zak.

Sebenernya waktu cor dak beton dulu sudah dicampur cairan namanya Damdek. Ini merk yg tukang sangat hafal..ternyata ini cairan untuk penguat beton, lekas kering dan waterproofing juga. Tapi terus terang,menurut gw kurang meyakinkan keterangannya. di labelnya gede2 diklaim bahwa ia 3x kali lebih OK dari waterproof lain..di label tuh ditaroknya..bukannya harusnya iklan nya yang begitu, labelnya yang rada seriuslah, informatif gitu. Biar aja pembeli yang menilai. Damdek ini ada di hampir semua material alias toko bangunan di perumahan..jadi gampang diperoleh. Untuk satu kemasan dua liter harganya sekitar 45 ribu. Cairan ini dicampur air 5 liter..Nanti satu adukan molen jalan, biasanya semen satu zak ukurannya, dikasih air campur damdek ini segayung ato dua gayung. kalo tukang bilang betonnya lebih cepat kering (biasanya 2 minggu baru dilepas bekistingnya, kalo pake obat, seminggu mereka dah berani lepas..kecuali yg ngegantung…)

Hasilnya, untuk atap, dinding tetangga..dah berapa kali hujan..gak tembus. untuk kamar mandi, dah diwaterproof yang 2 komponen..disiram air pas sudah kering..airnya gak kurang alias gak tembus lantainya. Nah dengan 3 jenis waterproof ini, damdek waktu campur beton, AM122 untuk permukaan lantai, atap dak beton..lalu Sika Raintite untuk dinding luar yang menghadap ke tetangga. websitenya sika sangat informatif untuk jenis-jenis waterproofing..tapi harus dipastikan dulu ada di pasar ato ngga…soalnya banyak yg buat kelas industri aja..jadi gak nongol di depo ato mitra ato material deket rumah…

Semoga gak ada bocor….

17 thoughts on “Bangun rumah (15) -waterproofing alias anti bocor

  1. Infonya sangat membantu pak

    Saat ini saya sedang ngedak rumah, tp berhubung dana ngepas buat lanjut bangunan lantai atas jadi stop dulu

    Nah buat mengatasi dak tidak bocor ato rembes karena sementara berfungsi sebagai atap, mesti di waterproof yg bagaimana mana ya

    Thx

    Like

  2. Rumah sy atapnya pakai panel hebel…tiap hujan selalu bocor….sy sampai pusing. Sdh di tambal dg no drop tp tetep sj bocornya. Malah kl hujannya deras disertai aangin, bocornya bisa kemana2. Gmn solusinya pak. Makasih

    Like

  3. bagusnya dilapis pakai peluran kayak untuk masang keramik satu lapis..kalo gak luas pake mortar saja.ada yg untuk screed….dibuat kemiringan yg cukup baru lah dilapis waterproof yg dua komponen…kalau langsung dari hebel pasti bocor…

    2014-05-13 22:13 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

    Like

  4. Sy punya glasbok yg memang ditempatkan diatas biar yg dibawah jadi terang, tapi pas musim hujan dari glasbok tsb ada rembesan air, kira2 gimana tuh solusinya, tks

    Like

  5. Yang butuh jasa kebocoran nih , daerah surabaya sekitar (luar kota juga bila volume besar) dak bocor,kamar mandi ,dinding, balkon, tandon beton dll .ditangani dg dua cara. waterproofing sikatop 107, sika raintite ,atau menurut masalah kebocoranya.juga jika utk kmr mandi yg netes ke plafon ruangan bawahnya dg cara injeksi.
    Hub 085608036310 atau pin 75F43D10 Ngomong2 nih yg bikin TS nih meski sy liat bukan orang proyek/subkon waterproofing tapi analisanya mengenai kebocoran sudah mantap.segala perlakuan bahan dan penempatan jenis bahan sudah benar .
    Salam hormat saya …

    Like

  6. Klo ada yang minat Waterproofing AM 122 bisa konfirmasi ke saya harga 266.900 25 kg daya sebar 12 m2 2x lapis..beli 2 set dapat vocher alfa mart 100rb..ayo buruan order 085717098899

    Like

  7. Hi Pak Pahala, mau nanya untuk kolam ikan, apakah AM122 bisa di pakai ? Kolam ikan saya adalah kolam baru belum pernah di masukin ikan. Awalnya tidak bocor selama -/+ 2 minggu terus air menyusut secara perlahan lahan. Rencana mau saya pakaikan Am122.. Sbelum nya kolam di pakaikan aquaproof dan di cat U-POX.. Apakah bisa langsung di timpa dengan AM122? Mohon informasinya. Terima kasih.

    Like

Leave a comment