Urus Dokumen-Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)

dari pelbagai sumber di internet, ngurus IMB nampaknya memang urusan yang bukan sepele. tadinya gw pikir mo urus sendiri, sesuai aturan, biarkan waktu yang menyelesaikan. tapi kayaknya kali ini harus menyerah..dan untunglah menyerah. karena kalau tidak..he..he..bisa mati konyol. rimba peraturannya luar biasa..tidak masuk diakal pada beberapa sisi..sangat mahal biaya pengurusannya..bukan soal iurannya..tapi waktu pengurusannya…dan jangan lupa, segera lokasi kita masuk radar pengawasan aparat.

sekitar tengah desember gw transaksi beli rumah 205 meter persegi tanahnya. rumah tua dan akan dibongkar serta dibangun 2 lantai..total luas lantai paling 250 meter saja, karena banyak area terbuka dan tidak full 2 lantai. kenapa harus menyerahkan pengurusan ini kepada aparat kecamatan…

Pertama, gw belum punya gambar ..arsiteknya lagi dicari. jadi gw dateng ke P2B kecamatan, ketemu aja dengan salah seorang di ruangan yg punya meja..jangan yg lagi nongkrong-nongkrong..gak jelas kan dia unit kerjanya mana. mending datengin aja yg lagi duduk di meja bagian P2B, lebih tepatnya lagi sub seksi IMB. Nah, pengalaman kalo nego dengan aparat..to the point aja, gak usah ribet-ribet..utarakan keinginan kita..kondisi sebenarnya..dan berapa.
Duaaaaaaaaarrrrr ! gw langsung bicara gitu n beliau terkaget-kaget. gw bilang, mari kita bikin urusan mudah pak. dia setujua seribu persen..gw bilang kalo harga masuk diakal, gw beli langsung. dia ngomong gak jelas..rada bisik-bisik..lalu bilang pelan banget…di belakang, cowok yg lagi duduk main HP itu wartawan..jadi ntar aja nego nya…wuih..pantes aja dia selalu bicara normatif..ngomongnya peraturan terus..harus gini harus gitu..padahal gw dah bilang mo minta tolong…
gw baca situasinya…cepat gw ngomong keras-keras..baik pak, saya akan lengkapi berkasnya dan urus segera…tentunya sesudah dapet no hp orang kecamatan ini dong…
Siang gw call n ketemuan lagi..tentu dalam suasana yang sudah lebih relax…gak ada orang sama sekali di ruangannya. ceritalah dia kalo wartawan suka meras..makanya dia lebih suka keluar ruangan, n urusan duit lewat tukang parkir aja..he.he..he.kayak mafia palermo aja neh.
singkat cerita gw bilang ini dokumen yg gw punya, akta jual beli, copy sertifikat…dua2nya dah dilegalisir sama notarisnya, plus copy KTP kita. sisanya gak ada apa2 lagi..sekarang berapa biayanya. dia bilang karena luas lebih dari 200 meter, keliatannya harus ke walikota, tapi liat deh.nanti dikoordinasikan dengan bagian advis planning..nah ini kata gw suka banget..dikoordinasikan. bahasa aparat ..artinya bisa diatur sepanjang semua aturan dipenuhi..he.he..he..ada aturan, ada harga, bayar penuh. gambar? gak punya sama sekali, lagi dibuat..paling bisa keluar denah ruang aja..OK gak masalah, berarti gambar dari kita ya..katanya..setuju boss..keluar deh angka 8-10 juta. gw cepat aja bilang deal 8 ya. berapa gw harus kasih dulu…modal percaya aja. 3 juta. done !

Kedua, aturan IMB itu bener2 ideal dan sangat bagus. bayangkan sempadan bangunan …1/2 kali lebar jalan depan rumah. harus dipenuhi. jadi kalo jalan depan rumah kita lebar 8 meter. artinya dari bangunan kita yang terluar ke selokan gak boleh kurang dari 4 meter…jadi bisa dipastikan bahwa kalo aturan ini dipenuhi, semua pasti punya taman depan…kalo mo pake teras..lebih mundur lagi..karena teras sudah dihitung bangunan. kebayangkan rumah yg temboknya nempel langsung ke jalan apa artinya..melanggar total !!! kebayang juga kalo rumah kita di hoek alias di sudut..gak ada cerita tuh bangun tembok habis di salah satu sisi jalan..harus disisain di dua sisinya..ampun..berapa sisa tanahnya.
satu lagi rasio bangunan dan tanah terbuka untuk resapan. maximum hanya bisa bangun 60% dari permukaan tanah. jadi kalo tanah 200 meter artinya 80 meter harus terbuka ..termasuk bukaan di samping..jadi ke tetangga gak boleh nempel tuh….gw pernah lihat rumah yang sempurna begini …kiri kanan dengan tetangga ada lorong 1 meter..belakang halaman, depan halaman..
inti ceritanya, kalo mo dicari-cari mah pasti aja gambar kita salah..ini dia pangkal urusannya..kalo kita bawa gambar sendiri bakal ditolak, dikoreksi macem2..dan kalo diikutin..ngiri kita lihat tetangga..he.he..he..yg patuh malah berasa rugi.
untung gw gak punya gambar..2 hari kemudian gw kasih aja denah..tampak depan, sama pembagian ruang..wah tingkat ya pak..harus ijin tetangga nih seharusnya pake tandatangan segala…. waduh…tapi kan dah termasuk paket ya..iya sih. fuiiiih..lega gw.

Ketiga, waktu. alhasil dikerjain sama aparat kecamatan..seminggu keluar advis planning. ini dari bagian yg lain di kecamatan..tapi termasuk paket, jadi dia yg urus. kira-kira dokumen ini mo bilang bahwa lokasi tanah kita itu bener buat pemukiman. jadi sebelum ini keluar dateng dulu tukang ukur…digambar deh lokasi tanah kita. keluar lah advis planningnya. disini sebenernya dah bisa mulai bongkar rumah…
sesudah itu, kira2 seminggu lagi keluar plang kuning..nah kalo ada ini dah aman bener..silakan bangun..meskipun imb belum ada..plang kuning ini menandakan imb sedang diproses…
kebayang kalo ngurus sendiri..harus nunggu gambar diverifikasi segala baru keluar ini plang kuning..bolak baliknya jangan lupa..pasti mahal juga tuh ujungnya.
kira2 1 bulan lagi, keluar deh tuh IMB..thanks boss. service memuaskan !!!

keempat, radar aparat. begitu kita urus sendiri, kita harus lengkapi semua persyaratan yg aduhai itu tadi…kalo dah ok, kita gak tau juga berapa lambat mereka ke bagian advis planning, lalu ke imb lagi…periksa gambar..baru keluar plang kuning..abis itu habislah kita dipelototin kalo2 ada yang dilanggar…karena kecamatan itu kecil aja areanya..jadi kalo ada apa2 gitu pasti mereka hafal lokasinya. jadilah lokasi kita masuk radar pengawasan mereka….

bukannya nganjurin ambil jalan pintas, yakinkan saja kita punya 3 hal..disain yg tidak melanggar atau full memenuhi syarat, waktu yang cukup buat nunggu imb keluar, waktu yang lebih untuk mengontrol proses di kecamatan..bolak balik nanya misalnya…
kalo gak punya salah satu aja dari 3 hal diatas..mari masuk ke loket pelayanan khusus..he.he..he..

Advertisements

16 Comments

  1. lho kok dirubah? sertifikat itu (baik hgb maupun hak milik) sebagai syarat saja untuk pengurusan imb nya..jadi kalau sudah dapat imb ya sudah selesai..tidak ada hubungan lagi dengan sertifikatnya…

  2. Ngga tuh..jadi dokumen yg harus ditunjukkan pembayaran pbb terakhir, copy sertifikat, ajb…kalo IMB nya sudah keluar ya sudah..gak ada hubungannya lagi dengan pbb..nanti sesudah dibangun..ya kantor pajak saja yang menyesuaikan besarnya pbb rumah kita.

  3. hmmm menarik…saya termasuk yang keukeuh ngurus imb semuanya dari awal sampai akhir…penuh emosi, waktu terbuang, tapi tentu saja…ringan di kantong :-). asal ada koneksi,semua lancar… dan saya yang bukan siapa2 ini akhirnya dengan terpaksa berkeluh kesah dengan camat yang bersangkutan mengenai nakalnya pegawai di seksi P2B yang dipimpinnya. semenjak itu…urusan lancar… puass rasanya. Sebagai info, saya membangun dg LB 170rb…total2 biaya yang keluar utk pengurusan imb tdk sampai 1 juta.Oya gambar dibuat oleh arsitek saya…tapi tetap saja disalah2in terus…:-(

  4. Jadi untuk ngurus IMB (saya nambah ke atas kira2 60 m2) ngurus nya di kecamatan Pak bukan di Tata Kota? Please advise Pak, terima kasih!

  5. Xixixixixixi…menarik yak cara anda menjelaskannya.
    Saya juga sedang urus SHM, semoga selesai bulan ini dah. Dari girik soale. :#

    Saya mau tanya dong pak, itu rumah saya kan beli rumah tua (rumah 80-an), belum IMB (ya iyalah wong masi girik), nah saya mau renov, fasat depan ganti dikit, atap diganti baja ringan.

    Nah saya kan bulan ini mau ajukan IMB (ngeri euy di Jakarta ndak ada IMB (eh tapi itu rumah 20 taon juga ndak ada IMB aman2 aja sih, xixixi…), IMB yang saya ajukan kan disertakan gambar rumah (denah). Nah yang saya sertakan denah rumah lama atau rencana denah rumah lama SETELAH saya renovasi ya pak?

    Boleh nggak sih saya sertakan saja denah rumah lama SETELAH direnovasi?

    Posisi rumah saya di Grogol (jadi kecamatan Grogol Petamburan nih).

    Thanks a lot ya pak.
    ­čśÇ

  6. tentu saja tampak rumah setelah renovasi mas.. kalo rumah lama memang tidak ada imb nya..karena belum ada aturannya waktu itu..jadi wajar banget. selamat mengurus imb mas, moga moga gak direwelin..

  7. saya ngurus imb sendiri di bogor kota. cepat sih, dari nyerahin gambar, survei sampai keluar imb cuma sekitar 1 mingguan (lebih karena nglewati sabtu minggu). yang penting persyaratan lengkap. cuma biayanya mahal, 7 juta padahal luas hanya 250 m2. masak pagar yang sudah dari sononya ada dihitung juga.

  8. Saya ngurus IMB, dengan bolak balik dan ada acara “kuliah” buat ibu2 yang minta biaya cek lokasi aja 2 juta, yang akhirnya dia minta maaf setelah saya ketemu sama bos nya dan bilang ketidakmasuk-akalan tersebut.

    Total jenderal keluar adalah 1.8 juta untuk luas 240 M2. Karena saya ngotot berdasarkan aturan, dan bagian termahal yang saya bayar, diluar tarif resmi per-M2 bangunan sesuai aturan, adalah biaya gambar, karena nggak ada cara lain. Tukang gambar harus dari arsitek yang punya ijin tertentu katanya… untuk gambar ini saya keluar 750 rebu.

    Btw, blog ini bagus banget, menceritakan detil kejadian2 sehari-hari tentang hancurnya birokrasi Indonesia. Semoga Ombudsman atau lembaga lain baca. eh, omong2 ombudsman emailnya kok bouncing terus ya? apa kalo mau melapor ke ombudsman masih kerja?? qqqq…..

  9. Neden Subaru Servis secmelisiniz..?
    Subaru Servisi secmeniz icin 10 Neden
    1.Araciniza Tek noktadan Hizmet
    2.Yedek Parcada Kalite Ve Orjinallik
    3.Toptan Fiyatina Yedek Parca
    4.G├╝venilir Uzman Ekip
    5.Dogru Te┼čhis – dogru ├╝cret
    6.Hasarli parcaya Sigorta kapsaminda ├╝cretsiz bakim ve tamirat
    7.Yapilan t├╝m i┼č├žilikler ve b├╝nyemizden kullandigimiz parcalar 1 Yil Garantilidir.
    8.Her Markaya Kaliteli servis Uygun fiyat
    9.Kredi karti Gecerlidir
    10.Araciniz S├Âz verilen zamanda teslim edilir

  10. Hebat ! Tembak langsung ditempat, targetnya tersipu.(itu yg masih punya malu). Dihawatirkan salah milih sasaran.Trimaksih bung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s