Urus Dokumen di Samsat Bekasi-manjangin STNK

Desember ini, keliatannya stnk innova perlu diperpanjang dan ganti plat nomor alias perpanjangan 5 tahun. sengaja diniatin perpanjang stnk sendiri ke samsat bekasi kota. pengalaman sih di polda metro jaya sangat mudah dan sangat cepat. tahun lalu sempat juga mutasi dan perpanjang stnk di samsat bekasi. tetapi karena ini mutasi jadi rada lain..dan kesan nya lebih runyam.
sengaja berangkat pagi supaya sampai disana jam 8. tapi gagal, sampai disana dah 8.20 menitan. kantor samsat di depan rumah sakit mitra keluarga bekasi barat..jadi ke ujung terus..sebelum lampu merah ada putaran…mutar balik, masuk ke jalur lambat. Langsung aja masuk ke gedungnya, karena untuk mobil yang akan diambil nomor mesin dan rangkanya disediakan area di belakang. jadi bilang aja ke tukang parkir mo ambil no rangka. pasti dikasih masuk.
fotocopy dulu, ktp, stnk, bpkb…lalu ke loket minta formulir buat cek fisik…gratis. ambil nomor rangka n mesin ada petugasnya..cari aja yang berseragam biru..tapi jangan yg tulisan petugas parkir. dari mulai masuk gedung tentu saja banyak yang menawarkan jasa…tapi tenang aja..say no to them. meskipun kita juga masih belum pasti kemana ngurusnya.
sama petugas nomor rangka n mesin diambil…lalu dikembalikan ke kita…bersama dengan copy stnk,bpkb dan ktp kita serahkan lagi ke loket cek fisik tadi, lalu nunggu deh. gak lama, kalo di atas loket sih ditulis max 30 menit..nyatanya malah cuma 20 menit..oh iya, segera enyahkan mobil kita dari area tadi…jadi kita keluar dari gedung samsat..n cari tempat parkir di luar..di jalan pertama belok kiri…ada parkiran buat samsat..di bawah pohon..adem. parkir aja disitu..n balik lagi ke tempat cek fisik tadi..nunggu dipanggil. setelah dipanggil..kita masuk ruangan ambil dokumen tadi..bayar 20 ribu…tanpa kuitansi !!! gak tau nih..resmi gak ya..tapi semua tuh dimintain 20 ribu. ya itung-itung buat formulir dan biaya petugas ambil nomor deh…tapi gak rela ah..soalnya gak resmi.

dari situ, pergi deh kita ke gedung utamanya samsat..tempat cek fisik itu di belakang gedung letaknya. ada loket pertama di sebelah kiri..minta aja formulir perpanjangan stnk, gratis. isi segera,jadi jangan lupa bawa pulpen..soalnya gak tersedia.
naik deh ke lantai 3..itu buat mobil. ambil nomor antrian dan langsung serahkan semua copyan plus ktp asli kita. nanti dipanggil di loket sebelahnya berdasarkan nomor antrian..untuk bayar pajaknya. sayangnya belum ada atm, apalagi debit card..jadi kudu siap dengan uang cash. kira-kira aja dari tahun kemarin naik dikit. dipanggilnya cepat kok..gak sampai 30 menit. kita bayar deh..abis itu tunggu lagi. dipanggil nanti di loket sebelahnya…buat ambil stnk n tanda setoran pajaknya…hampir selesai.
untuk plat nomornya..ke lantai satu..lalu ada di sudut untuk pembuatan plat nomor…kita kasih aja stnk tadi ke petugas loket..lalu tunggu lagi..diatas loket standar pelayanan 12 menit. en bener ternyata..gak lama ..sayangnya gak ada tempat duduk..n orang kok pada berjejal di depan loket ya..jadi sumpek gitu..padahal tunggu aja agak jauh..lalu petugasnya panggil dengan suara keras kok. jadi kenapa juga musti di depan loket. cepat saja, dipanggil …n dikasih plat nomornya..cek dulu..bener gak nomor polisinya..soalnya gw liat orang yang komplain karna nomornya salah…daripada ribet kan mending cek dulu.
segitu aja, gak ada biaya ekstra kecuali 20 ribu di cek fisik..sama 2 ribu perak buat fotocopy ..dari 8.20 dateng..selesai total jam 9.40. itu hari selasa..hari kerja. mungkin kalo sabtu lebih penuh ya..mari kita bunuh para calo itu dengan mengurus sendiri, gak susah kok. makan waktu? ya itung-itung kontribusi kita untuk perbaikan birokrasi lah..kalo lengkap semua dokumennya gak susah kok..kalo ada yg mo ditanyain..ada duta samsat (kalo gak salah) tulisannya gitu di slempangnya..jadi ada polwan, pake slempang kayak ratu indonesia gitu..tulisannya duta samsat..kalo gak salah..nah tanya aja ke polwan tadi..ditanggung diterangkan dengan jelas kok.
memang orientasi untuk melayani masih belum full..dibanding dengan polda metro..ruangan kalah nyaman..jorok n suaranya gak jelas…loudspeakernya banyak..jadi kudu nyimak..yg mana yang sebut nomor antrian mobil…padahal ada tipi lho..gak ngeri kenapa gak ditayangkan saja nomor berapa yang sudah jadi…kan gampang dan semua orang tidak harus menyimak setiap suara. petugas n calo gak jelas identitasnya…tapi gak usah takut, so far sih gampang kok…

7 thoughts on “Urus Dokumen di Samsat Bekasi-manjangin STNK

  1. Terima kasih Mas, sebelum ke sana saya sudah membaca yang di atas jadi sewaktu tadi pagi mengurus perpanjangan STNK 5 tahun lancar. Sedikit info: mulai tgl 2 Januari 2012 yang lalu di Jawa Barat sudah diberlakukan Pajak Progresif kendaraan bermotor. Di Samsat Bekasi kota di lantai dasar ada loket informasi mengenai Pajak Progresif ini.

    Like

  2. Klik di http://www.dispenda.jabarprov.go.id/ tentang PEMBERLAKUAN PERATURAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT NOMOR 13 TAHUN 2011 TENTANG PAJAK DAERAH, Kebetulan saya tidak terkena pajak progresif cuma pajak tahun ini kembali naik padahal tahun tahun lalu sudah kelihatan turun, Mobil saya tahun corolla 1997. Kalau saya perhatikan kemarin, kasir langsung memberitahukan kepada pembayar pajak bahwa kendaraannya terkena pajak progresif jadi mau tidak mau harus bayar. Bagi yang kendaraannya (mobil dan motor) sudah dijual agar segera dilaporkan ke Samsat (membuat Surat Pernyataan bermeterai bahwa kendaraan tsb telah dijual mungkin disertai lampiran foto copy KTP,STNK dan BPKB) sehingga bila ingin beli kendaraan lagi tidak terkena pajak progresif. cmiiw

    Like

  3. Saya mau pajak, tapi ada kendala…

    Awalnya, saya beli motor suzuki RGR di daerah condet, ketika pajak pertama, saya sxan mau mutasi dari B bekasi ke F bogor… karena dulu KTP ga ada,jd saya titip atas nama kakak teman saya, yg kebetulan kerjanya di jasarahrja-samsat bekasi… Jadilah balik nama atas nama dia, SUNARJO, JL.DAHLIA 2 NO.28 RT 001/008, JAKASAMPURNA BEKASI BARAT.

    Masalah nya sekarang adalah, saya mau pajak, tapi Mas JOJO nya sudah pindah ga tau rimbanya, adiknya jg ga tau..denger2 ke JATIM. BPKB nya belum sempet saya minta, jadi saya ga bisa pajak……

    Kira2 gmn ya solusinya mas ya…?

    Like

  4. wah aku gak paham mas. ribet banget..yg jelas kalo gak ada bpkb nya ato copynya..bakal runyem, apalagi kalo copy ktp Sunarjo gak pegang juga..nambah deh runyemnya. sorry gak ada ide mo diapain…

    Like

Leave a comment