Desember ini, keliatannya stnk innova perlu diperpanjang dan ganti plat nomor alias perpanjangan 5 tahun. sengaja diniatin perpanjang stnk sendiri ke samsat bekasi kota. pengalaman sih di polda metro jaya sangat mudah dan sangat cepat. tahun lalu sempat juga mutasi dan perpanjang stnk di samsat bekasi. tetapi karena ini mutasi jadi rada lain..dan kesan nya lebih runyam.
sengaja berangkat pagi supaya sampai disana jam 8. tapi gagal, sampai disana dah 8.20 menitan. kantor samsat di depan rumah sakit mitra keluarga bekasi barat..jadi ke ujung terus..sebelum lampu merah ada putaran…mutar balik, masuk ke jalur lambat. Langsung aja masuk ke gedungnya, karena untuk mobil yang akan diambil nomor mesin dan rangkanya disediakan area di belakang. jadi bilang aja ke tukang parkir mo ambil no rangka. pasti dikasih masuk.
fotocopy dulu, ktp, stnk, bpkb…lalu ke loket minta formulir buat cek fisik…gratis. ambil nomor rangka n mesin ada petugasnya..cari aja yang berseragam biru..tapi jangan yg tulisan petugas parkir. dari mulai masuk gedung tentu saja banyak yang menawarkan jasa…tapi tenang aja..say no to them. meskipun kita juga masih belum pasti kemana ngurusnya.
sama petugas nomor rangka n mesin diambil…lalu dikembalikan ke kita…bersama dengan copy stnk,bpkb dan ktp kita serahkan lagi ke loket cek fisik tadi, lalu nunggu deh. gak lama, kalo di atas loket sih ditulis max 30 menit..nyatanya malah cuma 20 menit..oh iya, segera enyahkan mobil kita dari area tadi…jadi kita keluar dari gedung samsat..n cari tempat parkir di luar..di jalan pertama belok kiri…ada parkiran buat samsat..di bawah pohon..adem. parkir aja disitu..n balik lagi ke tempat cek fisik tadi..nunggu dipanggil. setelah dipanggil..kita masuk ruangan ambil dokumen tadi..bayar 20 ribu…tanpa kuitansi !!! gak tau nih..resmi gak ya..tapi semua tuh dimintain 20 ribu. ya itung-itung buat formulir dan biaya petugas ambil nomor deh…tapi gak rela ah..soalnya gak resmi.

dari situ, pergi deh kita ke gedung utamanya samsat..tempat cek fisik itu di belakang gedung letaknya. ada loket pertama di sebelah kiri..minta aja formulir perpanjangan stnk, gratis. isi segera,jadi jangan lupa bawa pulpen..soalnya gak tersedia.
naik deh ke lantai 3..itu buat mobil. ambil nomor antrian dan langsung serahkan semua copyan plus ktp asli kita. nanti dipanggil di loket sebelahnya berdasarkan nomor antrian..untuk bayar pajaknya. sayangnya belum ada atm, apalagi debit card..jadi kudu siap dengan uang cash. kira-kira aja dari tahun kemarin naik dikit. dipanggilnya cepat kok..gak sampai 30 menit. kita bayar deh..abis itu tunggu lagi. dipanggil nanti di loket sebelahnya…buat ambil stnk n tanda setoran pajaknya…hampir selesai.
untuk plat nomornya..ke lantai satu..lalu ada di sudut untuk pembuatan plat nomor…kita kasih aja stnk tadi ke petugas loket..lalu tunggu lagi..diatas loket standar pelayanan 12 menit. en bener ternyata..gak lama ..sayangnya gak ada tempat duduk..n orang kok pada berjejal di depan loket ya..jadi sumpek gitu..padahal tunggu aja agak jauh..lalu petugasnya panggil dengan suara keras kok. jadi kenapa juga musti di depan loket. cepat saja, dipanggil …n dikasih plat nomornya..cek dulu..bener gak nomor polisinya..soalnya gw liat orang yang komplain karna nomornya salah…daripada ribet kan mending cek dulu.
segitu aja, gak ada biaya ekstra kecuali 20 ribu di cek fisik..sama 2 ribu perak buat fotocopy ..dari 8.20 dateng..selesai total jam 9.40. itu hari selasa..hari kerja. mungkin kalo sabtu lebih penuh ya..mari kita bunuh para calo itu dengan mengurus sendiri, gak susah kok. makan waktu? ya itung-itung kontribusi kita untuk perbaikan birokrasi lah..kalo lengkap semua dokumennya gak susah kok..kalo ada yg mo ditanyain..ada duta samsat (kalo gak salah) tulisannya gitu di slempangnya..jadi ada polwan, pake slempang kayak ratu indonesia gitu..tulisannya duta samsat..kalo gak salah..nah tanya aja ke polwan tadi..ditanggung diterangkan dengan jelas kok.
memang orientasi untuk melayani masih belum full..dibanding dengan polda metro..ruangan kalah nyaman..jorok n suaranya gak jelas…loudspeakernya banyak..jadi kudu nyimak..yg mana yang sebut nomor antrian mobil…padahal ada tipi lho..gak ngeri kenapa gak ditayangkan saja nomor berapa yang sudah jadi…kan gampang dan semua orang tidak harus menyimak setiap suara. petugas n calo gak jelas identitasnya…tapi gak usah takut, so far sih gampang kok…

Advertisements