Urus Dokumen-Mutasi mobil Samsat Pusat ke Bekasi kota

gw dateng lagi ke samsat bekasi..di depan GOR…dah rada siang..jumat jam 3…gak banyak sih harapan, paling gak seperti yg dijanjiin aja….sesudah bawa berkas dan permohonan dari jakarta, masukin ke loket pendaftaran di lantai 3…dah gitu ke loket koreksi..ato komputer..di pojok..tunjukin tanda terima dokumen.

sama mas nya yg jaga di cek di komputer..eh taunya dikasih nomor baru..kalo dulunya belakangnya O sekarang jadi plat bekasi alias YW…ditulis aja di tanda terima…dah gitu disuruh ke kasir…

nah ini beda di komdak sama di bekasi…di kasih kita taro aja itu dokumen tanpa kita tau kapan n dah sampaii mana dokumen kita….plus banyak orang mengerumuni kasir..entah untuk apa..lagi juga bukannya diusir aja…jadinya kan kasirnya harus teriak-teriak manggil nomor polisi yg harus bayar…

kira2 10 menit tidak jelas..akhirnya dipanggil sebagai…masuk bekasi..B sekian sekian..lalu nama kita disebut..yak ada bu. disebutlah jumlahnya..balik nama estilo 2007 n manjangin stnk habis 2  juta. balik namanya sekitar 700 ribu, pajak 1 050 ribu..sisanya administrasi, plat nomor dllsb.

kebayang tuh kalo gak bawa uang cukup…gak tau mo kemana. yg ada sih gedung bni disebelah gedung samsat..jadi bisa kali lari kesana dulu..tapi kalo atm kita gak bisa di bni?  di komdak ada atm bank dki..dan bisa untuk atm bersama..jadi tenang kan…

abis dipanggil, bayar…disuruh tunggu lagi…buat dipanggil di loket jasa raharja ambil stnk nya…sama juga, gak jelas dah sampai dimana plus banyak orang ngerubung di depan loket..akhirnya karena dah rada sepi, gw datengin aja..eh taunya dah ada di meja bapak polisi itu…lha…kenapa gak ngomong boss…

stnk udah..tinggal plat nomor..copy dulu STNK nya, dah gitu kasih deh stnk ke bagian cetak plat nomor..di lantai bahwa ujung nan remang-remang…tipikal bekasi, gak jelas antriannya, banyak yg ngerumunin loket….plus banyak orang mondar mandir masuk tempat cetaknya…kita yg tertib dan menunggu jadi gak jelas deh.

akhirnya dipanggil juga sama masnya..dengan suaranya yg sayup sayup n berkali-kali kepotong karena ada yang manggil dan beliau perlu menerangkan dulu..meninggalkan kita semua melongo dan menunggu.

selesai lah sudah perjuangan mengurus mutasi dari jakarta ke bekasi. satu lagi boss…BPKB perlu ditulis alias diganti namanya…untuk ini harus ke komdak. jadi rupanya seluruh bpkp yg platnya B itu ada di komdak…duh kudu kesana lagi deh…tapi enak aja sih..soalnya prosedur jelas n tempat nunggu nyaman…

samsat bekasi tempatnya jauh lebih kumuh dibanding komdak..sampah? dimana-mana…ruang remang-remang, kaga ber AC..orang banyak ngerokok, jorok lantainya… pengunjung ngerumunin loket..antrian gak jelas pake apa dasarnya..ada mesin yg ngeluarin nomor antrian tapi gak tau loket yg mana tuh..calo nya banyak banget berkeliaran…n yg begini ini nih yg masuk ke ruangan langsung…n keluar lagi…duh kita yg tertib dan menunggu kan jadi dongkol. Kok gak bisa kaya komdak ya?

proses mutasinya cuma dimintain 50 ribu..plus biaya resminya…jadi ya lumayan deh…kira2 perlu 2x dateng kesana…plus ke komdak buat nulis BPKB (ini perlu 2x dateng lagi..pertama menyerahkan BPKB untuk ditulis, kedua -biasanya seminggu lagi, BPKB tinggal ambil.

itung2 gak susah sama sekali sih mutasi….kira-kira tinggal cek fisik, cabut berkas, cek fisik lagi di tujuan, daftar, bayar n dapet stnk dan nomer baru deh…lalu tulis bpkb dengan nama kita di komdak..

coba deh….gak susah kok

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s