bangun rumah lagi (6) baja ringan dan genteng

Lagi iseng-iseng liat pak Mat dkk pasang tembok lantai 2, dateng Ujang, sales baja ringan. Kebetulan juga nih..dah browsing baja ringan sana sini..kira kira dah ngerti deh mo nyari yg kayak apa. Pertama bahan yang dianjurkan zincalum dengan ketebalan 0,75 mm. Yang berikutnya, perlu dilihat dulu seperti apa gambar baja ringan yang diusulkan kontraktornya. Ini penting untuk melihat kerenggangan antar rangka-semakin renggang semakin lemah rangkanya…. ..kekakuan antar rangka- semakin kaku semakin baik… dan terakhir genteng yg mo dipake-berkaitan dengan jarak antar reng..beberapa merk dan jenis genteng punya ukuran sendiri sendiri…. Pilihannya pakai genteng metal, genteng beton atau genteng keramik.. genteng metal ringan..sangat ringan..beton dan keramik kira kira per biji 4-5 kilogram..total semeter persegi bisa 5 kg x 10 pieces = 50 kg.

Buat Ujang karena gambar atap sudah ada, permintaan sudah jelas..dia tinggal hitung luas atap dari gambar. Disamping itu, atapnya model pelana- ini model yg paling gampang..tinggal lurus lurus aja dari atas ke depan dan ke belakang…Ini juga trik kontraktor baja ringan…disebutlah 100 ribu per meter..padahal dia belum lihat kayak apa disain atapnya. Ada atap model limas..per teori rangkanya lebih banyak…harusnya harga per meter juga lebih mahal…Makanya kalo kontraktor baja ringan yg pake merk..kayak Pryda..dia mau lihat model atap dulu..baru bisa hitung harganya. Kalo yg di pos kota supaya menarik dia pasang aja harga yg serendah rendahnya…nanti kalo dibilang harus Zincalum, tebal 0,75, model atap gak sederhana..baru deh dia bilang..harganya itu untuk model pelana, galvanis, 0.70 aja kok…Baja reng nya..kalo merk Taso kayaknya favorit ..jadi beda lagi harganya…sedikit sih. Nah enaknya sih samakan dulu spesifikasinya..baru ngomong berapa nya ya…

Pengalaman waktu itu, pasang genteng itu lama juga..bisa seminggu untuk 5 tukang..sampai jadi. Nah kali ini gw minta Ujang  sekalian  sama genteng dan pasang…satu lagi, minta juga borongan pasang gypsum plus lis nya…

Ujang pikir ok aja nih..dia kasih harga..tapi gw tanya gimana gambarnya..ini rumah kan lebar 6 meter..umumnya jarak antar rangka(kuda kuda nya) dipasang 1.20 meter..nah kalo gini gimana? padahal ada sopi di pinggir kiri kanan..plus ditengah. Dia berasumsi kuda kuda 5 aja ..jadi kan 5×1.20 meter = 6 meter. gw gak mau..maunya tiap 3 meter ada 3 kuda kuda..jadi kaku banget..akhirnya dia ajukan gambar nya…nah pas gw liat dah ada 3 di kiri..3 di kanan..baru ok.

Soal genteng..tadinya mo coba pake genteng metal..tapi kok kayaknya ujung nya nanti di lisplang..rada ringkih ya…lau kalo keseringan diinjak bisa penyok….sudah deh, diputuskan pakai kayak dulu lagi..Monier type  excel..itu model genteng sederhana..untuk rumah model minimalis…flat n warna midnight black .plus nok (karpus kata orang dulu…ridge kata orang teknik)..nok lisplang alias verge kata google. untuk lisplangnya pake GRC yg lebar 20 cm aja…biar anti air lah.

untuk baja ringan..ujang kasih harga 110 ribu per meter persegi. Dari gambar atap dia hitung untuk sudut 30 derajat, maka luas penampang atap total jadi 108 meter. Semakin tinggi sudutnya..misalnya 45 derajat..atap makin miring..hujan makin lancar jatuh dari atap..tapi penampang lebih luas jadinya. Dari penampang yg ada, total baja ringannya jadi 11.880 ribu terpasang.

Untuk harga genteng plus nok (atas dan pinggiran)  untuk 108 meter itu dihitung per meter butuh 10 genteng..plus cadangan ditotal 1100 buah genteng (monier excel itu range harganya 7200-8000 per buah), 18 ridge, 21 verge, 1 verge end (untuk jenis jenis ini per biji nya 15,000 – 20 000) total semua harga genteng 8,855 ribu.

Upah memasang termasuk pasang lisplang, lalu mengaci ..di hitung 4.320 ribu..dan lisplang GRC nya terima jadi juga..350 ribu. total semua 25,405 ribu…dan didiskon jadi 23 500 ribu saja. Ok, silakan dikerjakan…

untuk plafon…bahan rangka holo meni (ini rangka holo yg termurah..yg termahal sih waktu itu furing-yg warna putih ber salur)..gypsumnya merk Aplus…yg murah juga yak..yg paling mahal merk Elephant n jayaboard…range harga termurah ke ter mahala  35 ribu ke 52 ribu rentangnya…plus ongkos  pasang..lalu dikompon alias didempul sambungannya. per meter termasuk ongkosnya 60 ribu….dia hitung dari gambar kerja yg gw kasih..total penampang plafonnya kira kira .155 meter persegi..dengan harga per meternya 60 ribu = 9,342 ribu…lalu ada list yg nempel ke tembok..gw bilang 5 cm aja tebalnya..biar rapih aja..lalu dia hitung keliling tembok….totalnya 1.505 ribu..jadi untuk plafon ini nanti gw tinggal ngecat aja..Ujang mengusulkan Rp. 10,847 ribu..Tapi ini pasangnya nanti… kalo sudah tembok diplaster dan diaci…yg ini gak ada diskon ..ok.

Senin pagi datang baja ringannya..bahan utamanya cuma 2 macam..rangka besi kotak..sama rangka besi untuk reng (pegangan genteng)..panjang 6 meter..dan disambung sambung aja..pake baut….langsung dibaut pake bor listrik. jadi dibuat dulu kuda kuda 6 buah..masing masing didirikan dengan jarak 1 meter saja. Diantara kuda kuda itu, vertikal dipasang rangka huruf V..supaya bisa kaku berdiri…..lalu sesudah jadi 6 kuda kuda dan berdiri kaku..lalu dipasang reng untuk pegangan genteng..makanya jenis genteng perlu disebut di depan..soalnya jarak reng bisa beda kalo beda gentengnya.

Sepanjang senin tukang rangka baja 4 orang sibuk motong n sambung..bor ke tembok pakai dyna-bolt..untuk pegangan baja ke tembok..rangkai sana sini..eh kamis..dah naikin genteng..gile dah. Dasar professional tukang genteng kali yak..Sabtu pagi sudah selesai !!! termasuk pasang lisplang, ngaci ban ban annya…karpus..kasih waterproof…cepete banget dah.

untuk pasang ini..bahan kerja seperti semen pasir waterproof..kita yg sediakan…

 

 

ini dia gambarnya…

lempar genteng buat dioper ke atas

lempar genteng buat dioper ke atas

urut dari bawah ke atas genteng dilempar

urut dari bawah ke atas genteng dilempar

sesudah 2.5 bulan..jadinya kayak gini

sesudah 2.5 bulan..jadinya kayak gini

rangka baja ringan..dah jadi

rangka baja ringan..dah jadi

rangka ditempel ke tembok..pake baut plus rangka dipotong

rangka ditempel ke tembok..pake baut plus rangka dipotong

reng dicocokin jaraknya supaya pas gentengnya

reng dicocokin jaraknya supaya pas gentengnya

ditumpuk dulu di lantai 2

ditumpuk dulu di lantai 2

baut serba-guna buat sambung menyambung rangka

baut serba-guna buat sambung menyambung rangka

yg vertikal ini harus rapat plus pengaku alias dibuat kaku

yg vertikal ini harus rapat plus pengaku alias dibuat kaku

ini yg namanya besi rangka C zincalum tebal 0,75 mm

ini yg namanya besi rangka C zincalum tebal 0,75 mm

ini besi buat reng-pegangan genteng ..dipasang melintang..diatas rangka

ini besi buat reng-pegangan genteng ..dipasang melintang..diatas rangka

About these ads

, , , , , , ,

  1. #1 by donol on August 5, 2013 - 7:38 am

    Bang, kalo ganti atap harus urus surat ijin/ imb gak?

    Like

  2. #2 by pahalanainggolan on August 7, 2013 - 2:25 pm

    nggak..kan tidak merubah struktur rumah..

    Like

  3. #3 by Ari Budi R on September 9, 2013 - 1:04 am

    bang mau tanya kalo saya pasang baja ringan plus atap metal berikut asesoriesnya lengkap, mereka minta 245 rb per meter termasuk ongkos jadi tinggal pake, apakah harga nya masuk akal, ? saya pake produk dari blue scoop…………

    Like

  4. #4 by pahalanainggolan on September 9, 2013 - 1:36 am

    aku baru pasang di pamulang…ganti atap..dari kayu ke baja ringan……baja ringannya ada print SNI… 100 ribu terpasang model atap lurus saja…dari belakang ke depan…, gentengnya yg metal berpasir…75 ribu per meter terpasang..plus ada lisplang dari GRC…per meter 60 ribu terpasang… ini aku pake vendor yg lain karena lokasi jauh banget dengan tukang baja ringan ku selama ini…jadi cari baru di sekitaran pamulang..tapi hasilnya OK..ngerjainnya kira kira 3-4 hari aja.

    Like

  5. #5 by Ari Budi R on September 9, 2013 - 2:50 am

    makasih bang…..
    saya punya gak pake lis plang krn sudah termasuk pekerjaan dg tukang saya (borongan)
    dg atap metal berpasir juga dg gaya konvensional (tinggi ditengah, rendah disamping) talang dicor kanan kiri
    boleh minta no Hape tukang baja pamulangnya bang,………….kebetulan saya di pd cabe, siapa tau dia mau di daerah saya.
    jadi kalo untuk kuda-kuda per 3 meter atau dalam satu ruangan ada 3 ya bang…?

    Like

  6. #6 by pahalanainggolan on September 9, 2013 - 7:44 am

    mas ari namanya 081289647870.. maximal jarak kuda kudanya setahuku 120 cm..jadi kalau 3 meter ada 3 ya lebih bagus ya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: