Kolam Ikan Sederhana…

Kolam ikan di belakang rumah sangat berguna…pagi2 baca koran sambil ngopi..duduk di pinggir kolam sambil dengar suara air..lalu kasih makan ikan sambil lihat ikan2 yang super tenang n gak pusing sama naiknya bbm, macet, deadline kerjaan..sambil mikir juga..itu ikan mikir apa yak? atau kalau malam..kembali nongkrong di pinggir sambil ngelamun..he..he..

ayo bikin kolam ikan, gak usah yang ribet2 ikannya..dan jangan juga jadi kita diperbudak ikannya..mutualisme saja..boleh lah kalo kewajiban kasih makan setiap hari..tapi kalo harus jaga air bening, berarus, tidak boleh kotor..waduh..ngga deh. berat banget..ato ikannya harganya sampai jutaan..waduh, ntar kalo lagi arisan keluarga, anak kecil ngobok2 kolam bisa mati berdiri kalo ikannya mahal..jadi kolam ini isinya ikan komet..harganya 4 ribu perak per ekor, ada juga ikan mas..maskoki..gurame bahkan – salah beli nih..tapi kesian. jadi kalo buat ikannya sih beli 50 ekor aja..200 ribu.

kolamnya dasarnya keramik hitam..ukuran kolam ikan yg digambar itu 1.5 x 2 meter. untuk dinding dan lantainya pakai keramik hitam 4 box @ 60 ribu..pakai hitam mengkilat aja. = 240 ribu. dinding kolam dari hebel aja..biar cepat bikinnya, alas diplur dan habis 2 kaleng aqua guard @ 40 ribu..water proofing yg dicampur..diplur licin dulu lantai dan dindingnya..baru diwaterproof..kalo dah kering..diulang lagi..jadi 2 lapis.baru dipasang keramik hitam dinding dan lantainya. JANGAN LUPA lubang air untuk kuras..siapkan aja pralon dan knee nya…cari yg bisa ditutup kayak tutup botol.jadi kuras kolam gampang..

buat tanggul kolamnya pakai batu alam saja..ukuran 25×40..kalo gak salah habis 2 meter@120 ribu. buat dinding keatas untuk air terjun..pakai batu napoli yg bergaris-garis..jadi airnya bisa tertahan turunnya..habis 2 meter @120 ribu juga..tapi sisa. jangan lupa diatasnya buat kolam kecil.jadi air dipompa dari bawah..masuk kolam dulu..dari kolam baru luber turun ke batu napolinya…dari situ ke batu alam..dan jatuh ke kolam..perhatikan jaraknya..jangan lebih dari 20cm..aku punya 28 cm..air terjunnya jadi terlalu berisik..kalo 20 cm mungkin lebih kalem..tiangnya bikin aja dari batu paras..70 ribuan..2 meter habisnya..jadi 140 ribu.

untuk pompanya…pakai yg 90 watt untuk naikkan air ke kolam kecil diatas..tapi kalau terlalu berisik…yg 25 watt..suaranya gemericik..buat pompa oksigennya..yg 90 watt 170 ribu, yg 25 watt 40 ribu aja…yg 90 watt itu buat saring air dan bergemericik keras..soalnya kayak air terjun….jadi air dipompa keatas..diatas beli aja ijuk buat saring air plus kotoran ikan….nanti sebulan sekali ganti ijuknya…murah ijuk sih..beli dimaterial 10 ribu dah banyak banget. Di pasar kenari ada juga pompa celup yg besar..wasser kalo gak salah. harganya 300 ribu..terlalu besar buat kolam ikan..jadi beli pompa kelas aquarium aja lah…

tukang kira2 seminggu kerja sendirian yagn jelas pake mesin potong keramik/batu…., semen pasir,hebel..gak banyak sih. semen 3 sak, pasir 2 karung aja,hebel 15 biji@ 9 ribu. Dah semua tuh..tinggal tunggu aja..kira2 habis sejuta setengah..dah termasuk ikan tuh..oh iya, kalo kolam dah jadi..diisi air dulu, dibiarin 3-4 hari..supaya enak ikannya hidup….kita juga enak hidupnya.
Kolam ikan ini kalau kena mata hari cenderung akan berlumut..lalu kalau kena air hujan langsung..di area terbuka tanpa atap gitu..ikannya gampang sakit..kata tukang ikan air dingin bikin gampang tumbuh jamur..jadi idealnya diudara terbuka tapi ada atap….

ayo bikin kolam ikan..bayangkan tengah malem nongkrong..nonton ikan..ato pagi ngopi baca koran..denger gemericik air..

About these ads
  1. #1 by ario adi susanto on November 13, 2012 - 6:12 am

    makasie

    Like this

  2. #2 by herry on January 8, 2013 - 4:40 am

    bro… mau tanya dong…. itu waktu bangun dasar kolamnya pake kawat jaring2 juga apa nggak biar gak retak? trims

    Like this

  3. #3 by pahalanainggolan on January 8, 2013 - 5:37 am

    gak pake bro..langsung aja kok..kan dilapis keramik/granit..yg penting habis disemen..diwaterproof dulu…

    Like this

  4. #4 by herry on January 8, 2013 - 6:40 am

    OK thanks a lot infonya bro… semoga ikannya sehat2 (pemiliknya juga…. :))

    Like this

  5. #5 by pahalanainggolan on January 9, 2013 - 12:55 am

    lagi musim hujan n suhu dingin..jadi ikannya suka kena jamur putih n berasa gatal kali ya..jadi air kolam musti dicampur obat biru lagi nih..

    Like this

  6. #6 by ikhsan on January 19, 2013 - 7:45 am

  1. Kolam Ikan Sederhana? | Wood Flooring - Parquet Lantai Kayu Terbaik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: