Thesis Manajemen Keuangan-topik dan alur penelitian selama ini

Berkali-kali mahasiswa bertanya, kira-kira topik penelitiannya apa pak? dan berkali-kali juga selalu gw bilang..nulis thesis itu bukan nunggu wangsit..lagi melongo-melongo tiba-tiba dateng ide besar…ditulis dan jadi. Jadi jaman Archimides melamun lalu eureka itu dah gak ada lagi. Nulis thesis harus dimulai dari membaca…pertanyaannya kembali membaca untuk apa? dari bacaan itu tergambar kira-kira peta penelitian di area manajemen keuangan seperti apa..siapa sudah meneliti apa…hasilnya bagaiman, siapa yang tidak setuju, pendekatan lain yang diambil untuk topik yang sama, gap atau lubang yang masih belum diteliti..dan seterusnya. Nah, tentu kalo kita baca kita bisa paham kira-kira dunia kangouw alias dunia persilatan sudah seperti apa.

Mulai bacanya dari mana pak? Nah kalau ini sudah mulai bener pendekatannya…Konstan selalu kubilang, dari seluruh bahasan ato topik manajemen keuangan..mana teori yang paling dikuasai? mulai saja dari topik itu. alasannya sederhana aja…penelitian-penelitian itu kalo dibaca gak pernah menjelaskan teorinya secara detail..jadi harus paham dulu teorinya baru bisa mengunyah apa yang diteliti dan dipublikasikan…kalo belum tau teorinya, yang ada malah binun..asli !

Yang ilmu kangouw nya dah rada tinggi bisa deh mulai baca hasil penelitian tentang penelitian2 yg ada dan gaps yg diidentifikasikan. Biasanya penelitian seperti ini masuk ke literature review ato summary dari penelitian2 yg ada selama ini. kalo bisa dapet jurnal yang model ini..sangat memudahkan, karena penelitian ini berisi ringkasan dari penelitian2 sebelumnya dan gaps ato weaknesses  ato topik yg masih bisa diteliti.

Prof Eduardus Tandelilin dari UGM meringkaskan topik-topik apa saja yang tersedia di area manajemen keuangan. Ini aku dapat ketika Kolokium di Sekolah Prastya Mulya Jakarta sekitar tahun 2006 kalo gak salah.  Sungguh pekerjaan yang penuh dedikasi..dan semoga bermanfaat. Jadi silakan klik Research in Finance ..dan dapatkan area mana yang anda kuasai dan silakan mulai mendalami area tersebut. Aku tambahkan beberapa kalimat agar lebih jelas..

Kalo dah tertarik sama topiknya, bisa juga berkunjung ke http:\\www.ssrn.com  cari aja tulisan aslinya disana. Realistis aja nih, baca jurnal penelitiannya tidak seenak baca majalan..ato artikel di koran. Mumet ngertinya…tekniknya gini kira-kira untuk penelitian yang empiris saja nih.

Pertama baca dulu abstractnya…kalo kira-kira bisa kita lakukan, Kedua, baca introductionnya..disini diringkas lagi semua teori yang terkait…Ketiga, baca simpulannya…kayak apa hasil detailnya. Keempat lihat variabel dan operasional variabelnya…kira-kira bisa gak kita ngerti dan mendapatkan variabel ini semua dalam jumlah dan kualitas yang memadai. Jika tidak, mending ganti dengan penelitian yang lebih sederhana. Kalo bisa ngikutin baru baca model yagn dibangun atau dikutip. Kalau semua bisa dimengerti..maka sebenernya dah tercapai tuh syarat dasar buat nulis. Tinggal replikasi atau uji aja itu jurnal di konteks Indonesia kan..

Selamat menulis !!

Research in Finance

About these ads

, , , , ,

  1. Thesis Manajemen Keuangan-topik dan alur penelitian selama ini | Wood Flooring - Parquet Lantai Kayu Terbaik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: