Bangun Rumah (18) Pagar Besi Minimalis

pintu pagar dipasang

railing balkon

bearing pintu dorong

rel dan bearing roda

railing tangga

pagar minimalis

Model pagar jaman sekarang memang sangat efisien. Sangat mudah dibuatnya, bahannya pun relatif seragam dan modelnya tidak rumit. cocok deh namanya pagar minimalis. Sayangnya modelnya jadi terbatas. Hanya itu ke itu saja. Setelah keliling beberapa tukang pagar plus browsing di internet, kelihatannya gak lebih dari 10 macam pagar minimalis. Sisanya, tergantung kombinasi dengan tembok pagarnya. Jadi harus didisain sekaligus antara tembok pagar dengan pagarnya sekaligus.
Warnanya? lebih monoton lagi..minimalis ini umumnya warna hitam dof alias hitam tidak mengkilat. Beberapa rada nekat keluar dengan warna putih, tapi 90% mungkin hitam dof. Jadi relatif tidak menarik yak.

Tukang pagar itu biasanya mengerjakan juga railing tangga alias pegangan tangga. tapi kalau tangganya pegangannya pakai kayu, itu terpisah. pengalaman sih enakan kayunya pesan sendiri dari tukang kayu aja, soalnya tukang pagar juga nantinya nyuruh tukang kayu untuk bikin, masang dan plitur alias finishingnya. Nah tukang kayu lebih ahli dan sudah tau pasti gimana cara bikinya. Railing tangga ini di tukang pagar biasanya dihitung meter lari alias dihitung panjang meternya saja tanpa peduli berapa tingginya. relatif tidak banyak berbeda harganya bila bahannya masih besi hollow alias besi kotak yang ukurannya 2×2 cm, atau lebih kecil lagi besi nako katanya. itu lho besi yang menjadi teralis jendela nako..ukurannya mungkin kurang dari 1×1 cm tetapi berisi penuh. Mirip dengan besi beton tapi bentuknya kotak. Nah kalau bahannya itu saja kurang lebih 350 ribu sampai 450 ribu per meter lari. Kalau ingin pakai stainless steel..(eh masih model gak ya?) tentu harganya beda banget..tergantung banyak hal, tebal plat besi, kualitas stainless steelnya. Aku gak tanya yg stainless steel karena gak tertarik. Ribet ngurusnya ntar.
Pegangan kayunya juga dihitung per meter lari, tentu saja karena hanya kayu kaso dibentuk seperti pegangan tangan..lalu didempul alias difiller, distain alias diberi warna, lalu dicoating alias difinishing warnanya dan terakhir dilapis dengan vernis..supaya mengkilap pakai gloss, kalau mo kalem aja pakai dof.

Pagar besi minimalis modelnya tersedia di tukang pagar. Ada majalahnya yang kayaknya edisi itu ke itu aja. Jadi kita tinggal pilih. Kalo ini hitungannya meter persegi. jadi kalo panjangnya satu meter tapi tingginya 2 meter dihitung 2meter persegi. Harganya relatif, berkisar antara 450 ribu hingga 550 ribu. Tapi yang terlebih penting, model jangan ribet-ribet alias banyak tikungan jadi ngelasnya sederhana aja. Yang berikutnya kualitas besi hollow alias besi kotak itu. Bila sudah ada disain dan pergi ke tukang pagar, sebelum minta penawaran harga tanya dulu besinya mo pake yang mana..bilang aja saya mo pake yg paling tebal. nanti dikasih tau kan kayak apa yang paling tebal. Sentil aja, biar berasa kalo yang paling tebal itu bunyinya kayak apa. Besi yang tebal tentunya lebih kuat, lebih mantaf dan tidak berisik kalo pagarnya didorong nantinya. tapi harganya pasti lebih mahal. Nah dengan model yang sama, besi yang besarnya sama, harganya bisa berkisar dari 450 ribu hingga 600 ribu bahkan per meter. itu cuma karena urusan tebalnya besi yang akan dipakai. Jadi hati-hati membandingkan harga, lebih baik sepakat dulu dengan model dan ketebalan besi baru kita tanya harga. Kalo ada yang kasih murah banget..jangan-jangan kita bicara material yang beda nih.

Berikutnya dimana mengerjakananya. Usahakan jangan mengerjakan di rumah kita. Berisik, butuh listrik besar untuk trafo las listriknya dan ditanggung tetangga bakal bangun..soalnya gerinda alias penghalus las itu berisik banget bunyinya. belon lagi kalo perlu dipukul palu besinya. Terima jadi aja gitu..tinggal pasang.

Rel alias tempat jalannya pintu kalo itu pintu dorong. Biasanya dia kasih besi siku yang ditaruh tengkurap. Jadi roda pagar jalan diatas permukaan yang lancip. Tapi lebih bagus lagi minta behel alias besi bulat dilas diatas besi siku tengkurap tadi. supaya jalan rodanya lebih lancar dan ringan. bayangkan saja bearing roda yang cekung permukaannya jalan diatas permukaan lancip atau permukaan bulat …tentu lebih mulus di permukaan bulat karena sesuai dengan bentuk permukaan bearing rodanya.

Berikutnya, untuk pintu pagar dorong kan perlu pegangan diatasnya, biasanya di pilar pagar. Pegangan ini kalo tukangnya males dijepit saja. artinya jalanya pintu diatas hanya dipegang oleh dua plat besi yang ditaruh sejajar. Jangan mau seperti ini. pintu bisa berat nantinya. Jadi minta pegangannya dikendalikan oleh bearing kecil..biasanya ditaruh 3 atau 4. semakin banyak semakin ringan jadinya pagar itu jalan..dan tidak berisik yang pasti.

Pagar yang hanya sedikit besinya juga banyak digunakan. jadi lebih banyak pakai batu atau tembok. ini lebih mantaf dan kokoh tapi lebih lama bikinnya. Kalo mo cepat memang pakai pagar besi yang banyak. tinggal dibuat di bengkel dia, datang dan pasang gak lebih dari sehari. karena sudah datang dengan cat hitam. Oh iya jangan lupa minta di epoxy sebelum cat hitam. Biasanya dia pakai warna epoxy hijau yang gunanya sekaligus untuk menghindarkan karat dan membuat cat lebih lekat.

Selamat mendisain dan membuat pagar

About these ads

, , , , ,

  1. #1 by Hary on July 6, 2012 - 8:33 am

    mas ngak bahas cat fasad ?. ketbetulan saya lagi mau beli cat. karna dulux lagi promo. weathershield dulux vs mowilex, bagus mana mas ?.

    Like

  2. #2 by pahalanainggolan on July 6, 2012 - 9:20 am

    aku pakai dulux..baik yg interior maupuan weathershield..rasanya dah hampir setahun masih OK. Mowilex aku belum pernah pakai..jadi gak tau kalao harus membandingkan mas…

    Like

  3. #3 by Hary on July 6, 2012 - 9:46 am

    hi mas. iya saya jgu mau pake untuk luar weather shiedl max ama dalem nya pentalite.kalo pearl glo takut susah soalnya harus di cat sebidang sebidang, kalo tukagnnya ngak jago, bisa belang.

    Like

  4. #4 by www.mma.com.sg on March 31, 2013 - 3:46 pm

    Hello there! I could have sworn I’ve been to your blog before but after browsing through many of the articles I realized it’s new to me.
    Anyways, I’m certainly pleased I found it and I’ll be bookmarking it and checking back
    often!

    Like

  5. #5 by Asitor on April 11, 2014 - 10:16 am

    Terimakasih mas atas referensi untuk membuat pagar minimalis agar lebih effisien begitu juga dinding yang akan dibuat

    Like

  1. Bangun Rumah (18) Pagar Besi Minimalis | Wood Flooring - Parquet Lantai Kayu Terbaik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: