Bangun rumah (15) -waterproofing alias anti bocor

Belajar dari pengalaman betulin bocor kolam ikan..untuk rumah kali ini waterproofing nya perlu riset kecil2an. Ada 2 macam waterproofing di pasar, ada yang berbasis elastomeric…lebih mahal, satu lagi berbasis poly apa gitu..satu peel 20 kg, yg elastomeric dari pelbagai merk gak ada yang dibawah 1 Juta harganya. sedangkan yg poly apa gitu..malah gak ada yang diatas 1 Juta.

Buat gw yg awam sih simple aja, ada waterproofing yang hasilknya kayak lapisan karet…misalnya aquaproof ..itu yang biasa dijual di toko bagunan dan banyak dipakai tukang. karena lapisan akhirnya kayak lapisan karet..perlu secara reguler diperbaharui..bayangkan kalo lapisan karet kena panas hujan bertahun-tahun…ato kena benturan, pasti robek…dan bocor. Nah, jenis ini enaknya dipakai di dinding aja. coba deh lihat rumah yang dinding luarnya warna abu-abu. itu dia pakai model aquaproof. jadi menghasilkan lapisan tambahan yang elastis. Untuk tembok samping yang ke tetangga, aku pake produk Sika Rain tite, satu peel nya 20 kilogram relatif murah (lagi discount di depo bangunan) harganya waktu itu 450 ribuan..bandingkan dengan aquaproof yg sudah 600 ribuan.

Untuk bagian rumah seperti dak beton, kamar mandi dan sejenisnya, gw pikir gak pas tuh pake yang model membentuk lapisan gini. jadi gw pake deh jenis berikutnya yaitu jenis 2 component. Biasanya terdiri dari komponen cair ato pasta, satu lagi komponennya bubuk kayak semen. Nah jenis ini banyak banget merknya di depo bangunan, AM122 ato Sika 107, Bita, Cement Aid (ini yang gw pake betulin kolam ikan dan manjurrr), mortar juga ngeluarin produk ini. totalnya jadi binun mo pake mana. tapi liat aja tutupan per kg nya, artinya satu kilogram bisa buat berapa meter persegi untuk 2 lapis (umumnya menganjurkan dilapis vertical dan horisontal). rata-rata 2-4 meter persegi. Nah dari angka ini kita hitung berapa luasan yang akan diwaterproof…plus pemborosan 20% lah. AM 12 relatif lebih murah..240 ribu di Mitra 10 kalimalang, kalo Sika 107 sekarang di depo bangunan sedang sale 320 ribu untuk 20 kg dari harga normal 375 ribu.

Untuk lantai 2 teras belakang rumah, ini kena hujan alias area terbuka, dasarnya panel lantai hebel. Kalo langsung diwaterproof bisa boros banget. jadi aku suruh tukannya diratakan dulu permukaannya dengan mortar screeding ..satu zak 30 kilo hanya 31 ribu..ini kayak semen buat plesteran aja. kalo sudah rata dan halus, baru diwaterproof..jadi kan hemat, baru ditimpa dengan keramik/granit lantai. OK kan idenya, tukang ngerti? ya..jelas. tapi begitu dijalanin..he..he…liat aja hasilnya…gak dikerjain !!. alias panel lantai diaci dengan siraman semen cair..dibiarkan kering, baru dikuas dengan Sika waterproofnya..maksud gw kalo discreeding dulu kan rata n halus, jadi waterproofing nya bisa pake roll, biar cepet..nanti masang lantai juga lebih enak..tapi ya sudahlah , yang penting dah terlapis..2x.
Jadi untuk tembok samping yang ke tetangga aku pake Sika Rain tite, untuk dak beton, kamar mandi aku pake AM 122 yang 2 komponen dicampur. oh iya untuk sika…mereka juga jual cairan aja, jadi semen pencampur sendiri. Tapi aku beli yang langsung ada semen dan cairan aja..cairan di jerigen, semen di zak.

Sebenernya waktu cor dak beton dulu sudah dicampur cairan namanya Damdek. Ini merk yg tukang sangat hafal..ternyata ini cairan untuk penguat beton, lekas kering dan waterproofing juga. Tapi terus terang,menurut gw kurang meyakinkan keterangannya. di labelnya gede2 diklaim bahwa ia 3x kali lebih OK dari waterproof lain..di label tuh ditaroknya..bukannya harusnya iklan nya yang begitu, labelnya yang rada seriuslah, informatif gitu. Biar aja pembeli yang menilai. Damdek ini ada di hampir semua material alias toko bangunan di perumahan..jadi gampang diperoleh. Untuk satu kemasan dua liter harganya sekitar 45 ribu. Cairan ini dicampur air 5 liter..Nanti satu adukan molen jalan, biasanya semen satu zak ukurannya, dikasih air campur damdek ini segayung ato dua gayung. kalo tukang bilang betonnya lebih cepat kering (biasanya 2 minggu baru dilepas bekistingnya, kalo pake obat, seminggu mereka dah berani lepas..kecuali yg ngegantung…)

Hasilnya, untuk atap, dinding tetangga..dah berapa kali hujan..gak tembus. untuk kamar mandi, dah diwaterproof yang 2 komponen..disiram air pas sudah kering..airnya gak kurang alias gak tembus lantainya. Nah dengan 3 jenis waterproof ini, damdek waktu campur beton, AM122 untuk permukaan lantai, atap dak beton..lalu Sika Raintite untuk dinding luar yang menghadap ke tetangga. websitenya sika sangat informatif untuk jenis-jenis waterproofing..tapi harus dipastikan dulu ada di pasar ato ngga…soalnya banyak yg buat kelas industri aja..jadi gak nongol di depo ato mitra ato material deket rumah…

Semoga gak ada bocor….

About these ads

, , , , , ,

  1. #1 by sang61ruu on November 22, 2011 - 10:12 am

    mantab bener nie artikenya, teruskan gan… aye nyimak terus…. :)

    Like this

  2. #2 by Hary on June 11, 2012 - 9:47 am

    mas, bagus sika rain tite itu atau aqua proof ?

    Like this

  3. #3 by pahalanainggolan on June 11, 2012 - 10:57 am

    aku gak pernah bandingkan mas..tapi yg sika aku pakai sih oke saja tuh sampai sekarang..

    Like this

  4. #4 by mollmania on July 11, 2012 - 11:53 am

    Infonya sangat membantu pak

    Saat ini saya sedang ngedak rumah, tp berhubung dana ngepas buat lanjut bangunan lantai atas jadi stop dulu

    Nah buat mengatasi dak tidak bocor ato rembes karena sementara berfungsi sebagai atap, mesti di waterproof yg bagaimana mana ya

    Thx

    Like this

  5. #5 by pahalanainggolan on July 11, 2012 - 2:10 pm

    diberi waterproof seperti biasa mas..tetapi lebih penting lagi dibuat kemiringan yang pas agar airnya bisa mengalir seperti atap…

    Like this

  6. #6 by lenny on July 17, 2012 - 3:22 am

    mas,waterproofing utk kayu/papan/triplek ada ga y? Merk apa?

    Like this

  7. #7 by pahalanainggolan on July 17, 2012 - 11:00 pm

    wah aku gak tau mas…digoogle dulu saja..mungkin ketemu

    Like this

  1. Bangun rumah (15) -waterproofing alias anti bocor | Sufa Parquet Wood Flooring - Parquet Lantai Kayu Terbaik
  2. Bangun rumah (15) -waterproofing alias anti bocor | Wood Flooring - Parquet Lantai Kayu Terbaik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: