Bangun Rumah (14) plafon gypsum

Untuk pekerjaan plafon dan list profilnya keliatannya tidak susah. Banyak yang menawarkan jasa ini dengan pelbagai macam jenis kontrak. ada yang terima jadi, 70 ribu-80 ribu per meter persegi plus pemasangan list profilnya per meter 12 ribu. jadi total untuk ruangan 8×8 misalnya akan dihitung 64 meter persegi x 80 ribu plus 8+8+8+8 = 32 meter profil x 12 ribu. gypsum yang dibutuhkan tinggal dibagi saja dengan kira2 2 meter persegi per lembar…

model lain, borong upah pasang saja. gw pilih yang ini..upahnya mas Untung 20 ribu per meter persegi. Profilnya? 6 ribu per meter. Dengan model ini kita harus beli bahan-bahannya. gak banyak, cuma gypsum (yang paling mahal 50 ribuan- jaya board, elephant…sampai ada juga yg 30 ribuan, ukurang standar 120×244 cm). cornice ato kompon..itu buat isi jarank antar gypsum ato buat nutup yg bolong. kain kasa buat memperkuat sambungan yg dikompon, sama paku ato baut..dan terakhir rangka besi..hollow kalo tukang biasa bilang.

dari komponen material yg paling signifikan harganya ya gypsumnya, lalu hollow. nah disini kudu hati2 dengan penawarannya. cocokkan dulu spesifikasinya baru bandingkan harganya. kalau ada yg nawarin 80 ribu..lalu ada yg 70 ribu, bisa jadi lebih mahal yang 70 ribu..kalo spesifikasinya jauh lebih jelek. untuk gypsum..yg paling mahal jaya board dan elephant. untuk hollow yang paling mahal jenis metal furring..bilangnya hollow profil. Berikutnya hollow jenis galvanis. jadi besinya kotak dan berwarna putih metal. Terakhir yang menie..warna hijau-merah..tebalnya ada yang 0.35 mm ada yg 0.30. jadi spek tertinggi jelas:
gypsum jaya, hollow metal furring tebal 0.35 (gw beli 24 ribu per batang ukurang 4×4) Ada juga ukuran 2×4..tukangnya yg tahu kombinasinya..kayaknya yg 4×4 buat rangka besarnya, yang 2×4 buat yg kecil. Antar jenis hollow beda harga 1500-2000 jadi pandailah berhitung berapa total yg diperlukan.

Lalu keatas…ke rangka atapnya ada 2 macam cara. pertama pakai kawat digantung..jadi rangka plafon digantung ke rangka atap. kedua, pake hollow lagi..dibor …aku pilih yang kedua aja..lebih lama, tapi lebih kuat..gak tau kalo borong terima jadi mungkin perlu disebutkan didepan bahwa gantungan rangkanya gak kawat.

yang juga pengaruh ke harga per meter soal plafon don (maksudnya down..itu plafon yang berjenjang..beda ketinggian, masuk ke dalam) untuk ini harus juga dari awal disebut..karena upahnya plus 4 ribu perak lagi per meter untuk bikin model down..Lubang buat lampu downlight..harganya tidak termasuk, tapi kalo punya tukang listrik mending mereka aja yang ngerjain.

pekerjaan plafon ini singkat sebenarnya..full electrict. tapi perlu tangga tinggi..jadi kalo punya scafolding amat sangat membantu..lalu pekerjaan ini juga baru bisa dimulai kalau dinding sudah diaci..jadi sabar…biar diaci dulu semua, baru panggil tukang plafon. Tukang sendiri gimana? bisa aja sih..tapi gw sih percaya spesialisasi…paling gak kita gak pusing nyediain alat bor ato perkakas lain. jadi tinggal beli bahan..ato bahkan kalo mau borongan langsung..terima jadi.

List profil itu barang sepele tapi mahal. tergantung jenis yg dipilih..makin besar makin mahal..jualnya per 2 meter..gw pake yg lebar total 7 cm ..harganya 12 ribu per batang (2 meter) plus ongkos pasang 6 ribu per meter. Ada juga alternatif lain..yg pasti lebih murah, tapi untuk list yg banyak. dateng aja ke toko gypsum, beli cetakan mika..sekitar 300-400 ribu..lalu beli cornice beberapa kilo, plus material lain, termasuk kasa serat..lalu bikin sendiri…cuma 6 ribu per batang upahnya. kalo perlu sekitar 400 meter..bolehlah..kalo cuma 200 meter..masih lebih murah sih, tapi rada lama nyetaknya..jadi buang waktu konstruksi aja.

Untuk plafon bagian atap luar..tidak disarankan gypsum. salah satu kelemahan gypsum itu air. kalo kena air..waduh bahaya deh..jadi dipakai lembaran GRC..disebutnya kalsiboard..belakangan gw tau itu merek sebenernya. jadi lembaran ini ukuran sama dengan gypsum..lebih tipis..kalo tau jaman dulu namanya eternit. jadi tahan air..rata juga, hanya lebih tipis. nah yg ini buat diluar antisipasi kalo bocor genteng ato kena tampias..gak rusak jadinya.

Satu lagi, sebelum pasang plafon..mending tunggu hujan dulu..soalnya kalo dah dipasang lalu bocor kan berabe…sama pemasangan kabel lampu selesai semua, baru gypsum dipasang. dibor aja ke rangka besinya..dan sudah ada pakunya. makanya cepat sekali kerjanya. yg lama mengkompon alias mendempul..baru nanti di amplas lagi…ini yg paling lama.

Plafon selesai dipasang, list profil ditempel disampingnya..baru deh dicat putih..gak usah pakai warna dasar segala..toh permukaan halus dan kering…tadinya mo pake ici dulux pentalite. karena ia punya super white..disamping brilliant white. tukangnya di depo bilang kalo super white adalah produk terputih dibanding yg lain..harganya 850 ribu per peel. geser dikit, ada catylac..ICI juga tapi kelas lebih rendah..baru ngeluarin produk baru..putih 500. 350 ribu per peel. mending beli ini aja deh..toh buat plafon ini ..gak ada yg menyentuh juga.
kok beda ya? pengelaman sih bilang kalo cat dulux itu tutupannya bagus..jadi kalo mencat bidang baru gitu, kalo dulux 2-3 kali aja sudah cukup. kalo model vinilex, catylac..bisa 6 kali..bolak balik. baru puas. nah ini implikasinya kan ke biaya tukang yak. makanya ada harga ada rupa tuh bener banget yak. Ada cat khusus plafon..kem-tone..kayaknya dari US gitu..entah kalo sudah diproduksi disini..per peel nya 600 ribuan. jadi dah dekat tuh sama dulux.

tukang plafon yg jago..bisa bikin plafon rata, gak keliatan bekas komponn na (mengamplasnya sabar dan bersih) dan beberapa tahun kemudian tidak melengkung..makanya pake besi kali yak. gak menyesuasikan diri dengan berat beban. plafon selesai dipasang, dilubangi untuk lampu..dicat dulu 2 lapis..lalu finishing deh.

About these ads

, , , , , , ,

  1. #1 by iainkampusiiibrah on December 11, 2011 - 4:10 pm

    Thanks curhatnya

    Like this

  2. #2 by Hary on June 11, 2012 - 9:42 am

    mas , kalo kita pake catylac, di cat 6 kali baru dapet warna yang kita mau. jadi nay lebih boros secara harga pake catylac atau pake pentalite ?.

    Like this

  3. #3 by pahalanainggolan on June 11, 2012 - 11:00 am

    kalau buat rumah sendiri aku pilih yg lebih mahal aja mas… bukan apa-apa, ada harga pasti ada rupa itu hukum besi yg selalu berlaku..selain dapet warna lebih cepat..kekuatan warna dalam beberapa tahun kedepan juga bakal pengaruh..

    Like this

  4. #4 by reinaldo djuntak on July 12, 2012 - 9:25 am

    borong upah pasang saja. gw pilih yang ini..upahnya mas Untung 20 ribu per meter persegi
    Masih ada no hape mas Untung Lae ?

    Like this

  5. #5 by pahalanainggolan on July 12, 2012 - 11:18 am

    untung 081383000587; 087879236581; 082122458749. kalau dia yg ngerjain lumayan..tapi kalo sudah dikerjakan pasukannya rada kacau..jadi minta supaya dia aja yg ngerjain sendiri lae.

    Like this

  6. #6 by Momon jadul on July 28, 2012 - 3:57 pm

    Cara membuat rangka plafon holoww..Drop celling

    Like this

  7. #7 by Canggih Sugih on November 30, 2012 - 1:09 am

    good, tengkyu artikelnya.

    Like this

  8. #8 by Pangilan kufath on October 12, 2013 - 5:50 pm

    Aku spesialis ahli pasang plapon khsus kwalitas profesional sudah teruji di perumahan perumaham elit klasik dan macam macam mainan plapon bidangnya dan statdar kwalitas !08992743421 boleh cek!tapi ya itu harga pengerja’anya pasti agak mahal tapi gak bakal kecewa!

    Like this

  1. Bangun Rumah (14) plafon gypsum | Sufa Parquet Wood Flooring - Parquet Lantai Kayu Terbaik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: