Bangun Rumah – Mortar…Plaster dan Aci (13)

Sejak memutuskan pakai bata ringan hebel, teman untuk melekatkannya seharusnya thin bed..kalo pakai produk mortar utama nomor 270 kalo gak salah. tapi setelah berhitung total tembok yang akan dibangun..waduh berat juga kalo pake mortar ini, satu zak harganya 90 ribuan isi 25 kilogram..ya sudahlah diputuskan pakai adukan semen pasir aja. memang jadi lebih tebal jarak antar hebel..kalo thin bed bisa jarak 3 milimeter, kalo adukan bisa 1 cm. kalo thin bed sejam dah kering banget..lengket satu sama lain..kalo adukan..ya lebih mudah dicopot pastinya.

untuk plaster..jelas deh gak pake mortar..jauh banget beda costnya. mortar untuk plaster itu untuk 40 kilogram kira2 harganya sama dengan harga semen. untuk produk drymix di depo bangunan 30 kilogram harganya 30 ribuan…Dibandingkan adukan tradisional, tentu saja volumenya lebih besar karena dicampur pasir. Nah, tinggal aja pasirnya dipilih yang bagus..lebih halus, supaya tukangnya gak perlu buang batu2..atau keneknya harus kerja dua kali..nyaring pasir dengan ayakan kawat.

Pasirnya pesan ke Agus..dia tukang pasir yang punya truk. jadi kalo telfon sore, dia malem ke tanjung priuk, ambil pasirnya. Subuh dah dateng..masih basah pasirnya…cash and carry. jenisnya beragam. yg paling top pasir putih bangka, 1,8 juta per 7 kubik…kedua pasir putih lampung, beda 150 ribu lah..berikut pasir putih rangkasbitung, 1.500.000 per 7 kubik. diantar dan diturunkan di rumah. kalau untuk cor..perlu yang lebih kasar..pasir hitam cisauk-jonggol harganya 1.300.000 per 7 kubik. di pos kota suka ada yg nawarin pasir juga..per 4 kubik. biasanya dari penumpukan..jadi ada pangkalannya, pasir diturunkan..sambil dikeringkan..berharap volume bertambah..jadi waktu dimuat ke truk lagi..masih sama 7 kubik, tapi karena sudah kering..jadi lebih sedikit. pernah baca di koran..memang begini bisnis pasir bikin duit…pasir basah 7 kubik..dikeringkan..muat lagi..sisa deh barang 1 kubik karena sudah kering kan lebih berkembang.

Sudah diplaster..diaci. nah ini dia. Keliling depo bangunan..3 merk mortar acian yang berkelahi..drymix..dukungannya indocement, mortar utama-ato MU..relatif mahal untuk setiap produk..satu lagi AM. semua jual produk yang head to head bersaing..tinggal aja kita tunggu yang lagi diskon yang mana. sumpah, kalo diskon pasti lebih murah..karena kalo udah lewat periodenya, harga balik lagi..jadi jangan sampai ketinggalan..kalo lagi diskon, merek apa aja, ambil. secara teknis gw rasa sama aja kok..ini gak ada rumus rahasianya..wong barang berbasis semen plus adhesive ato pelekat..gitu aja. Kalo semen kan buat segala macam permukaan..kalo mortar sudah diatur..untuk yg perlu lebih lekat..misalnya pasang keramik..campuran beda dengan plaster..lalu keramik diatas keramik..beda lagi..logikanya sih pasti adhesivenya lebih banyak.

Acian dengan semen biasa penyakitnya retak rambut. dari sisi tukang, semen itu cepat kering..jadi harus buru2 digosok..kalo ngga terlanjur kering, ngegosoknya lebih keras lagi..jadi makan tenaga. digosok sampai keluar kayak embun air di permukaannya..baru halus. Penyakit berikutnya warna abu2 tua. jadi kalo mo dicat harus diplamur dulu..biar pori ketutup plus supaya warna agak putih..setelah plamur, cat dasar alkali..biar gak panuan..nah kebayang kan berapa step kerjaannya.

Mortar acian lebih lama kering..jadi tukang lebih santai..lebih empuk. hasilnya bisa sama halusnya…gw beli acian yang tidak perlu diplamur lagi..warnyanya sudah putih..eh krem deh…jadi dijamin gak perlu lagi step tambahan..abis aci..tunggu seminggu langsung cat warna. kebetulan drymix lagi sale..diskon 20% kalo gak salah. ya sudah, hitung aja total hebel yagn dipake dulu 35 kubik alias 350 meter persegi.kalo bolak balik diplester aci. berarti ada 700 meter persegi. kalo satu zak 40 kilo bisa nutup 10-12 meter, berarti butuh 70 zak. untuk amannya beli aja dulu 60 zak deh..per zak harganya 51 ribu..sekarang sih sudah balik lagi ke 62 ribu. Ada juga yg sebut acian ini skimcoat..jadi acian putih langsung..gak perlu plamir dan tidak retak rambut.
Drymix ada juga yg buat acian beton. masuk akal kan..beton itu lebih halus..jadi perlu acian yang lebih lengket..alias harga lebih mahal..sekitar 30 ribu lebih mahal dari acian buat dasar plaster. karena lagi habis, gw pake aja acian buat beton tapi hasilnya warna abu2..dari AM..soalnya juga lagi diskon..aslinya 102 ribu per 40 kilo..sekarang lagi 85 ribu..cihuy beli 10 zak deh..buat ngaci topi jendela plus tangga.

jadi overall memang mortar lebih mahal dibanding yg konvensional, tapi untuk penggunaan tertentu seperti profil, acian diatas beton, keramik diatas keramik, acian putih..bahkan acian putih diatas hebel langsung…tentu saja mortar sudah diformulasi khusus. jadi pasti lebih baik dibandingkan dengan yg konvensional dimana kandungan semennya standar dan tidak memperhatikan kegunaannya yg khusus.
Untuk pemasangan hebel, thin bed jauh lebih mahal..tapi lebih kuat. plaster..jelas konvensional lebih baik..soalnya juga lebih tebal, tukang biasanya gak bisa diminta plester 8 milimeter..biasanya 1.5 cm ato lebih..jadi faktor kebiasaan patut kita hitung. Lalu acian..kayaknya kalo sedikit bidangnya pasti mortar..kalo banyak, perlu dipikirkan dulu nih..dengan adanya acian putih, bisa bersaing lah dengan semen.

About these ads

, , , , , ,

  1. #1 by Tony Silaban on September 6, 2011 - 7:48 am

    Terima kasih telah berbagi lae… Sharingnya sangat membantu saya apalagi buat saya yang sangat awam dengan dunia bangunan rumah…

    b regards
    Tony Silaban

    Like

  2. #2 by az3angle on December 20, 2011 - 5:28 am

    mortar itu buknnya campuran semen+pasir+kerikil????

    Like

  3. #3 by pahalanainggolan on December 20, 2011 - 10:03 pm

    aku cuma pakai istilah mortar sesuai dengan yang dipakai sehari-hari saja mas..bisa jadi terjemahan yang benar itu..aku gak tau pasti. yg aku maksud mortar ..ya semua pengganti semen yang terdiri dari pelbagai jenis sesuai dengan kebutuhan..

    Like

  4. #4 by sabro on December 27, 2011 - 11:32 pm

    kalau plesteran mau di aci tunggu berapa lama biar dapat hasilyang bagus??? trims

    Like

  5. #5 by pahalanainggolan on December 28, 2011 - 9:21 am

    plester ke aci asal sudah kering saja..paling 2-3 hari..soalnya sama bahannya..semen. kalau aci ke cat..ini yg harus kering benar…makanya kadang perlu alkali..buat serap air yg masih sisa..kalau tukang bilang tunggu acian nya keluar keringat..jadi ada air di lapisan acian..lalu kering..nah yg ini bisa sudah dicat..kalo baru 2-3 hari sih..ngga deh..amannya 3 minggu .lebih aman lagi di alkali terutama untuk daerah lembab..

    Like

  6. #6 by Octa on November 17, 2012 - 2:20 pm

    saya kebetulan lagi mau renov nih, makasi bgt info nya krn saya memang akan pakai hebel jg….. btw klo aku mau beli yg harga nya masuk akal dan bagus, kamu akan merekomendasikan apa nih? hehehehehe

    trus beli hebel ya murah di mana ya? hahahahaha biasa deh sy ibu2 jd slalu cari yg murah tp bagus. krn sekarang kan banyak banget tuh bata ringan dgn merek lain, tp saya mau nya pake hebel, ada info yg bisa d share utk saya jg? pleaseeeee……….

    Like

  7. #7 by pahalanainggolan on November 19, 2012 - 4:07 am

    kalo bata ringan ato blok yg merk hebel harganya sama saja dimana-mana..dan agak jarang di toko bangunan..enaknya call mereka dan pesan..tapi minimum 10 meter kubik. Setahuku..hebel itu merk yg paling mahal sekarang…merk lain sekitar 100 ribu-250 ribu lebih murah per kubiknya…dan tersedia di toko toko bangunan dekat rumah. apakah beda antara hebel dengan merk lain..secara teknis aku gak tau…. sayangnya yang murah dan yang bagus itu jarang kompak dan akur bu…jadi selamat mencoba.

    Like

  8. #8 by ny.sinaga on October 5, 2013 - 3:17 pm

    Pak boleh tau telpon pak Agus,kebetulan saya lagi bangun kontrakan butuh bnyk pasir.trims

    Like

  9. #9 by pahalanainggolan on October 6, 2013 - 12:32 pm

    081219741881…semoga masih aktif nomor nya.

    Like

  1. deal a day

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: