bangun rumah (5) gambar kerja arsitek

indograha arsitek kirim gambar bertahap. setelah gambar buat IMB (ternyata begitu keluar IMB nya gambar depan rada lain..ada tanah terbuka yang ditambahkan). pesan orang kecamatan ,kalo mo ngerubah jangan tampak depan, kalo ada yg iseng nanti repot..jadi perubahan ruang, belakang sih ok aja.

gambar berikut yg dateng pondasi lantai 1 dan lantai 2. ini gambar berguna banget buat diterjemahkan kepala tukang. cakar ayam yang diperlukan sudah digambar detail, berapa buah ukuran A, B dan C sudah ada. jadi mudah tinggal order ke material buat dibikinin..3 hari jadi. slof sudah juga digambar ukuran berapa, jadi buat tukang mudah menterjemahkan untuk dibikin. kegunaan lain dari gambar pondasi dan balok ini waktu pesan panel lantai hebel.
oh iya, lupa bilang, untuk mempersingkat waktu kerja, lantai 2 pakai panel lantai hebel saja. lihat deh di hebel.co.id. terpasang harganya 325 ribu per meter persegi. silakan dihitung dibandingkan dengan cor manual lebih mahal atau murah. yang jelas lebih cepat. nah mereka butuh gambar pondasi lantai 1 dan 2 ini…untuk menentukan berapa meter dan ukuran berapa panel lantai yang dibutuhkan. tinggal call salesnya, mas ignatius suryo..kirim via e-mail gambar dari mas herry…kembali deh dengan rincian panel lantai yang diperlukan sama total meter perseginya. tinggal kali dengan 325 ribu..transfer ke rekening yang ditunjuk. nanti kalau sudah cor balok atas, call dulu mereka supaya bisa disupervisi kalau ada yg kurang pas balok nya. karena panel lantai ditaruh diatas balok.

gambar lainnya adalah gambar atap. silakan pilih model atap, arsitek memberikan beberapa pilihan. kalau sudah ok, gambar atap keluar. tinggal kirim via e-mail ke tukang baja ringan. gw pilih yang merk pryda aja. jadi lihat aja webnya, call minta alamat salah satu fabrikatornya/agen resminya. nanti kita call sales engineernya..minta kirim gambar denah atap. dari gambar ini keluar estimasinya..plus harga. harga terima jadi plus tawaran untuk bikin sekalian pasang lis plank, dan alumunium foil. untuk luas atap 130 meter plus lis plank plus alumunium foil kena 22 juta. transfer 50% and done. nanti kalo dah balok lantai 2 selesai tinggal telfon..pasang kira2 makan waktu 4-5 hari.fabrikasi di tempat mereka, jadi di lokasi tinggal pasang aja. garansi resmi 10 tahun dari pryda.
jangan lupa, mereka minta kita tentukan jenis genteng yg dipakai. karena mempengaruhi jarak reng gentengnya. gw call arsiteknya dia anjurkan monier excel flat besar. ok tinggal sampaikan saja ke sales engineernya. harga genteng ini sekitar 7500 per biji. semeter persegi bisa 10 biji. jadi 130 meter persegi tinggal kali aja. plus 10% cadangan. plus nok nya..plus untuk samping (karena model atap pelana).jadi pesan genteng, nok sama genteng samping.

gambar lain yg dihasilkan kusen dan pintu. detail banget..semua jenis kusen dan pintu ada di halaman tersediri. gunanya? tinggal cara di web yg jual kusen alumunium..ada beberapa jenis kusen alumunium. pertama yang warna abu-abu, hitam, coklat..ini satu harga. lalu kalo mau yg putih, merah, ato warna lain ini lebih mahal 40%. kalo mau yg motif kayu, kira2 100-120% lebih mahal. jangan ketipu dengan harga…ada pelbagai merek tersedia. range harga ikut merek. jadi kalo ada yg nawarin lebih murah, jangan2 merek yg dipake memang beda…bandingkan apple to apple. kacanya juga gitu, lain merek lain harga. kalo mo bandingkan harga, bawa gambar yg sama, cari ketebalan alumunium yg sama (3 ato 4 milimeter), jenis yg sama -warna putih misalnya, merek sama, kaca merek sama, plus pake engsel lengkap ato ngga. baru perbandingan bisa jalan..plus kalo bisa lihat hasil yang udah ada aja.
tinggal kirim gambar kusen dan pintu ini via e-mail ke tukang kusen alumunium, dateng deh harganya..tinggal dipikir n dipilih. kusen pintu ini butuh waktu 1 minggu bikinnya..tapi nanti kalau sudah ngga ada lagi kerjaan semen..jadi kalo sudah bersih diaci semua. baru deh kusen dipasang. jadi masih lama sih.

selesai urusan atap, kusen, gambar lainnya gambar air kotor, air bersih, saluran listrik/kabel..jadi waktu bikin pondasi gak bakal lagi gali-gali ulang karena sudah jelas saluran air mana, saluran air bersih kemana aja plus kabel listrik..tinggal tanam aja waktu bikin tembok. praktis kan gak usah bobok tembok lagi ato gali menggali gara-gara letak baru diketahui belakangan.

gambar lantai..nah, kalo gak yakin apakan lantai ukuran 40×40 atao 60×60 atao 80×80..gambar arsitek sangat membantu..diberi gambar dengan lantai ukuran tertentu tadi..tinggal kita lihat aja. kegedean atao kekecilan..kalo kekecilan jadi penuh rasanya rumahnya, kalo kegedean jadi aneh. makanya enaknya liat aja gambar arsiteknya.

terakhir dia kasih gambar kombinasi warna dari rumah..mungkin kita mau lantai bawah atas beda..ada beberapa kombinasi warnya yg dikasih, plus gambar tiga dimensi dari pelbagai sudut. Sebenernya dia akan kasih juga RAB rancangan anggaran biaya, kira -kira ini anggarannya. tapi biasanya kalo buat bangun sendiri (bukan pake kontraktor borongan) rada susah bacanya. bayangin aja kalo anggarannya dibagi atas pekerjaaan persiapan..pekerjaan atap..wah susah bacanya karena lain kategori dengan yg kita bayangkan..sebagai orang awam maunya ditunjukin berapa tukang yg dibutuhkan untuk semua, berapa semen berapa pasir, berapa keramik berapa genteng..dsb. yang ada pekerjaan lantai..per unit berapa total jadi berapa..nah kita gak tau nih berapa harga lantainya berapa tukangnya. jadi aku bilang gak usah deh RAB nya. biar aja aku jalanin..toh kalo kurang anggarannya tinggal brenti aja…he..he..he..lagian jaman sekarang kayaknya bisa juga kok ngira-ngira..itu aja 3 juta per meter misalnya. lalu kalikan luas bangunan. maksimum segitu deh anggarannya. lalu mulai lah dengan kasih kerjaan terpisah ke atap baja ringan, panel lantai hebel, plafon, lantai,kusen…jadi bisa dihitung berapa nilai kerjaan ini total plus tukang kita yang ngerjain pondasi, tembok, plester, aci dll…
gampang kan?

About these ads

, , , , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: