kolam ikan bocor, perbaiki sendiri

setelah direnovasi sedikit..kolam ikan di depan rumah malah bocor. ukurannya sih gak besar…persegi 1×2 meter..buatnya dulu setengah mati…nyangkul sendiri..gak kuat, panggil satpam..minta tolong dicangkulin. setelah jadi lubang tanahnya..tinggal dibuat pasangan bata..semen rada banyak…4 bata aja tingginya dah cukup. setelah itu, diplester seadanya..lagi-lagi semen banyak..nah supaya kelihatan ok, tinggal beli aja batu alam..yg ukuran 20×20..tinggal tempel..jadi dindingnya. alas lantainya? gak usah susah2..semen sampai rata..kasih lebih tebal semen lebih banyak..pas masih basah..kasih aja keramik 20X20..pasang diagonal…jadi deh. tunggu aja barang 3 hari..lalu kasih air. diamkan 3 hari lagi, buang airnya..lalu isi air baru..diamkan 1 hari..ikan siap dilepas.
dasar bukan tukang profesional..gak taunya kelewat rendah kalo tinggi kolam hanya 20 CM..alhasil ikan disamber kucing..terpaksa deh beli tutup kolamnya. Beli aja pagar BRC..sekitar 90 ribu dulunya..lalu potong..jadi deh tutup kolamnya. Beli juga pompa airnya..pakai aja pompa yang buat akuarium…hanya 40 ribu sekarang..nanti kalo dah 1 tahun lebih rusak..tinggal beli lagi aja. dari pada pake pompa yg canggih n mahal.
ikan sudah bisa dilihat tuh malam2..jam 11 an gitu..suara air dari pompa sayup-sayup..air bening..dasar kolam bersih (soalnya didominasi keramik)..duduk deh ditepi kolam..merenung-renung..

bersihinnya repot? gak tuh..bersihin semauny aja…tinggal ikan dipindah ke ember dulu..kolam dikeringin..sikat dikit-dikit..isi air lagi..tuang lagi ikannya..kata tukang ikan sih harus ditunggu 1/2 jam gitu..ah gw sih langsugn aja n ikannya happy aja kok.

lama-lama terganggu juga nih dengan tutup kawat pagarnya..akhirnya panggil tukang lagi, minta tambahin 10 cm tanggulnya..pake hebel aja. jadi tinggal taruh..dah gitu ada sisi keramik .tinggal taruh diatasnya. jadi deh kolam dengan tinggi air 30 cm ke dasar…kucing gak berani ngambil ikannya. penutup kolam tidak lagi diperlukan.

entah kenapa, tiba-tiba kolam bocor. selalu airnya turun hingga setengah. sudah diisi..kembali lagi ke tingkat itu..panggil tukang ..setengah hari nyari bocornya dimana..tapi dia tambal aja asal2an setiap sambungan dengan semen putih. alhasil kolam gw kayak penuh panu..garis2 putih. dasar deh itu tukang…n masih juga bocor alias air turun ke level setengah.

pas lagi pulang kantor rada siang, mampir deh ke mitra 10 kalimalang. nanya2 soal kolam bocor..tadinya aku pikir pake aja aquaproof..kata mbak yg jaga jangan. soalnya ikannya wafat nanti..dan aquaproof itu memberi lapisan seperti karet..nanti kalo disikat kolamnya lapisan bisa ngelotok..solusinya ditawarkan cement-aid. Jadi tau bedanya waterproof yg dilapis kayak aqua proof dengan water proof yang bukan lapisan karet, kayak cement aid ini. Kaleng 1 liter harganya 90 ribu kalo gak salah.jadi ini memang cement yagn anti air..jadi bukannya lapisan lantai diberi lapisan anti air. kayak cement aid ini memang cement yang anti air. Sampai rumah, buka isi nya. terdiri dari dua bungkus, pertama abu2 tua kayak semen.kedua, bubur kayak lem kayu yang putih. cement aid menyediakan pelbagai warna. silakan dipilih aja. campur dengan proporsi yang sudah ada di kalengnya. lalu langsung deh dikuaskan..aku sengaja pilih di garis batu alam, di lantai dasar..kuaskan saja horisontal dulu..nanti kalau sudah kering..kira2 1 jam gitu baru deh aplikasi yang vertikal.
Gak ada baunya, mudah pencampurannya, tinggal dikuas aja ke bidang yang diinginkan..

Bocornya selesai? tentu saja…ini kan cuma masalah nanya aja…sekarang nambah deh pengetahuan..kalo mo melapis lantai yang tahan bocor, pake aja cement aid ini sebagai lapisan.
silakan dicoba..bikin kolamnya, sama nambal dengan cement aid.

About these ads

, , , ,

  1. #1 by ayu dewi on March 25, 2011 - 1:01 pm

    bagus ..nie infonya boleh dicoba Thanks..

    Like this

  2. #2 by eva on September 3, 2011 - 1:27 am

    Nanya dong pak,,
    saya sdh beli cementaid nya nih..
    campur aja bahannya semuanya ya? pakai air ngga? saya bingung liat petunjuk di kalengnya,,
    mohon info,, thanks

    Like this

  3. #3 by pahalanainggolan on September 3, 2011 - 2:44 am

    campur aja semuanya..gak usah ditambah air.. karena harus dua lapis..bagusnya campurnya setengah dulu..setengah bubuk setengah cairan/pasta…lalu habiskan… tunggu kering dulu…baru campur lagi yg setengahnya… pahala

    Like this

  4. #4 by arul on January 20, 2012 - 4:01 am

    cementaidnya yg jenis ap yah..kan ad 5 macem tuh..ane binging nih

    Like this

  5. #5 by pahalanainggolan on January 20, 2012 - 4:34 am

    weldcrete coating..

    Like this

  6. #6 by Yukky on June 9, 2012 - 2:39 am

    pake nad bisa gak mas nambalnya?

    Like this

  7. #7 by pahalanainggolan on June 9, 2012 - 6:10 am

    bisa aja kalau tau pasti bocornya dari nad nya.. kadang kita gak tau dari mana bocornya..jadi amannya sih ditutup semua aja

    Like this

  8. #8 by Muhamad Aliyasa on July 24, 2012 - 4:40 pm

    mau nanya, klo gak di aci langsung pake cement aid d kuas bisa gak??

    Like this

  9. #9 by pahalanainggolan on July 25, 2012 - 2:50 am

    bisa aja pak..tapi perlu lebih banyak cement aidnya..dan harus lebih tebal untuk memastikan pori pori nya tertutup rapat semua..kalau diaci ..permukaannya lebih rata.. pori lebih kecil…jadi waterproofnya lebih sedikit dan lebih mudah untuk bikin tidak bocornya.

    Like this

  10. #10 by adhe on November 9, 2012 - 5:19 am

    mau tanya nih pak… kalo cement aid itu belinya di toko cat ato ato toko bahan bangunan

    Like this

  11. #11 by pahalanainggolan on November 9, 2012 - 2:46 pm

    kalo ada mitra 10 ato depo bangunan..disitu aku belinya. tapi kalo gak ada..ya di toko bahan bangunan…cement aid ada dua jenis, yg khusus kolam ikan itu ada tandanya..dan disebut jelas di kemasannya serta lebih mahal dibanding waterproof biasa…kemarin aku lihat ada merk baru..aquatide kalo gak salah..di mitra 10

    Like this

  12. #12 by ALAY MUST DIE on November 17, 2012 - 9:52 am

    mau tanya nih bang, kuasnya pke kuas cat biasa?

    Like this

  13. #13 by pahalanainggolan on November 17, 2012 - 1:44 pm

    iya..kuas biasa …

    Like this

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: