Urus Dokumen- Samsat Balik nama,Panjang STNK, Denda Motor

mesin motor dah dipasang di rangka yang lain…n dah dipake jalan..tinggal dokumen nya nih dibenerin..biar sempurna…

mulai deh hunting siapa yg bisa urus suratnya…no rangka, no mesin ada n cocok dengan bpkb stnk. yang mau diurus:

- stnk telat, terakhir itu juli 2008…ini dah juli 2009, jadi sekaligus 2 tahun bayarnya sampai 2010

- baliknama

karena gw liat stnk nya terdaftar di jakarta timur, gw pergi ke kebon nanas..langsugn deh calonya datengin kalo kita diliat celingak celinguk…gw pasagn muka yakin n jalan ke bagian informasi…pak polisi yg jaga..n gak ramah banget…pertama dia bilagn harus cek fisik…ke samping…gw bilang bisa gak kalo motor gak dibawa..soalnya kan mesin kepasang di bodi yang lain..n bodi aslinya belon dicat lagi…dia jawab tanpa ngeliat muka gw..apalagi senyum…tanya aja ke samping…duh, gak bisa lebih ramah pak.

gw ke samping kantor samsat.antri diloket buat nanya. jawabnya ketus aja..sambil tetap ngeliat dokumen yg sedang dikerjain…gak bisa pak ..harus dibawa…motor dan rangka…padahal sumpah deh, si kuning corolla itu tahun lalu gw balik nama pake biro jasa yayasan polri…bisa tuh gak dibawa…tukang nya yg dateng dengan kertas stiker untuk esek2nya…apa karena biro jasa ya…

oh iya sebelumnya gw telfon itu biro jasa dekat rumah..dia bilang ngga peduli ngurus motor yg stnk nya cuma 40 ribu..pokoknya ongkos ngurus flat …350 rebu…wuiiih…artinya kalo biro jasa bisa dapet kertas buat esek mesin n rangka…dikerjain di rumah..n bawa lagi..kalo kita awam..kudu dibawa fisik motor or mobilnya….duh indonesia.

pulang deh dari samsat jakarta timur..kebayang deh kudu mindahin mesin ke rangka yg belon ada roda segala macem..dah gitu bawa pake mobil..buat diesek doang..

minggu depannya dateng lagi deh ke jkt timur…dah niat mo pake calo aja..daripada cape bawanya…gw datengin polisi n minta tolong..ok, 300 rebu diluar tagihan2 resmi…pas gw kasih ktp gw ..lah pak ini jakarta selatan..bapak harus ngurusnya di komdak…oh…gitu toh..jadi ngurus balik nama itu harus ke kantor samsat dimana ktp kita berada….bilagn dong boss..tau gitu.

akhirnya ke komdak deh…kalo ini memang niat mo cari info dulu..apakah bisa cek fisik dilakukan dirumah untuk balik nama…nanya ke informasi, dibilang di bagian cek fisik..ke bagian itu..ngantri dulu..dah dapet giliran..boleh gak cek fisik di rumah..jawabnya, tanya petugas cek fisik, ke petugas…jawabnya ambil aja formnya di tempat fotocopy…10 rebu saja ! hura…berarti bisa cek fisik di rumah …beli stiker buat esek2nya di tempat foto copy itu…

langsugn beli, malem esek2 deh no rangka n no mesin..pake pensil…jadi itu kertas stiker..kita tempel di rangka yg ada nomornya…kalo bebek c 70 disebelah kiri ..diatas mesin pas.kalo sudah menutupi no rangkanya…tinggal ambil pensil tumpul..arsir rapat2…jadi tutup semua dengan warna hitam..arsirnya searah..jangan muter2..supaya nomor jelas…

no mesin nya ada kiri mesin..deket injekan kaki…bersihin dulu dari oli, debu..tempel stiker..ratakan..baru esek2 ato arsir rapih…gitu aja.

ini pagi ke komdak jam 8 pagi pas…eh belon buka. maklum 1 juli upacara…prosesnya gimana lagi ya…yg paling top di komdak ato tempat2 kaya gini adalah tukang fotocopy…dateng kesana…n diterangkan dengan lengkap, jelas, aplikatif, sempurna..he..he…jadi semua dokumen yg diperlukan difotocopy sama beliau…disusun lengkap…yang diperlukan…untuk balik nama perlu cek fisik..untuk cek fisik perlu daftar dulu bawa stnk..dari situ dikasih stiker untk esek2…lah gw kan sudah langsung esek2..kalo gitu perlu daftar dulu…tukang fotocopy bilang ada resiko kalo esek2 dirumah bakal ditolak, jadi mending bayar polisi aja 30 rebu..langsugn keluar pendaftaran dan surat tanda sudah dicek fisik…kalo resmi, bayar 20 rebu buat daftar..dicek fisik..n baru keluar tanda sudah dicek fisik..nunggu 30 menitan..plus cek fisiknya…

wah kalo ini mah gw realistis aja deh..gw cari polisi, kasih 30 ribu, bilang aja minta legalisir buat baliknama…5 menit dah keluar…dengan tanda cek fisik

jadi kita perlu siapin stnk, bpkb,tanda cek fisik, ktp, kwitansi jual beli (bikin aja ndiri plus meterai)..kasih tukang fotocopy..yg diseberang gedugn cek fisik is recommended one…disebelah kantin bhayangkara..sangat baik orangnya…informatif..lebih informatif dari bagian informasinya komdak bahkan..he..he…(kenapa gak dia aja ya yg diangkat jadi information officer)

nanti disusun sama beliau..dibagi 2..ini buat cek fisik, kasih aja duit 30 ribu ke polisi..nanti kalo dah keluar surat tanda cek fisik, balik lagi ke dia..perlu fotocopy lagi…ok boss.

gw balik lagi ke fotocopy, dicek lagi sama beliau n ok !..pergi deh ke lantai 3 …bayar dulu denda stnk telat..kalo gak ada yg telat sih langsugn ke lantai 2….bagian baliknama…

di lantai 3..bingung lagi..mulai dari mana nih…nanya..oh ada loket SKP…tanya disana, kudu pake formulir dulu…ambil dimana formnya mbak? di lantai 4…ambil ke lantai 4…nanya gimana ngisinya ke polisi..dia bilang formulirnya salah..ambil di lantai 3 ..lah tadi di lantai 3 katanya ke lt 4..disini dibilang ke 3 ..gimana sih.

rupanya form untuk denda lalu balik nama itu lain. jadi balik lagi deh ke lantai 3..tanya mbak yg sama..eh dikasih aja tuh form nya…gimana sih mbak….

form diisi…tinggal kasih aja tuh berkas yg udah disusun pak fotocopy…lalu dikasih tanda terima, disuruh tunggu…10 menit keluar deh SKP (entah apa singkatannya..kira2 ini itungan dengan telat 1 tahun…) gak enaknya giliran kita itu dibacain no polisinya..jadi kudu menyimak terus…en bayar 10 ribu..jangan tanya tanda terima boss…

usul: lain kali semua ruang kerja pelayanan publik harus dibuat terbuka, berkaca .supaya kita yg ngantri bisa liat apa yang terjadi di ruangan ..apakah mereka semua sibuk memproses dokumen kita para pengantri , para pembayar pajak ..atao mereka lagi sibuk makan gorengan, melayani para sahabat mereka..baik rekan polisi maupun rekan sipil…ato memproses dokumen kita.

SKP keluar..pergi ke loket jasa raharja…antri lagi, dipanggil lagi..dari situ baru ke kasir…bayar ! stnk nya gw liat 48 ribu setahun…kali ini plus denda jadi 100 rebu. dibuletin sih angkanya sama mbak kasir sebenarnya 97 ribu..tapi gak apa deh.

pergi ke lantai 2 untuk balik nama..nanya lagi ke bagian informasi..lagi2 dijawab tanpa mengalihkan mata dari koran ! alias lagi baca koran n merasa terganggu dengan permintaan informasi…dia bilang pergi aja ke bagian fotocopy..minta form disana…duh, kok formulir di bagian fotocopy sih….

ke fotocopy ..dibilang di loket sebelah…ke loket sebelah nerangin lagi mo baliknama…dikasih formnya..eh kok sama dengan yg dikasih mbak di lantai 3 tadi buat SKP…gw tunjukin form yg dah gw isi di lantai 3..sama gak pak..oh iya sama kok….lah….

kemana lagi pak setelah ini….dijawab ke loket pendaftaran 1 B ato C.

usul:.duh kenapa sih gak tiap loket dinomorin aja…jadi jangan 1 a, b,c dst..mending 1,2,3,4,5,6,7…kan gampang buat orang ngingetnya…

pergi ke loket 1 b untuk pendaftaran…nanya lagi..ketus juga jawabnya…dokumen disusun pak…oh sudah..tumpuk dulu..dipanggil n pertanyaan pertama, ini ngurus sendiri..tentu aja aku jawab iya…dicocokin muka di ktp dengan muka asli…(belakangan gw tau kalo calo dikenain 60 ribu he..he..he…). dicek lagi…entah apanya,soalnya berkas dah banyak banget distapler semua disana..mulai dari copy bpkb,stnk,ktp,skp,cek fisik,tanda esek2…dah tebal deh…tapi dia tau aja tuh mana yg harus dicek…

ujungnya kita dapet kertas kecil yg disobek dari formulir baliknama..ini hari rabu, disuruh kembali hari jumat di loket 1E..entah disuruh ngapain lagi kesana…ya sudah deh…total dari jam 8 pagi..selesai jam 10. nanti disambung lagi deh kisah jumatnya..tapi mungkin gw dateng senin deh. daripada belon jadi…katanya sih nanti baru disuruh bayar lagi..bea balik nama dan pajak 1 tahun kedepan…

About these ads

, , , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: