ngecat motor…

udah lama rangka c 70 nya nongkrong…bikin garasi penuh aja…belon lagi kotak isi pretelan partsnya …akhirnya pas angin lagi bertiup baik ..mulai deh dikerjain itu motor…ngecat..plus merakit…

ready to go

selesai dicat

pertama dulu rangkanya dah dikerok habis…gw pake neorever dulu (beli di material 30 ribuan..ato merek lain juga ok…judulnya paint remover)…kuas sekali tunggu 1 menit..pasti catnya bangun…..lalu kerok…tapi dempul dia nggak mempan…jadi susyah kalo dah ada dempulan…musti berkalikali…yang praktis sih, kasih neorever dulu..dah catnya naik…kerok pake kape…dempulnya diangkat pake gerinda tangan yg matanya dipasangin sikat kawat (harganya 30 ribuan…di ace hardware ada..di toko material juga ada) tapi hati2..pake kacamata..soalnya kawatnya suka terbang kemana aja…n satu lagi…pegang yg kuat kalo lagi nyikat kawat pake itu mesin…kalo gak, dia mental..bisa kesikat juga kita dengan kawat muter..

untuk bidang yang rata..enaknya pake flapdisc..amplas kaya disc…pinggirnya kaya kipas…adanya nomor 80 n 100.jadi kasar banget…ini lebih enak tapi untuk bidang datar aja…lebih cepat juga…(beli di toko bangunan, lindeteves alias glodok..kalo lagi sale di ember2an aja…10 ribuan….beli aja 2-3..daripada bolak balik)

kalo dah bersih…keluar deh warna besinya..n mengkilat…biasanya sih gw usap dengan thinner (beli yg curah aja..literan gitu di toko cat….7-9 rebu..buat nyuci alat2 ntar perlu).

pertama epoxy…kalo buat warna cat terang ..pake yg warna putih..kalo yg biasa warna abu2…ini aplikasi buat anti karat n nutup pori supaya cat kaga boros..plus lebih lekat…sekaleng yg merk nippe 50 ribuan..termasuk hardenernya..makenya hardener dicampur dengan rasio yg sudah ada..lalu diencerkan dengan thinner….

untuk satu badan motor, termasuk setang, spakbor, box..abis cuma 1/4 kaleng doang..tapi simpen aja..gak apa. thinnernya gw pake cobra…20 rebu seliter…n dianjurkan pake ini terus sampai akhir..karena thingger yg sama merk akan menolong vernis nanti tidak ‘bangun’..

stel aja angin kompressornya gak terlalu gede…gak apa rada tebal..toh kita tidak cari halus buat epoxy ini…keringnya sih cepat..1/2 jam..nah kalo ada yang masih sompal bisa deh didempul…kalo belon lihai..pake aja isamu..karena hardener sama dempulnya dah kecampur ..n encer…jadi gampang makenya…tapi kalo buat nutup lobang ato legok gitu..rada susah..berkali-kali…ato pake san-polac, alfagloss..dan sejenisnya..ini hardener dikasih terpisah (kaya odol). gw bilang kudu ahli yg make..kalo kebanyakan hardener, kecepatan kering..n kaya batu ! susah diamplas nanti..kalo kurang…bisa kaga kering-kering…alias kaya bubur nempel aja….tapi yg begini enak buat nutup legok yg gede..soalnya bisa diatur kekentalannya dengan hardener terpisah itu…jadi silakan aja mo pake yg mana..lebih murah yang hardener diluar…1/2 kilo 20 ribuan..kalo mo sekilo yg alfagloss gak lebih 50 ribu…jadi tergantung kebutuhan dempulnya deh..banyak or not…kalo cuma dikit2 n belon lihai, mending isamu aja deh…

selesai didempul (kalo ada)..tinggal diamplas..kalo parah bisa mulai dari amplas no 400..(amplas mulai nomor 100 -1500 setau gw yg paling alus..jadi 100 itu kasar banget…dah gitu makin gede nomor grit nya makin alus…kalo nomor 1000 itu dah setara dengan kompon putih efeknya…halus banget gitu). amplas pake aer…jadi pake yg kasar dulu..supaya bentuk ada..lalu yg halus..naiknya jangan drastis..dari 400 langsung ke 1000 gak dianjurin…400 dah selesai..pake 600-800 dah selesai baru deh 1000..tapi kalo dirasa dah halus sudah aja ..gak usah ampe 1000..keringnya dempul itu penting. mencegah benjol2 ntar…jadi mending diinepin aja…sehari gitu..sebelum diampelas…

kalo udah, bekas dempul bisa ditutup epoxy lagi.(ada istilah lain seperti primer..).selesai semua…epoxy diamplas 1000..pake aer sekaligus pake sabun colek..semua bagian…..jangan keras2..supaya halus aja…jadi kaya diusap2..pake aer n sabun supaya permukaan lebih halus dan bersih…siram air n keringkan….

kalo dah kering ..baru mulai di cat…gw pake spray gun kecil aja  75 gitu kalo orang bilang…supaya irit catnya…n catnya pake dutton (?) gw rasa ini harganya gak lebih 75 ribu..soalnya gw punya cat baru sisa..danagloss, kuningnya kurang pas, jadi gw tuker aja ke tukang cat gw…n dikasih dutton..gak bayar..kan berarti dutton harganya kurang dari danagloss…dah gitu campur cobra thinner kira-kiran 1:1 ato bahkan 1:1,5 kalo danaglos……1/4 kaleng aja catnya dah cukup..tapi sayangnya gak bisa beli ketengan..gak apa deh, buat ntar yg lain…

banyak yg bilang sih catnya gak usah bagus2 tapi vernis (clear coat)  aja yg bagus….masuk akal boss..problemnya cat merk bagus itu..sikken, dupont misalnya yg gw tau..memang warnanya juga bagus….yah..ada harga ada rupa sih…yang jelas vernis itu memberi perlindungan untuk catnya…jadi perlu keras-tahan gores dan bening-supaya warna tidak berubah kelihatannya…

ini soal cat. pada dasarnya di pasar itu ada cat laquer (NC bilangnya)..ada juga yg PU (piyu…) thinnernya juga ada yg biasa, ada yg piyu…laquer lebih cepat kering, kalo gak bener aplikasinya bisa belang…PU lebih lambat kering, lebih encer..tapi bisa lebih rata…daya tutup lebih tinggi..

Be honest, gw gak pernah pake piyu..n belajar dari ngecat laquer, kebayang deh susahnya piyu..cat encer..lama kering..kurang2 sabar kita ngecat..bisa meler…kalo laquer kan gak tuh…jadi saran gw, kalo pemula mah mending laquer aja..NC orang bilang…piyu jelas lebih mahal..danagloss itu (cat mikrolet orang bilang) keluarganya NC…sikken dkk itu keluarga PU..di kalengnya tertulis kok…kalo danagloss itu 75-80 rebu perliter…sikken dah 300 ribuan…jauh kan bedanya…toh juga ntar ditutup sama vernis…

karena lama kering..piyu itu dianjurkan dimasukkin oven…soalnya kalo basah cat..nangkep debu !!! jadi gak maksimal hasilnya, nah oven itu mempercepat keringnya cat n menangkal debu kan…

aplikasikan deh catnya..tipis2 aja dulu…jangan pengen beres ketutup semua langsung….jarak  kira2 dari obyek sekitar sejengkal…angin jangan keras2…supaya gak kebuang banyak…kalo udah semua…istirahat dulu…nunggu catnya kering, paling 30 menit…abis itu ulangin lagi…santai aja..ngecat motor kan kecil bendanya..jadi gak bakal cape deh…gw ulang sampai 3-4 kali..supaya mantap.

Selesai deh acara ngecat tahap pertama…selanjutnya vernis…ini gw dapet 2 advis yg beda..pertama bisa langsung divernis..kedua bilang dikeringin dulu sedikitnya 24 jam baru divernis..supaya cat tidak ‘bangun’..dua2nya gw coba..n bangun juga..jadi simpulannya sih vernis bangun itu bukan masalah cat harus diinepin ato gak…

vernis kalo beli dikasih hardener..n sekali dicampur hardener kaga bisa disimpan..bakal kaya jelly. jadi pake secukupnya, campur hardener…yg murah meriah merknya autobright..sekaleng 70 ribuan (gak pake thinner)..yg mahal dupont segala..150 ribu ampe 300 juga ada…blinken jualnya paket juga ada…jadi vernis, hardener sama thinner seliter…

kunci bangun gaknya cat yg gw temuin adalah thinner sama and tipis2 aplikasinya..jadi thinner n sabar kudu ada…nah gw pernah pake blinken buat mobil..lengkap dengan thinner blinken (150 ribu sepaket) n bangun…gw pake autobright..gak bangun tapi kurang bening…(perhatikan vernis ada nomornya juga…kalo mo paling bening minta aja sama toko catnya..makanya ke toko yg gede aja..koleksi nomornya lengkap…-kalo merk blinken n autobright ya…). thinner piyu yg curah ato literan juga ada…10 ribuan…tapi gak gw pake deh…beda2 dikit aja sama yg bermerk.

Edit: ini pengalaman Bro Didit yg udah 10 tahun main cat….

kalo cat bangun karena kena vernis..itu kemungkinan cat lama diamplas kasar..n luka..nah thinner masuk lebih banyak ke luka baret baret ini..jadi bikin cat lamanya mengembang…ini  yg bikin bangun. Obatnya? amplas aja pake nomor 1000 cat yg bangun…lalu tiban lagi pake cat yg kental. kalo semprotnya terlalu tebal..per lapisannya..biasanya jadi meler…nah jangan langsung dikerok menyelesaikannya…Bro didit bilang, biarin aja sampai kering kira kira seminggu…lalu amplas pake 400..lalu 1000 lalu baru deh dikompon merah..lalu kit..lalu turtle wax. jadi kalo mo lapis vernis..pake angin kecil..volume besar..alias kental…biarin seminggu..biar aja keliatan kulit jeruk..baru diamplas,kompon,kit,turtle wax..setelah biarin kering yak.

nah untuk motor gw pake aja thinner cobra buat vernisnya..padahal kudunya vernis blinken (piyu nih…) vernisnya juga yg blinken ato vernis piyu..tapi gw pake aja cobra yg buat NC…en sukses besar man..tidak ada yg bangun sedikit juga…jadi kunci bahwa epoxy, cat and vernis thinner satu merk itu benar2 manjur….

langsung aja sepeda yg di gudang gw keluarin lagi (ini dah gw pretelin n cat pake hitam glossy nippe) n gw vernis…sama juga dengan cat..tunggu dulu barang 30 menit or sejam…baru divernis ulang…kalo ini cukup 2 kali aja….campuran vernis n thinner lebih kecil..kaga bisa 1:2 ato 1:1 ..soalnya vernis itu dah encer..apalagi vernis blinken sekelasnya..dah kaya air…tapi tetap belon cukup encer untuk disemprot..jadi tetap perlu dicampur thinner.

kunci penting dalam vernis adalah sabar..sabar..jadi kalo belon rata jangan diulang langsung..diemin aja dulu…kalo bidannya rada gede..gw nyemport searah..jadi bukan bolak balik catnya..searah..lebih pelan tapi lebih rata…kaga cape boss..wong motor itu kan barang yg kecil aja….

vernis agak lama keringnya..beberapa jam….n kudu dijaga dari lingkungan penuh debu..makanya dianjurkan cari tempat yg bersih..beratap…tidak berdebu…jadi waktu aplikasi vernis, sudah harus kelihatan mengkilatnya….

ada yg bilang kalo dah divernis gak perlu dikompon..tapi ada yg bilang tetap perlu…kalo gak ada debu, kayanya memang gak perlu..karena dah halus..tapi gak salah juga sih dikompon..logikanya kan vernisnya ada yg jadi ‘pasir’ n nempel..cat mati gini membuat permukaan rada kasar..jadi dengan kompon, ini bisa lepas..n bikin permukaan jadi halus..pakai kompon putih n usah pelan2 aja…..

sesudahnya..applikasikan wax…turtle wax gw pakenya…pake lap bersih jangan lupa….

gossip: kalo ini kata beberapa tukang cat..nippe itu gak recommended karena daya tutupnya gak bagus…nyoba deh ngecat..nanti tau apa itu daya tutup.kalo cat daya tutup kaga bagus..kita kudu bolak-balik..jadinya mahal n boros..plus ngundang kita buat salah..ketebalan misalnya, meler…padahal nippe itu catnya honda lho..tau deh, namanya juga gossip ya…

warna2 solid sudah lebih susah dicari di toko cat kecil..karena mereka ikut trend warna mobil aja kan…metalik semua sekarang..tapi solid putih n kuning muda itu sungguh pemaaf buat pemula…jadi monggo silakan aja kalo mo langsung cat yg susah, pake metalik, piyu merah or gelap..he..he…

kalo warna gak ada yg cocok, jangan dioplos..walaupun secara teori bisa….simpel aja, kalo kurang ato buat cadangan kan kita jadi tergantung sama itu tukang campur…gw selalu pake cat yg ada di brosur warna aja…

dah sebulan nunggu order danagloss solid porrima yellow..gak ada se jatibening..pesan..gak dateng2 juga..akhirnya ini hari ke gajah mada..naek busway…langsung ada tuh..butuh cuma 1 kaleng aja sih..buat cadangan n nambal cat mobil…

jadi kalo ada yg nyoba ngecat…monggo aja..silakan kontak gw di  pahalanainggolan@gmail.com kali2 aja ada yg bisa gw bagikan buat experimentalist…

foto2nya di: http://www.flickr.com/photos/pahalanainggolan

About these ads

, , , , , , , ,

  1. #1 by suga on July 9, 2009 - 5:53 am

    thanks bos bwat artikelnya. bikin gw tambah semangat belajar ngecat.

    mo tanya dong. bwat spry gun pakai yg merk apa dan ukuran brp?
    rencana mo cat vespa nih.

    Like

  2. #2 by pahala on July 9, 2009 - 6:44 am

    gw pake merk yg abal2 aja…rujika n sagola.banyak lagi sih merk lain..sekitar 100 ribu harganya…..pake aja yg ukuran 75 kalo untuk cat vespa…soalnya gede permukaan ratanya…jadi supaya lebih rata..yg ok sih katanya meiji, tapi gw kan amatiran aja..jadi gak terlalu ngaruh sama perlengkapan yg canggih itu…

    Like

  3. #3 by Yadi on December 16, 2009 - 12:05 am

    Thanks sharing pengalaman hebat ngecatnya..

    Sukses selalu bro Pahala..

    Like

  4. #4 by Yadi on December 16, 2009 - 5:09 pm

    bravo.. bravo..
    Setelah buka2 flickr bang Pahala, ternyata kita sama2 akuntan yg hobbynya ngaduk2 cat duko.. he he..

    good luck..

    Like

  5. #5 by pahala on December 17, 2009 - 12:31 am

    mari ..mari…belajar ngecat..he..he…he….abis ngecat…badan pegel2..ngopi, sandaran dibawah pohon….sambil ngeliat hasil cat yg mengkilat-kilat….sedaaaaappppp. abis itu baru tau kalo spray gun nya gak bisa dipake..mampet…dah keburu kering..he..he…he…

    Like

  6. #6 by pahalanainggolan on December 17, 2009 - 2:05 am

    merknya apa aja bisa bro..gak terlalu ngaruh..orang bilang sih yg ok pake meiji..tapi muahal banget..3x lipat dari yg biasa..gw sih pake merk abal2..jadi kalo mampet gak sayang buat ngebuannya…he.he…pake yg ukuran kecil aja bro, di pasar cuma ada 2 ukuran kok…kecil n besar..kalo buat vespa mah yg kecil aja…kalo yg gede boros…kebanyakan kebuangnya..ditiup angin…
    pake yg kecil n cat berkali-kali…biar rata…
    selamat nyoba bro…monggo direport kalo ada temuan yg oke buat dishare…

    Like

  7. #7 by dicky djadul on March 8, 2010 - 5:26 am

    halo

    Like

  8. #8 by dicky djadul on March 8, 2010 - 5:33 am

    Aslmkm.,.thx bro infonya,.gw jg lg bljr2 ngecat,awlny cm bl kmprsor 0,8pk.,.lm2 pny yg 1pk..cm ada yg msh mengganjal di proses pernis pake blinken,.gw pk clear+hrdner+thinner PU(1:1:3).,hslny buram.,.trs cb harden di kurangi jd (1:0,2:3).,.msh tetep jg.,.tolong klo ada jurus pernis blinken itu berapa perbandingannya,.n pake thinner apa? thanks ya yg mau di jawab

    Like

  9. #9 by pahalanainggolan on March 8, 2010 - 6:10 am

    bro, hardenernya janga dikurangin..biar aja sesuai aturannya..n itu fungsinya kan bikin vernis jadi keras sehingga bisa melindungi cat…kalo burem setau gw kualitas vernis..(kalo blinken sebenernya kualitas medium…tapi coba cek..ada seri2 nya…cari seri yg amat sangat bening …gw lupa nomor berapa..1800 kalo gak salah..intinya, vernis blinken juga berseri boss…kayak kita beli cat putih aja kan..ada dark white off white segala..jadi coba cek serinya..

    lalu thinnernya..kalo dah pake blinken juga harusnya sih dah bagus tuh…gw sendiri pake thinner cobra aja.supaya selaras dengan thinner catnya…n cenderung kalo dah vernis gak digosok lagi pake compound…langsung aja gw wax…pernah pake compound malah kaya katarak mata…

    Like

  10. #10 by dicky djadul on March 8, 2010 - 8:38 am

    maksud dr buram itu kayak kulit jeruk bro gk ngangkat,padahal dag 3x pernis,.tp kl gw pk auto bright ms-5000 hasilnya cihuy,neh gw coba2 aj pk blinken,n mpe skrg kgk prnh cihuy..(hehehe gk bakat pk blinken).,Btw gw mo bljr banyak neh,kykny gw bth teacher,.,.emank si bro tinggal dmn?

    Like

  11. #11 by dicky djadul on March 8, 2010 - 10:08 am

    oh ada 1 lg yg mo gw tnyain.,.klo thinner jenis A itu u/ apa seh? n ada di merk apa.,.gw pk thinner it buat lapisan poxy malah si poxy gampang bgt di amplas,pk tangan aja jd luntur,aplgi d amplas.,.,blh sdkt infonya u/ bantuan korban keganasan thinner.,.hehehe (si banyak tanya)

    Like

  12. #12 by pahalanainggolan on March 9, 2010 - 2:50 am

    menurut gw sih bro, kulit jeruk itu karena vernis terlalu tebal kali ya…..n adukan kelewat kental…bagusnya kan encer aja, tipis2…kalo dah kering baru jalan lagi…
    thinner A gak pernah denger bro…cuma pernah pake thinner buat cat laquer alias thinner biasa..sama thinner PU (rada lama keringnya…n buat cat PU juga) pengen tau juga tuh kayak apa itu thinner..ntar gw tanyain toko cat deket rumah deh…
    luntur epoxy nya..jangan2 lupa naro hardener epoxy bro? ngga kan ya…gw pernah begitu soalnya..n gejalanya sama…lunak n gampang luntur.

    Like

  13. #13 by dicky djadul on March 9, 2010 - 5:34 am

    Bro,gw ada tambahan dikit neh bolek yak.,.,emank bnr klo ngecat itu kudu thinner yg sama,biar gk bangun.,Tapi gw prnh ngecat pk thinner yg sama.pas proses pernis yg trakhir pada bangun semua,tuh gr2 gw amplas dulu pk air+sabun sblm semprot.
    awalnya seh pengen lbh halus n bintik2 clear mati itu gk ad.,eh malah berantakan.,.wahahaha.(jd intinya thinner sama n pas ngeclear tahap ke 2-3 blh diamplas pk air tp jgn trlalu tekan n gk di anjurkan pk sabun)..tp klo mo coba2 monggo.,.,slamat menjalankan mengecat2…

    Like

  14. #14 by dicky djadul on March 9, 2010 - 8:07 am

    eh bro pahala tinggal dimana seh?

    Like

  15. #15 by pahalanainggolan on March 9, 2010 - 12:58 pm

    teorinya bilang sih merk yg sama, epoxy,cat,vernis..tapi gw dah coba..rasa2nya logikanya masuk ..thinner yg sama aja ternyata cukup..rumusnya yg gw dapet…thinner yang bagus harus duluan..yg jelek thinnernya belakangan..kalo terbalik, thinner bagus bisa mengangkat lapisan yang sebelumnya…makanya tukang cat di jl. kramat gak pernah mau pake thinner mahal..soalnya dia gak tau cat yg sebelumnya berapa bagus thinnernya..supaya aman, dia pake yg paling rendah aja..dijamin gak bangun catnya.

    vernis..baik pertama maupun terakhir punya musuh yang namanya kotoran..debu misalnya, musuh beratnya, minyak…dijamin kalo ada itu lapisan..debu, minyak, sabun ato apapun itu…pasti dia naik…gak sempurna nempelnya bro…
    gw gak pernah mau sentuh cat yg mo divernis..juga vernis lapisan pertama..dilindungi dari debu juga..makanya ngecat di bengkel yg ada ruangan khususnya bisa lebih bagus kan..

    gw di jatibening estate bekasi bro..kalo deket monggo mampir..ngopi2 sambil ngobrol…

    Like

  16. #16 by dicky djadul on March 9, 2010 - 11:51 pm

    Wah gw pikir di luar daerah jakarta.,.,Hehehe.,.,gw di LA.,.lenteng agung.,lumayan deket.,bolehlah gw mampir.,.enaknya pas Liburan neh.,.Btw klo gw mampir ke situ,bengkel ya?.,.n kegiatan mengecat2 msh jalan kah? gw minta no hapenya dunk.,.blh tak? n sxan tkrn nomor,.ne no gw 085714315139.,.thx bro

    Like

  17. #17 by pahalanainggolan on March 10, 2010 - 3:13 am

    monggo boss.silakan aja..gw di 0811928700..bukan bengkel tapi..asli rumah…makanya kalo ngecat kudu ngitung tetangga dulu..he..he..skrg lagi stop, abis plitur rak buku pake spray gun..bentar lagi kalo anginnya dah bertiup..mo ngecat motor c70 sama sepeda …lagi nunggu waktu aja.

    Like

  18. #18 by dicky djadul on March 11, 2010 - 8:47 am

    Oh iye bro.,.menurut lo,.auto bright bagus gk seh? tahan lama gk?.,.n katanya ada cat anti gores,.itu seperti apa seh n cara gunainnya gmn?mahal gk?

    Like

  19. #19 by pahalanainggolan on March 12, 2010 - 7:49 am

    dicky..gw pernah pake autobright tapi karena bangun gw hapus lagi…waktu ngecat mobil…kayaknya gak ‘sekeras’ blinken ya..tapi gw blom pernah punya hasil autobright sampai tahunan…jadi blom tau juga kayak apa tuh hasilnya ntar kalo dah 2-3 thn…
    kalo cat anti gores buat gw sih cat yg divernis bagus, bersih, kering..nah vernisnya kan membentuk lapisan ndiri yg melindungi cat…jadi gw rasa vernisnya yg bagus tuh..ato bisa juga (gw blom pernah coba) danagloss yang dah nyampur vernis n catnya..kayak 2 in one…tetangga gw bengkel make buat cat combi..n bagus banget.karena gak usah divernis lagi..nah dia bilang catnya jadi lebih keras hasilnya…bisa jadi bro, kan dah dicampur vernis..gak usah dicompound dah mengkilat ndiri…coba deh bro, dia bilang sekaleng 170 ribu..kalo yg danagloss biasa setau gw 80 ribu..

    Like

  20. #20 by dicky djadul on March 18, 2010 - 4:13 am

    Oh iye bro,neh kan forum masalh ngecat ya.,.gmn kl bikin forum buat airbrush,.kyk bikin2 list,tribal,n bahan2nya pake apa,ncara penggunannya.,.,.hehehe,.,.klo di yutube bhsnya gk ngerti,hehehe jadul banget ya gw.,.,Btw gw liat foto2 u mobilnya kuningnya agk pucat ya,it dr cat or emg kameranya yg agk buram.,.,?

    Like

  21. #21 by pahala on April 4, 2010 - 5:03 pm

    weh…forum buat ngecat ya? rada malu sama yg dah ahli boss..tapi boleh juga sih..karena masih aja gw liat orang nanya2 soal ngecat n mo belajar…
    iya bro..kuningnya rada pucat..salah warna n gak divernis..makanya kalo libur panjang dikit mo disiram lagi n divernis deh..rencana mo minjem tempat aja ke bengkel..soalnya gak enak sama tetangga..n berdebu kalo di depan rumah…
    dah mulai ngecat apa nih bro?

    Like

  22. #22 by red909 on July 9, 2010 - 7:43 am

    Eh gue mo numpang tnya ya bang pahala. Vernis tu yg paling bgus merk nya apaan ya? Trus gue jg prnh dger, emg enak klo cat ama vernisnya langsung dicampur gitu ga banyak kerjaan, tapi ktnya jga ga tahan lma lo bang. Bgusan teteup pake vernish yg terpisah gitu deh? Lgian klo diitung mahal banget clear dicampur cat sampai 170rb. Klo mau gituan mendingan beli vernish danagloss nc yg satu component ga pake hardener palingan harganya 70rb + catnya 80rb. Nah campur aja sdri ga pa pa kok. Itu mlhan dptnya 2klg lo… Stau gue sih kayak gitu. Soalnya jg gue pernah cobain nyampurinnya sdri, ga mslah kok. Yah cm saran sih bang. Ptnyaan ny tlg djwb ya bang.

    Like

  23. #23 by susie on October 23, 2010 - 4:36 am

    Hy… lam kenal ya.. aku mau tanya nich… Aku sedang cari tukang cat, kalo ada temen yang nganggur boleh dong… pengecetan untuk accesoris mobil,

    Thanks

    Like

  24. #24 by cepot on October 24, 2010 - 8:53 pm

    sorry bro ikut gabung…klo boleh tau kompressornya merek apa harganya brp…..spray gunnya make yg high pa yg low pressure…………..

    Like

  25. #25 by pahala on October 25, 2010 - 2:10 am

    ane pake kompressor multipro..yg 1 HP kalo gak salah, dulu belinya 600 rebu di lindeteves..tapi kayaknya gak terlalu ok tuh boss..kalo mo ambil yg 1 juta perak…liat aja range harganya di perkakasku.com mungkin bisa pilih merk yg lebih bagus…soalnya gw punya dah pernah diganti seal oli nya..merembes..padahal pemakaian rumah doang…jadi simpulan gw ini barang gak tangguh.

    spray gun..ane pak merk murahan aja bro…rujica, sagola..yg 120 ribuan aja…soalnya ane males bersih2..jadi kalo pake yg mahal n mampet jarumnya kan nyesel yak…ini high pressure ya..tabung diatas..kalo yg tabung dibawah dah jarang orang pake bro..soalnya catnya nyisa banyak dibawah(kan selang sedotnya pasti berjarak) dah gitu lebih berat n gak fleksible makenya..kebetulah ane punya satu yg tabung bawah ..pas nyoba..duh gak enak banget…

    ok bro, selamat nyoba…

    Like

  26. #26 by Deniz on October 26, 2010 - 10:41 pm

    tanks bro tipsnya,bg kami sngt membantu.ok ttp smgt

    Like

  27. #27 by Deniz on October 27, 2010 - 12:19 am

    Bro kalau resepnya pakai primer sikken,trus cat+clear danaglos,tiner laba2.kira2 hslnya bagus gak,mhn solusinya.sblmya trims

    Like

  28. #28 by pahalanainggolan on October 27, 2010 - 12:33 am

    wah jangan boss….menurut gw, thinner itu penting banget fungsinya…kalo dia abal2 bisa bikin buram (gak bening) dan kecepatan menguapnya juga gw duga lebih rendah..jadi lebih lama cat kering dan lebih besar kemungkinan debu nempel..ini didukung kisah tukang kayu gw yg dapet order ngecat pintu n kusen pake cat duco istilah dia, karena borongan, mo ngirit pake thiner curah..yg literan belinya..alhasil warna putihnya gak keluar, rada kuning… ..n disuruh ganti sama yg punya rumah..

    Like

  29. #29 by Deniz on October 27, 2010 - 11:35 am

    gk tadi gini bro,catnya seperti tersebut d atas tapi kok lansung jadi kulit jeruk,atau salah campur ya?tinernya pakai cap laba-laba.tolong kasih perbandingan campuranya.

    Like

  30. #30 by pahalanainggolan on October 28, 2010 - 5:43 am

    kalo kulit jeruk itu porsi cat-thinner sama angin kompresor gak ideal..kebayakan cat-thinner..jadi angin perlu ditambah..nah supaya lebih lancar..kasih encer dikit campuran cat-thinnernya..aku biasa pakai 1:1 aja…ato max 1:1-5 (kalo cat yg rada murah biasanya kental..yg mahal malah dah encer). patokan encer ngga nya…kalo dah dicampur diaduk..celup paku/obeng..liat jatuh catnya..kalo lama kelewat kental, kalo gak sempat nempel ..kelewat encer…
    dicoba dulu ke bidang lain bro…biar ketauan keenceran/kekentalan, kelebihan/kurang angin dan jarak semprot…sejengkal kira2.
    selamat mencoba….

    Like

  31. #31 by dicky djadoel airbrush on March 7, 2011 - 1:14 pm

    test

    Like

  32. #32 by dicky djadoel airbrush on March 7, 2011 - 1:26 pm

    Hi bro,.lama gk ngisi neh ah,.dag mulai job ngisi,.dari mulut ke mulut,.,skrg di tantangi ngecat berbahan kayu,.lmyn buat beli susu bocah.,u/ susie yg lg nyri tkg cat,mank mo di gaji brp?kbtln ada tmn gw yg mau neh,.,.oia nambah dikit ah slm brguru di bukit tengkorak,thinner bs pk yg curahan,1 ltr cm 10K,bs buat bilas,poxy,cat,tp gk bs buat pernis,blg aja thinner HG buat cat,.trs buat pernis pake yg cobra or PU,.hrg sama,cm daya keringnya cepetan PU..nah prbndgnnya kl gw hard+clear+thnnr it 1:4:2,.clear pk yg blinken 1kg.

    Like

  33. #33 by solin on June 6, 2012 - 1:12 pm

    brow slam knal, lgi galau nich cat”an saya,kok bisa ngangkat ya ,hanya pda bgian” tertentu aja,tpi ,sayap ama batok lampu nya kox kgax apa” padahal,clear pernisnya(blinken) sma” tebal,n pengerjaannya sama pkek bahan yg sama ,juga tahap pengamplasanya.Apa blinkenya harus pkek clear sama hardernernya aja gx usah pkek thiner aspesial?

    Like

  34. #34 by gus deck on July 6, 2012 - 11:22 am

    hi bro lam knal, gua tertarik ama artikelnya,, sngat mendetail dan mudah dimengerti,, gua ada tnya nih” klo body mtor yg udah pernah di cat…., trus mau di cat lgi, thapan pertama kan di amplas terus klo ga di poxsi langsung di cat bisa bngun ga?

    Like

  35. #35 by pahalanainggolan on July 6, 2012 - 2:25 pm

    resikonya gede bro..poxy itu fungsinya kan buat lapisan baru..supaya cat kita gak tembus langsung ke dasar..dan lebih lekat. kalo ga dipoxy, dan mo pake warna muda, kuatirnya warnanya belang..karena dasarnya gak sama warna..resiko bangun lebih gede juga karena cat lama kita gak tau kualitas thinnernya..jadi kalo kita pake cat yg lebih bagus kualitas thinnernya pasti bangun catnya. selamat nyoba bro…

    Like

  36. #36 by bournelost on July 19, 2012 - 6:42 am

    wah keren neh tutorialnya mantab banget….. Saya pemula nih, tapi lagi pengin banget belajar ngecat. Kira-kira modalnya berapa yah untuk peralatan dasarnya?
    Trus untuk cat kayu/furniture, apakah aplikasinya sama dengan cat logam kek yang udah di jelaskan tadi?

    Like

  37. #37 by pahalanainggolan on July 19, 2012 - 9:31 am

    untuk kmpresor 600 ribu, selang n spray gun yg basic 200 ribu sudah bisa mulai boss…tinggal bahan nya..cat bidang kecil aja dulu boss..jadi beli thinner sedikit, cat sedikit.. kayu sama juga.tapi beda materialnya..untuk kayu kan khusus dempul/filler nya.lalu epoxy nya sama lah..cat warna sama..kalo mo plitur lain bahan..dan jauh lebih encer. jadi harus sudah jago kayaknya kalo main plitur/vernis

    Like

  38. #38 by agus riyadi on July 24, 2012 - 8:07 pm

    wah bisa minta tolong di cat in skalian nih bang pahala……wkwkwkwkw…posisi dmn ni?

    Like

  39. #39 by didit on August 31, 2012 - 10:01 am

    sori ane mo numpang cerita nih mas pahala… masalah cat ‘bangun’ ternyata bisa juga terjadi pada cat baru dengan menggunakan thinner yg sama. Kalo menurut pengalaman ane sih, yg lebih pasti penyebabnya adalah adanya goresan yg agak dalam pada saat pengampelasan, ini membuat thinner baru menyerap kedalam cat lama trus terjadi pemuaian. Biasanya sih ane langsung pake amplas 1000 buat ngatasin ini, trus di tiban lagi (bagiam yg bangun) dengan cat yg agak kental. Untuk poxy pada cat lama biasanya ane menggunakan teknik penyemprotan ‘splash’ (kental dan setelan angin low ). Kemudian ane amplas pake no 400 dan diulang dengan no 1000 (sampe licin). setelah menggunakan teknik ini sampe sekarang (udah10 tahunan) ane gak pernah lagi nemuin masalah cat bangun. Oh ya, kalo masalah kulit jeruk ane rasa itu wajar, ane mernis juga menggunakan teknik ‘splash’, beleber gak masalah… inepin 1 minggu (blinken) trus poles dah… wow…. very wetlook hasilnya…

    Like

  40. #40 by pahalanainggolan on September 1, 2012 - 8:20 am

    mantap bro didit..gw baru tau nih ‘obat’nya..biasanya gw kerok ulang lagi…mo coba ah.

    Like

  41. #41 by didit on September 3, 2012 - 10:56 am

    wihh… kerok ulang lagi… hehe, butuh semangat tinggi pastinya. kadang2 setelah diamplas licin ane tutup lagi pake cat tanpa thinner (khusus warna solid, bukan metalik) biar agak2 splash pasir gitu, nah kalo udah kering ane gosok lagi sampe halus. kalo vernis ane murni main polesan bro, maklum dah painting studio ane open abis (terbuka di belakang rumah… hehe) sulit menghindari debu. prosesnya setelah di vernis tebal dan bleber, 1. amplas 1000 (sampe permukaan gak kulit jeruk) 2. compound merah (mulai dari sini harus pake mesin poles) 3. compound putih 4. KIT poles (hati2 pada sudut2, cepet bgt makan catnya) 5. turtle wax… nah untuk turtle wax biasanya sampe 4-5 kali… hasilnya…. bikin ngileeeeeerr….heheh… sori ya bro kalo kepanjangan ngetiknya… tapi beneran, vernis beleber sama-sekali bukan masalah.

    Like

  42. #42 by pahalanainggolan on September 3, 2012 - 3:15 pm

    bro didit..thank lagi nih buat ngatasi vernis bleber..terus terang, ane ampe trauma dah..karna ane cuma kenalnya dikerok lagi …bro, gak kepanjangan nulisnya ..malah kurang panjang…gimana kalo bro nulis lengkap..ntar ane upload atas nama bro didit..tentang vernish..ane tunggu bro. kesian soalnya..yg ane uplot kan kasus gagalnya ane bro..nah yg banyak nanya gimana supaya gak gagal..jadi kalo bro didit bisa nulis step step rincinya…sangat menolong tuh.

    Like

  43. #43 by adi on September 19, 2012 - 3:36 pm

    bos gimana hasilnya kan sya ngcet pke isamu tinernya impala . trz vernisnya sya pke autobright ms-717.kan gmn hasilnya

    Like

  44. #44 by pahalanainggolan on September 21, 2012 - 12:51 am

    bro, isamu itu merk cat nya? kalo iya..monggo dicoba aja boss..hasilnya sih ditentukan bukan hanya materialnya yak

    Like

  45. #45 by Nvy on November 4, 2012 - 6:02 pm

    salam kenal mas..
    newbie mo tanya nih.. apa ya penyebab cat jadi keriput..
    trs cara mengatasinya bagaimana ya mas? apakah hrs dr Nol lg..dengan cara mngkikis cat yg lama.. maklum saya br belajar ngecat..jd msh bnyk kekurangannya.. thx b4..

    Like

  46. #46 by pahalanainggolan on November 6, 2012 - 12:48 pm

    macem macem mas sebabnya..terlalu tebal catnya, thinner tidak nyambung antara cat dasar dengan cat warna nya..aku biasanya dikikis habis lagi..makanya sebal banget kalo ada keriput ato bangun gini…gw juga tetap belajar mas..n kayaknya belajar n nyoba yang bikin orang makin ahli…

    Like

  47. #47 by Cond on December 13, 2012 - 8:01 pm

    Thengkiu banget semuaaaa…

    Like

  48. #48 by Cond on December 14, 2012 - 3:23 pm

    Pengenn ngecat bunglon,gimana caranya yaaa,,kasi tau doooong????

    Like

  49. #49 by pahalanainggolan on December 15, 2012 - 12:41 pm

    nyeraaaahh..blom pernah nyoba ..

    Like

  50. #50 by Cond on December 16, 2012 - 5:18 pm

    emmmhhh,,
    bang gua kmaren kn ngecet mtor kk niihh dasar putih trus biru met d tmpah lgi biru met tpi silvernya agak banyakan,eeeehhh jd kayak ad dua warna gtu bang,,bener deh bang …di liat dri depan agak ijo dri samping biru met ..Hheheee sayang kebetulan.

    Like

  51. #51 by pahalanainggolan on December 17, 2012 - 2:09 pm

    coba dong kasih liat picts nya..jadi bisa ngebayangin gitu.. pengen sih nyoba..

    Like

  52. #52 by Cond on December 19, 2012 - 3:13 pm

    Hheheeeee
    malu ahhh,,

    Like

  53. #53 by moody on March 2, 2013 - 1:31 pm

    test 123… msh ada penghuninya gak ya??…

    Like

  54. #54 by pahalanainggolan on March 4, 2013 - 2:48 am

    masih boss…

    Like

  55. #55 by Eman on March 8, 2013 - 7:32 am

    salam kenal….mas pahala..
    Saya mau nanya..Apakah dempul Autolux 66 bisa dicampur Pengencer???…kalau bisa pake apa???
    Thanx ……

    Like

  56. #56 by pahalanainggolan on March 8, 2013 - 3:16 pm

    tentu bisa..paka thinner saja..

    Like

  57. #57 by Eman on March 9, 2013 - 2:21 am

    Thanx…Guru…Mantaap infonya….

    Like

  58. #58 by ajer on March 21, 2013 - 4:55 pm

    lam kenal z. .gmn sh cara ngatasin kulit jeruk di bodi motor tp yg udah di airbrush. . .

    Like

  59. #59 by addy on April 2, 2013 - 3:14 am

    ane cari2 d google cman ini info paling kmplit gan
    ,,,jooossssssss

    Like

  60. #60 by addy on April 2, 2013 - 3:22 am

    bisa post fb n nmer hp.ny gan ?…..buat tanya2 kalo da problem :D

    Like

  61. #61 by bebeq on May 17, 2013 - 12:44 pm

    Cat dasar ijo tua 2lapis + biru tua 1 lapis, hasilnya semi bunglon bos kalo diliat dri depan ijo, kalo dri samping ijo aga kebiruan / sebaliknya,, kalo 3 / 4 warna belom nyoba,
    Baru belajar juga nih, ikut menyimak juga

    Like

  62. #62 by khasirin waluyo sujati on May 25, 2013 - 8:47 am

    halo bosss, to the point aja nih…. numpang nanya , kalo pen spray di bekasi yg ada dimana boss, trus yg abal2 berapa duit ya boss.. trims

    Like

  63. #63 by khasirin waluyo sujati on May 25, 2013 - 8:48 am

    map ye boss, kalo ga sopan main nylonong aja……

    Like

  64. #64 by pahalanainggolan on May 25, 2013 - 10:16 am

    di Mitra 10, depo bangunan, di toko cat yg di ruko lampu merah caman..ada boss. biasanya hampir di semua toko cat ada tuh …yg abal abal sih 100 ribuan juga dah ok boss. yg 200 an meiji kawe…

    Like

  65. #65 by fendi on January 30, 2014 - 2:53 pm

    thx lur info nya,,,,

    Like

  66. #66 by Herbrata Moeljo on January 31, 2014 - 4:27 pm

    Mau tanya dong bro, apa jadi nya kalo cat PU diencerkan oleh thinner HG?
    Ke dua, kalo kita pake cat duco (NC) yg diencerkan dengan thinner HG (atau ND),
    apakah jika dilapis dengan Vernish PU (misal Blinken) yang pake thinner PU,
    tidak akan menyebabkan cat di bawahnya jadi bangun atau mengelupas ?

    Like

  67. #67 by pahalanainggolan on February 1, 2014 - 11:43 am

    waduh, belum pernah nyoba bro…lagian juga mending gak usah ambil resiko bro, campur yg sama aja.

    Like

  68. #68 by yogo on February 22, 2014 - 10:13 pm

    Misi mas, mau tanya” boleh ya . Hehe ..
    Pernis yg bagus, cepat kering (tanpa oven) dan harga nya terjangkau itu merk apa ya ? Dan kisaran harga brapa kira” ..
    Saya pernah pake pernis Blinken 2500Ms perbandingan clear+Hdr 1:1 (tanpa dicampur thiner) hasil nya tidak mulus, seperti bergelombang knp ya ? Apa memang karakteristik pernis tsb begitu …
    Mohon pencerahan nya, trims

    Like

  69. #69 by pahalanainggolan on February 26, 2014 - 5:17 pm

    wah banyak banget..dan bagusnya nanya di toko cat di tempat masing masing aja..soalnya beda kota beda merk..lalu ternajngkau itu berapa ya? pokoknya ada harga ada rupa lah..

    Like

  70. #70 by pahalanainggolan on March 19, 2014 - 1:10 am

    waduh mas..aku blinkennya pasti dicampur thinner…kalo ndak terlalu kental..dan butir butirnya yang keluar dari spray jadi lebih besar…kayak pasir. kenapa gak dicampur thinner ya? apa ada alasan tertentu kah?

    Like

  71. #71 by ado on March 23, 2014 - 1:07 pm

    Ikut gabung mas bro tukar pengalaman..setau saya tahap pengecatan beda tiner juga bs bagus..dan pernis blinken emang pernis susah..klo pemula mending pake spruce..nippon..atau klicken..harga G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ sampe 100..

    Like

  72. #72 by ado on March 23, 2014 - 1:15 pm

    Sharing..add 32A73738…HP 085799795233..FB kurnia kur..di fb juga bnyk contoh cat dr epoxy sampai pernis beda tiner..malah justru awal tiner ND+HG+PU alhamdulillah tidak bangun cat nya..

    Like

  73. #73 by geng on April 17, 2014 - 6:46 pm

    masih aktip ga mas ? lagi proses ngecat juga nih hehe boleh dong dibimbing hehe

    Like

  74. #74 by ari Muntilan jateng on April 18, 2014 - 10:41 am

    Permisi om Pahala,saya lagi coba2 ngecet sedan tua om,cat awal ga saya kerok,cuma amplas kasar trus step halusin,trus ane epoxy,kelar ane dempulin,tutup epoxy lagi,naik ke dasar pakai cat dana,thiner autoglow,eh malah banyak ngangkatnya kira2x knapa ya om ..mkasih

    Like

  75. #75 by pahalanainggolan on April 20, 2014 - 12:47 pm

    monggo silakan aja..

    Like

  76. #76 by pahalanainggolan on April 20, 2014 - 12:51 pm

    waduh ari..susah juga kalo gak liat nih…nebak nebak aja..mungkin cat lama dah kelewat tebal dan thinner cat baru lebih ‘keras’ ..masuk ke pori cat lama..

    Like

  77. #77 by geng on April 21, 2014 - 3:18 pm

    baru abis ngecat warna mas, tapi kok ada yg ngangkat yah, epoxy ke angkat, padahal belum ke vernis, tinner sama ?

    Like

  78. #78 by pahalanainggolan on April 22, 2014 - 2:43 am

    waduh..kalo baru warna dah ngangkat kemungkinan kotor permukaannya..ada bekas lemak/minyak yg nempel di tangan lalu kita pegang permukaan yg mo dicat… ..ato cat asli masih nempel/gak bersih keroknya..jadi masih sisa dikit dan tipis…ato malah kalo belum dikerok cat aslinya..memang sudah kelewat tebal …

    On Mon, Apr 21, 2014 at 10:18 PM, To Give….To Share…. wrote:

    >

    Like

  79. #79 by geng on April 22, 2014 - 6:04 am

    oh iya om, kalo dari cat warna ke vernis, cat warna nya harus diamplas dulu ga ?

    Like

  80. #80 by pahalanainggolan on April 22, 2014 - 7:41 am

    aku sih ngga diamplas..tapi harus dijaga spy bersih..gak dipegang dan gak berdebu…

    On Tue, Apr 22, 2014 at 1:04 PM, To Give….To Share…. wrote:

    >

    Like

  81. #81 by geng on April 23, 2014 - 12:46 pm

    oke om abis beres pernis… nah sebelum di amplas kumpon poles, nunggu nya brapa lama ? 3 hari, seminggu ?

    Like

  82. #82 by pahalanainggolan on April 23, 2014 - 12:58 pm

    udah gak ada yg bangun ya? ..prinsipnya sih semakin lama semakin baik jadi kering permukaan dan dalamnya….apalagi kalo gak kena debu..waktu itu gw sehari aja udah bisa kok..tapi tunggu aja 3 hari biar aman…

    On Wed, Apr 23, 2014 at 7:46 PM, To Give….To Share…. wrote:

    >

    Like

  83. #83 by geng on April 23, 2014 - 6:48 pm

    yg bangun ada sih, tp sy liat bagian yg bangun cuma dkit ternyata, cuma titik2 doang biarin aja lah haha, iya nih banyak debu yg nempel, .. oke om tenkyuh

    Like

  84. #84 by putra on May 26, 2014 - 1:56 pm

    Gan ane mau minta petunjuknya nih, ane waktu itu ngecat motor ane, waktu masa pengecat’an gada masalah, malahan lancar..
    Pas ane mulai pernis disini masalahnya bru di mulai, pernis ane ga kering” gan..
    Ane pke pernis blinken ms 2500, nah cara nyampur pernis yg baik biar kering gmna gan ?
    Mohon bantuannya ya gan..

    Like

  85. #85 by putra on May 26, 2014 - 1:59 pm

    Gan ane mau minta petunjuknya nih, ane waktu itu ngecat motor ane, waktu masa pengecat’an gada masalah, malahan lancar..
    Pas ane mulai pernis disini masalahnya bru di mulai, pernis ane ga kering” gan..
    Ane pke pernis blinken ms 2500, nah cara nyampur pernis yg baik biar kering gmna gan ?
    Mohon bantuannya ya gan..
    Klo boleh ane minta pin bb agan deh, biar enak sharingnya gan :)

    Like

  86. #86 by pahalanainggolan on May 28, 2014 - 7:53 am

    lupa campur hardener ? biasanya ini yg bikin lunak dan basah terus..ato campurannya terlalu sedikit. pin gw 748D7E88

    2014-05-26 20:59 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

    Like

  87. #87 by febri damendra on June 3, 2014 - 12:24 pm

    gan mau nnya ne,suhu oven buat plastik(bodi mtor) brapa ya

    tlong pncrahannya gan…

    Like

  88. #88 by pahalanainggolan on June 3, 2014 - 1:49 pm

    waduh..belum pernah nyoba tuh…

    On Tue, Jun 3, 2014 at 7:24 PM, To Give….To Share…. wrote:

    >

    Like

  89. #89 by febri damendra on June 4, 2014 - 7:09 am

    klo cra ngrrabin gmna ya gan..???

    ane pake kit ama rabin putih ne gan
    ane jga pnya alat rabinnya gan..!!??

    sory gan nyak trus..!!

    Like

  90. #90 by Nusa Sitio on July 22, 2014 - 3:14 pm

    bang emailnya masih aktif itu bang?

    Like

  91. #91 by faishal on September 14, 2014 - 11:02 am

    Ane mau nanya, tadi ane ngecat stelah finishing vernis, cat’a pada ngangkat, knapa ya?
    Tadi’a hari kmaren dipernis, terus di lanjut pernis sekarang

    Like

  92. #92 by ridho on September 26, 2014 - 4:41 pm

    Numpang gabung bro
    Pemula bru mw bljar ngecat
    minta saran dari poxy – cat warna – clear (merk apa yg pling gmpang bwt pemula , skalian harganya juga klo bisa :) )

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: