To Give….To Share….

berbagi untuk berbagai hal…

ngecat motor…

udah lama rangka c 70 nya nongkrong…bikin garasi penuh aja…belon lagi kotak isi pretelan partsnya …akhirnya pas angin lagi bertiup baik ..mulai deh dikerjain itu motor…ngecat..plus merakit…

ready to go

selesai dicat

pertama dulu rangkanya dah dikerok habis…gw pake neorever dulu (beli di material 30 ribuan..ato merek lain juga ok…judulnya paint remover)…kuas sekali tunggu 1 menit..pasti catnya bangun…..lalu kerok…tapi dempul dia nggak mempan…jadi susyah kalo dah ada dempulan…musti berkalikali…yang praktis sih, kasih neorever dulu..dah catnya naik…kerok pake kape…dempulnya diangkat pake gerinda tangan yg matanya dipasangin sikat kawat (harganya 30 ribuan…di ace hardware ada..di toko material juga ada) tapi hati2..pake kacamata..soalnya kawatnya suka terbang kemana aja…n satu lagi…pegang yg kuat kalo lagi nyikat kawat pake itu mesin…kalo gak, dia mental..bisa kesikat juga kita dengan kawat muter..

untuk bidang yang rata..enaknya pake flapdisc..amplas kaya disc…pinggirnya kaya kipas…adanya nomor 80 n 100.jadi kasar banget…ini lebih enak tapi untuk bidang datar aja…lebih cepat juga…(beli di toko bangunan, lindeteves alias glodok..kalo lagi sale di ember2an aja…10 ribuan….beli aja 2-3..daripada bolak balik)

kalo dah bersih…keluar deh warna besinya..n mengkilat…biasanya sih gw usap dengan thinner (beli yg curah aja..literan gitu di toko cat….7-9 rebu..buat nyuci alat2 ntar perlu).

pertama epoxy…kalo buat warna cat terang ..pake yg warna putih..kalo yg biasa warna abu2…ini aplikasi buat anti karat n nutup pori supaya cat kaga boros..plus lebih lekat…sekaleng yg merk nippe 50 ribuan..termasuk hardenernya..makenya hardener dicampur dengan rasio yg sudah ada..lalu diencerkan dengan thinner….

untuk satu badan motor, termasuk setang, spakbor, box..abis cuma 1/4 kaleng doang..tapi simpen aja..gak apa. thinnernya gw pake cobra…20 rebu seliter…n dianjurkan pake ini terus sampai akhir..karena thingger yg sama merk akan menolong vernis nanti tidak ‘bangun’..

stel aja angin kompressornya gak terlalu gede…gak apa rada tebal..toh kita tidak cari halus buat epoxy ini…keringnya sih cepat..1/2 jam..nah kalo ada yang masih sompal bisa deh didempul…kalo belon lihai..pake aja isamu..karena hardener sama dempulnya dah kecampur ..n encer…jadi gampang makenya…tapi kalo buat nutup lobang ato legok gitu..rada susah..berkali-kali…ato pake san-polac, alfagloss..dan sejenisnya..ini hardener dikasih terpisah (kaya odol). gw bilang kudu ahli yg make..kalo kebanyakan hardener, kecepatan kering..n kaya batu ! susah diamplas nanti..kalo kurang…bisa kaga kering-kering…alias kaya bubur nempel aja….tapi yg begini enak buat nutup legok yg gede..soalnya bisa diatur kekentalannya dengan hardener terpisah itu…jadi silakan aja mo pake yg mana..lebih murah yang hardener diluar…1/2 kilo 20 ribuan..kalo mo sekilo yg alfagloss gak lebih 50 ribu…jadi tergantung kebutuhan dempulnya deh..banyak or not…kalo cuma dikit2 n belon lihai, mending isamu aja deh…

selesai didempul (kalo ada)..tinggal diamplas..kalo parah bisa mulai dari amplas no 400..(amplas mulai nomor 100 -1500 setau gw yg paling alus..jadi 100 itu kasar banget…dah gitu makin gede nomor grit nya makin alus…kalo nomor 1000 itu dah setara dengan kompon putih efeknya…halus banget gitu). amplas pake aer…jadi pake yg kasar dulu..supaya bentuk ada..lalu yg halus..naiknya jangan drastis..dari 400 langsung ke 1000 gak dianjurin…400 dah selesai..pake 600-800 dah selesai baru deh 1000..tapi kalo dirasa dah halus sudah aja ..gak usah ampe 1000..keringnya dempul itu penting. mencegah benjol2 ntar…jadi mending diinepin aja…sehari gitu..sebelum diampelas…

kalo udah, bekas dempul bisa ditutup epoxy lagi.(ada istilah lain seperti primer..).selesai semua…epoxy diamplas 1000..pake aer sekaligus pake sabun colek..semua bagian…..jangan keras2..supaya halus aja…jadi kaya diusap2..pake aer n sabun supaya permukaan lebih halus dan bersih…siram air n keringkan….

kalo dah kering ..baru mulai di cat…gw pake spray gun kecil aja  75 gitu kalo orang bilang…supaya irit catnya…n catnya pake dutton (?) gw rasa ini harganya gak lebih 75 ribu..soalnya gw punya cat baru sisa..danagloss, kuningnya kurang pas, jadi gw tuker aja ke tukang cat gw…n dikasih dutton..gak bayar..kan berarti dutton harganya kurang dari danagloss…dah gitu campur cobra thinner kira-kiran 1:1 ato bahkan 1:1,5 kalo danaglos……1/4 kaleng aja catnya dah cukup..tapi sayangnya gak bisa beli ketengan..gak apa deh, buat ntar yg lain…

banyak yg bilang sih catnya gak usah bagus2 tapi vernis (clear coat)  aja yg bagus….masuk akal boss..problemnya cat merk bagus itu..sikken, dupont misalnya yg gw tau..memang warnanya juga bagus….yah..ada harga ada rupa sih…yang jelas vernis itu memberi perlindungan untuk catnya…jadi perlu keras-tahan gores dan bening-supaya warna tidak berubah kelihatannya…

ini soal cat. pada dasarnya di pasar itu ada cat laquer (NC bilangnya)..ada juga yg PU (piyu…) thinnernya juga ada yg biasa, ada yg piyu…laquer lebih cepat kering, kalo gak bener aplikasinya bisa belang…PU lebih lambat kering, lebih encer..tapi bisa lebih rata…daya tutup lebih tinggi..

Be honest, gw gak pernah pake piyu..n belajar dari ngecat laquer, kebayang deh susahnya piyu..cat encer..lama kering..kurang2 sabar kita ngecat..bisa meler…kalo laquer kan gak tuh…jadi saran gw, kalo pemula mah mending laquer aja..NC orang bilang…piyu jelas lebih mahal..danagloss itu (cat mikrolet orang bilang) keluarganya NC…sikken dkk itu keluarga PU..di kalengnya tertulis kok…kalo danagloss itu 75-80 rebu perliter…sikken dah 300 ribuan…jauh kan bedanya…toh juga ntar ditutup sama vernis…

karena lama kering..piyu itu dianjurkan dimasukkin oven…soalnya kalo basah cat..nangkep debu !!! jadi gak maksimal hasilnya, nah oven itu mempercepat keringnya cat n menangkal debu kan…

aplikasikan deh catnya..tipis2 aja dulu…jangan pengen beres ketutup semua langsung….jarak  kira2 dari obyek sekitar sejengkal…angin jangan keras2…supaya gak kebuang banyak…kalo udah semua…istirahat dulu…nunggu catnya kering, paling 30 menit…abis itu ulangin lagi…santai aja..ngecat motor kan kecil bendanya..jadi gak bakal cape deh…gw ulang sampai 3-4 kali..supaya mantap.

Selesai deh acara ngecat tahap pertama…selanjutnya vernis…ini gw dapet 2 advis yg beda..pertama bisa langsung divernis..kedua bilang dikeringin dulu sedikitnya 24 jam baru divernis..supaya cat tidak ‘bangun’..dua2nya gw coba..n bangun juga..jadi simpulannya sih vernis bangun itu bukan masalah cat harus diinepin ato gak…

vernis kalo beli dikasih hardener..n sekali dicampur hardener kaga bisa disimpan..bakal kaya jelly. jadi pake secukupnya, campur hardener…yg murah meriah merknya autobright..sekaleng 70 ribuan (gak pake thinner)..yg mahal dupont segala..150 ribu ampe 300 juga ada…blinken jualnya paket juga ada…jadi vernis, hardener sama thinner seliter…

kunci bangun gaknya cat yg gw temuin adalah thinner sama and tipis2 aplikasinya..jadi thinner n sabar kudu ada…nah gw pernah pake blinken buat mobil..lengkap dengan thinner blinken (150 ribu sepaket) n bangun…gw pake autobright..gak bangun tapi kurang bening…(perhatikan vernis ada nomornya juga…kalo mo paling bening minta aja sama toko catnya..makanya ke toko yg gede aja..koleksi nomornya lengkap…-kalo merk blinken n autobright ya…). thinner piyu yg curah ato literan juga ada…10 ribuan…tapi gak gw pake deh…beda2 dikit aja sama yg bermerk.

Edit: ini pengalaman Bro Didit yg udah 10 tahun main cat….

kalo cat bangun karena kena vernis..itu kemungkinan cat lama diamplas kasar..n luka..nah thinner masuk lebih banyak ke luka baret baret ini..jadi bikin cat lamanya mengembang…ini  yg bikin bangun. Obatnya? amplas aja pake nomor 1000 cat yg bangun…lalu tiban lagi pake cat yg kental. kalo semprotnya terlalu tebal..per lapisannya..biasanya jadi meler…nah jangan langsung dikerok menyelesaikannya…Bro didit bilang, biarin aja sampai kering kira kira seminggu…lalu amplas pake 400..lalu 1000 lalu baru deh dikompon merah..lalu kit..lalu turtle wax. jadi kalo mo lapis vernis..pake angin kecil..volume besar..alias kental…biarin seminggu..biar aja keliatan kulit jeruk..baru diamplas,kompon,kit,turtle wax..setelah biarin kering yak.

nah untuk motor gw pake aja thinner cobra buat vernisnya..padahal kudunya vernis blinken (piyu nih…) vernisnya juga yg blinken ato vernis piyu..tapi gw pake aja cobra yg buat NC…en sukses besar man..tidak ada yg bangun sedikit juga…jadi kunci bahwa epoxy, cat and vernis thinner satu merk itu benar2 manjur….

langsung aja sepeda yg di gudang gw keluarin lagi (ini dah gw pretelin n cat pake hitam glossy nippe) n gw vernis…sama juga dengan cat..tunggu dulu barang 30 menit or sejam…baru divernis ulang…kalo ini cukup 2 kali aja….campuran vernis n thinner lebih kecil..kaga bisa 1:2 ato 1:1 ..soalnya vernis itu dah encer..apalagi vernis blinken sekelasnya..dah kaya air…tapi tetap belon cukup encer untuk disemprot..jadi tetap perlu dicampur thinner.

kunci penting dalam vernis adalah sabar..sabar..jadi kalo belon rata jangan diulang langsung..diemin aja dulu…kalo bidannya rada gede..gw nyemport searah..jadi bukan bolak balik catnya..searah..lebih pelan tapi lebih rata…kaga cape boss..wong motor itu kan barang yg kecil aja….

vernis agak lama keringnya..beberapa jam….n kudu dijaga dari lingkungan penuh debu..makanya dianjurkan cari tempat yg bersih..beratap…tidak berdebu…jadi waktu aplikasi vernis, sudah harus kelihatan mengkilatnya….

ada yg bilang kalo dah divernis gak perlu dikompon..tapi ada yg bilang tetap perlu…kalo gak ada debu, kayanya memang gak perlu..karena dah halus..tapi gak salah juga sih dikompon..logikanya kan vernisnya ada yg jadi ‘pasir’ n nempel..cat mati gini membuat permukaan rada kasar..jadi dengan kompon, ini bisa lepas..n bikin permukaan jadi halus..pakai kompon putih n usah pelan2 aja…..

sesudahnya..applikasikan wax…turtle wax gw pakenya…pake lap bersih jangan lupa….

gossip: kalo ini kata beberapa tukang cat..nippe itu gak recommended karena daya tutupnya gak bagus…nyoba deh ngecat..nanti tau apa itu daya tutup.kalo cat daya tutup kaga bagus..kita kudu bolak-balik..jadinya mahal n boros..plus ngundang kita buat salah..ketebalan misalnya, meler…padahal nippe itu catnya honda lho..tau deh, namanya juga gossip ya…

warna2 solid sudah lebih susah dicari di toko cat kecil..karena mereka ikut trend warna mobil aja kan…metalik semua sekarang..tapi solid putih n kuning muda itu sungguh pemaaf buat pemula…jadi monggo silakan aja kalo mo langsung cat yg susah, pake metalik, piyu merah or gelap..he..he…

kalo warna gak ada yg cocok, jangan dioplos..walaupun secara teori bisa….simpel aja, kalo kurang ato buat cadangan kan kita jadi tergantung sama itu tukang campur…gw selalu pake cat yg ada di brosur warna aja…

dah sebulan nunggu order danagloss solid porrima yellow..gak ada se jatibening..pesan..gak dateng2 juga..akhirnya ini hari ke gajah mada..naek busway…langsung ada tuh..butuh cuma 1 kaleng aja sih..buat cadangan n nambal cat mobil…

jadi kalo ada yg nyoba ngecat…monggo aja..silakan kontak gw di  pahalanainggolan@gmail.com kali2 aja ada yg bisa gw bagikan buat experimentalist…

foto2nya di: http://www.flickr.com/photos/pahalanainggolan

About these ads

95 comments on “ngecat motor…

  1. suga
    July 9, 2009

    thanks bos bwat artikelnya. bikin gw tambah semangat belajar ngecat.

    mo tanya dong. bwat spry gun pakai yg merk apa dan ukuran brp?
    rencana mo cat vespa nih.

    Like

  2. pahala
    July 9, 2009

    gw pake merk yg abal2 aja…rujika n sagola.banyak lagi sih merk lain..sekitar 100 ribu harganya…..pake aja yg ukuran 75 kalo untuk cat vespa…soalnya gede permukaan ratanya…jadi supaya lebih rata..yg ok sih katanya meiji, tapi gw kan amatiran aja..jadi gak terlalu ngaruh sama perlengkapan yg canggih itu…

    Like

  3. Yadi
    December 16, 2009

    Thanks sharing pengalaman hebat ngecatnya..

    Sukses selalu bro Pahala..

    Like

  4. Yadi
    December 16, 2009

    bravo.. bravo..
    Setelah buka2 flickr bang Pahala, ternyata kita sama2 akuntan yg hobbynya ngaduk2 cat duko.. he he..

    good luck..

    Like

  5. pahala
    December 17, 2009

    mari ..mari…belajar ngecat..he..he…he….abis ngecat…badan pegel2..ngopi, sandaran dibawah pohon….sambil ngeliat hasil cat yg mengkilat-kilat….sedaaaaappppp. abis itu baru tau kalo spray gun nya gak bisa dipake..mampet…dah keburu kering..he..he…he…

    Like

  6. pahalanainggolan
    December 17, 2009

    merknya apa aja bisa bro..gak terlalu ngaruh..orang bilang sih yg ok pake meiji..tapi muahal banget..3x lipat dari yg biasa..gw sih pake merk abal2..jadi kalo mampet gak sayang buat ngebuannya…he.he…pake yg ukuran kecil aja bro, di pasar cuma ada 2 ukuran kok…kecil n besar..kalo buat vespa mah yg kecil aja…kalo yg gede boros…kebanyakan kebuangnya..ditiup angin…
    pake yg kecil n cat berkali-kali…biar rata…
    selamat nyoba bro…monggo direport kalo ada temuan yg oke buat dishare…

    Like

  7. dicky djadul
    March 8, 2010

    halo

    Like

  8. dicky djadul
    March 8, 2010

    Aslmkm.,.thx bro infonya,.gw jg lg bljr2 ngecat,awlny cm bl kmprsor 0,8pk.,.lm2 pny yg 1pk..cm ada yg msh mengganjal di proses pernis pake blinken,.gw pk clear+hrdner+thinner PU(1:1:3).,hslny buram.,.trs cb harden di kurangi jd (1:0,2:3).,.msh tetep jg.,.tolong klo ada jurus pernis blinken itu berapa perbandingannya,.n pake thinner apa? thanks ya yg mau di jawab

    Like

  9. pahalanainggolan
    March 8, 2010

    bro, hardenernya janga dikurangin..biar aja sesuai aturannya..n itu fungsinya kan bikin vernis jadi keras sehingga bisa melindungi cat…kalo burem setau gw kualitas vernis..(kalo blinken sebenernya kualitas medium…tapi coba cek..ada seri2 nya…cari seri yg amat sangat bening …gw lupa nomor berapa..1800 kalo gak salah..intinya, vernis blinken juga berseri boss…kayak kita beli cat putih aja kan..ada dark white off white segala..jadi coba cek serinya..

    lalu thinnernya..kalo dah pake blinken juga harusnya sih dah bagus tuh…gw sendiri pake thinner cobra aja.supaya selaras dengan thinner catnya…n cenderung kalo dah vernis gak digosok lagi pake compound…langsung aja gw wax…pernah pake compound malah kaya katarak mata…

    Like

  10. dicky djadul
    March 8, 2010

    maksud dr buram itu kayak kulit jeruk bro gk ngangkat,padahal dag 3x pernis,.tp kl gw pk auto bright ms-5000 hasilnya cihuy,neh gw coba2 aj pk blinken,n mpe skrg kgk prnh cihuy..(hehehe gk bakat pk blinken).,Btw gw mo bljr banyak neh,kykny gw bth teacher,.,.emank si bro tinggal dmn?

    Like

  11. dicky djadul
    March 8, 2010

    oh ada 1 lg yg mo gw tnyain.,.klo thinner jenis A itu u/ apa seh? n ada di merk apa.,.gw pk thinner it buat lapisan poxy malah si poxy gampang bgt di amplas,pk tangan aja jd luntur,aplgi d amplas.,.,blh sdkt infonya u/ bantuan korban keganasan thinner.,.hehehe (si banyak tanya)

    Like

  12. pahalanainggolan
    March 9, 2010

    menurut gw sih bro, kulit jeruk itu karena vernis terlalu tebal kali ya…..n adukan kelewat kental…bagusnya kan encer aja, tipis2…kalo dah kering baru jalan lagi…
    thinner A gak pernah denger bro…cuma pernah pake thinner buat cat laquer alias thinner biasa..sama thinner PU (rada lama keringnya…n buat cat PU juga) pengen tau juga tuh kayak apa itu thinner..ntar gw tanyain toko cat deket rumah deh…
    luntur epoxy nya..jangan2 lupa naro hardener epoxy bro? ngga kan ya…gw pernah begitu soalnya..n gejalanya sama…lunak n gampang luntur.

    Like

  13. dicky djadul
    March 9, 2010

    Bro,gw ada tambahan dikit neh bolek yak.,.,emank bnr klo ngecat itu kudu thinner yg sama,biar gk bangun.,Tapi gw prnh ngecat pk thinner yg sama.pas proses pernis yg trakhir pada bangun semua,tuh gr2 gw amplas dulu pk air+sabun sblm semprot.
    awalnya seh pengen lbh halus n bintik2 clear mati itu gk ad.,eh malah berantakan.,.wahahaha.(jd intinya thinner sama n pas ngeclear tahap ke 2-3 blh diamplas pk air tp jgn trlalu tekan n gk di anjurkan pk sabun)..tp klo mo coba2 monggo.,.,slamat menjalankan mengecat2…

    Like

  14. dicky djadul
    March 9, 2010

    eh bro pahala tinggal dimana seh?

    Like

  15. pahalanainggolan
    March 9, 2010

    teorinya bilang sih merk yg sama, epoxy,cat,vernis..tapi gw dah coba..rasa2nya logikanya masuk ..thinner yg sama aja ternyata cukup..rumusnya yg gw dapet…thinner yang bagus harus duluan..yg jelek thinnernya belakangan..kalo terbalik, thinner bagus bisa mengangkat lapisan yang sebelumnya…makanya tukang cat di jl. kramat gak pernah mau pake thinner mahal..soalnya dia gak tau cat yg sebelumnya berapa bagus thinnernya..supaya aman, dia pake yg paling rendah aja..dijamin gak bangun catnya.

    vernis..baik pertama maupun terakhir punya musuh yang namanya kotoran..debu misalnya, musuh beratnya, minyak…dijamin kalo ada itu lapisan..debu, minyak, sabun ato apapun itu…pasti dia naik…gak sempurna nempelnya bro…
    gw gak pernah mau sentuh cat yg mo divernis..juga vernis lapisan pertama..dilindungi dari debu juga..makanya ngecat di bengkel yg ada ruangan khususnya bisa lebih bagus kan..

    gw di jatibening estate bekasi bro..kalo deket monggo mampir..ngopi2 sambil ngobrol…

    Like

  16. dicky djadul
    March 9, 2010

    Wah gw pikir di luar daerah jakarta.,.,Hehehe.,.,gw di LA.,.lenteng agung.,lumayan deket.,bolehlah gw mampir.,.enaknya pas Liburan neh.,.Btw klo gw mampir ke situ,bengkel ya?.,.n kegiatan mengecat2 msh jalan kah? gw minta no hapenya dunk.,.blh tak? n sxan tkrn nomor,.ne no gw 085714315139.,.thx bro

    Like

  17. pahalanainggolan
    March 10, 2010

    monggo boss.silakan aja..gw di 0811928700..bukan bengkel tapi..asli rumah…makanya kalo ngecat kudu ngitung tetangga dulu..he..he..skrg lagi stop, abis plitur rak buku pake spray gun..bentar lagi kalo anginnya dah bertiup..mo ngecat motor c70 sama sepeda …lagi nunggu waktu aja.

    Like

  18. dicky djadul
    March 11, 2010

    Oh iye bro.,.menurut lo,.auto bright bagus gk seh? tahan lama gk?.,.n katanya ada cat anti gores,.itu seperti apa seh n cara gunainnya gmn?mahal gk?

    Like

  19. pahalanainggolan
    March 12, 2010

    dicky..gw pernah pake autobright tapi karena bangun gw hapus lagi…waktu ngecat mobil…kayaknya gak ‘sekeras’ blinken ya..tapi gw blom pernah punya hasil autobright sampai tahunan…jadi blom tau juga kayak apa tuh hasilnya ntar kalo dah 2-3 thn…
    kalo cat anti gores buat gw sih cat yg divernis bagus, bersih, kering..nah vernisnya kan membentuk lapisan ndiri yg melindungi cat…jadi gw rasa vernisnya yg bagus tuh..ato bisa juga (gw blom pernah coba) danagloss yang dah nyampur vernis n catnya..kayak 2 in one…tetangga gw bengkel make buat cat combi..n bagus banget.karena gak usah divernis lagi..nah dia bilang catnya jadi lebih keras hasilnya…bisa jadi bro, kan dah dicampur vernis..gak usah dicompound dah mengkilat ndiri…coba deh bro, dia bilang sekaleng 170 ribu..kalo yg danagloss biasa setau gw 80 ribu..

    Like

  20. dicky djadul
    March 18, 2010

    Oh iye bro,neh kan forum masalh ngecat ya.,.gmn kl bikin forum buat airbrush,.kyk bikin2 list,tribal,n bahan2nya pake apa,ncara penggunannya.,.,.hehehe,.,.klo di yutube bhsnya gk ngerti,hehehe jadul banget ya gw.,.,Btw gw liat foto2 u mobilnya kuningnya agk pucat ya,it dr cat or emg kameranya yg agk buram.,.,?

    Like

  21. pahala
    April 4, 2010

    weh…forum buat ngecat ya? rada malu sama yg dah ahli boss..tapi boleh juga sih..karena masih aja gw liat orang nanya2 soal ngecat n mo belajar…
    iya bro..kuningnya rada pucat..salah warna n gak divernis..makanya kalo libur panjang dikit mo disiram lagi n divernis deh..rencana mo minjem tempat aja ke bengkel..soalnya gak enak sama tetangga..n berdebu kalo di depan rumah…
    dah mulai ngecat apa nih bro?

    Like

  22. red909
    July 9, 2010

    Eh gue mo numpang tnya ya bang pahala. Vernis tu yg paling bgus merk nya apaan ya? Trus gue jg prnh dger, emg enak klo cat ama vernisnya langsung dicampur gitu ga banyak kerjaan, tapi ktnya jga ga tahan lma lo bang. Bgusan teteup pake vernish yg terpisah gitu deh? Lgian klo diitung mahal banget clear dicampur cat sampai 170rb. Klo mau gituan mendingan beli vernish danagloss nc yg satu component ga pake hardener palingan harganya 70rb + catnya 80rb. Nah campur aja sdri ga pa pa kok. Itu mlhan dptnya 2klg lo… Stau gue sih kayak gitu. Soalnya jg gue pernah cobain nyampurinnya sdri, ga mslah kok. Yah cm saran sih bang. Ptnyaan ny tlg djwb ya bang.

    Like

  23. susie
    October 23, 2010

    Hy… lam kenal ya.. aku mau tanya nich… Aku sedang cari tukang cat, kalo ada temen yang nganggur boleh dong… pengecetan untuk accesoris mobil,

    Thanks

    Like

  24. cepot
    October 24, 2010

    sorry bro ikut gabung…klo boleh tau kompressornya merek apa harganya brp…..spray gunnya make yg high pa yg low pressure…………..

    Like

  25. pahala
    October 25, 2010

    ane pake kompressor multipro..yg 1 HP kalo gak salah, dulu belinya 600 rebu di lindeteves..tapi kayaknya gak terlalu ok tuh boss..kalo mo ambil yg 1 juta perak…liat aja range harganya di perkakasku.com mungkin bisa pilih merk yg lebih bagus…soalnya gw punya dah pernah diganti seal oli nya..merembes..padahal pemakaian rumah doang…jadi simpulan gw ini barang gak tangguh.

    spray gun..ane pak merk murahan aja bro…rujica, sagola..yg 120 ribuan aja…soalnya ane males bersih2..jadi kalo pake yg mahal n mampet jarumnya kan nyesel yak…ini high pressure ya..tabung diatas..kalo yg tabung dibawah dah jarang orang pake bro..soalnya catnya nyisa banyak dibawah(kan selang sedotnya pasti berjarak) dah gitu lebih berat n gak fleksible makenya..kebetulah ane punya satu yg tabung bawah ..pas nyoba..duh gak enak banget…

    ok bro, selamat nyoba…

    Like

  26. Deniz
    October 26, 2010

    tanks bro tipsnya,bg kami sngt membantu.ok ttp smgt

    Like

  27. Deniz
    October 27, 2010

    Bro kalau resepnya pakai primer sikken,trus cat+clear danaglos,tiner laba2.kira2 hslnya bagus gak,mhn solusinya.sblmya trims

    Like

  28. pahalanainggolan
    October 27, 2010

    wah jangan boss….menurut gw, thinner itu penting banget fungsinya…kalo dia abal2 bisa bikin buram (gak bening) dan kecepatan menguapnya juga gw duga lebih rendah..jadi lebih lama cat kering dan lebih besar kemungkinan debu nempel..ini didukung kisah tukang kayu gw yg dapet order ngecat pintu n kusen pake cat duco istilah dia, karena borongan, mo ngirit pake thiner curah..yg literan belinya..alhasil warna putihnya gak keluar, rada kuning… ..n disuruh ganti sama yg punya rumah..

    Like

  29. Deniz
    October 27, 2010

    gk tadi gini bro,catnya seperti tersebut d atas tapi kok lansung jadi kulit jeruk,atau salah campur ya?tinernya pakai cap laba-laba.tolong kasih perbandingan campuranya.

    Like

  30. pahalanainggolan
    October 28, 2010

    kalo kulit jeruk itu porsi cat-thinner sama angin kompresor gak ideal..kebayakan cat-thinner..jadi angin perlu ditambah..nah supaya lebih lancar..kasih encer dikit campuran cat-thinnernya..aku biasa pakai 1:1 aja…ato max 1:1-5 (kalo cat yg rada murah biasanya kental..yg mahal malah dah encer). patokan encer ngga nya…kalo dah dicampur diaduk..celup paku/obeng..liat jatuh catnya..kalo lama kelewat kental, kalo gak sempat nempel ..kelewat encer…
    dicoba dulu ke bidang lain bro…biar ketauan keenceran/kekentalan, kelebihan/kurang angin dan jarak semprot…sejengkal kira2.
    selamat mencoba….

    Like

  31. dicky djadoel airbrush
    March 7, 2011

    test

    Like

  32. dicky djadoel airbrush
    March 7, 2011

    Hi bro,.lama gk ngisi neh ah,.dag mulai job ngisi,.dari mulut ke mulut,.,skrg di tantangi ngecat berbahan kayu,.lmyn buat beli susu bocah.,u/ susie yg lg nyri tkg cat,mank mo di gaji brp?kbtln ada tmn gw yg mau neh,.,.oia nambah dikit ah slm brguru di bukit tengkorak,thinner bs pk yg curahan,1 ltr cm 10K,bs buat bilas,poxy,cat,tp gk bs buat pernis,blg aja thinner HG buat cat,.trs buat pernis pake yg cobra or PU,.hrg sama,cm daya keringnya cepetan PU..nah prbndgnnya kl gw hard+clear+thnnr it 1:4:2,.clear pk yg blinken 1kg.

    Like

  33. solin
    June 6, 2012

    brow slam knal, lgi galau nich cat”an saya,kok bisa ngangkat ya ,hanya pda bgian” tertentu aja,tpi ,sayap ama batok lampu nya kox kgax apa” padahal,clear pernisnya(blinken) sma” tebal,n pengerjaannya sama pkek bahan yg sama ,juga tahap pengamplasanya.Apa blinkenya harus pkek clear sama hardernernya aja gx usah pkek thiner aspesial?

    Like

  34. gus deck
    July 6, 2012

    hi bro lam knal, gua tertarik ama artikelnya,, sngat mendetail dan mudah dimengerti,, gua ada tnya nih” klo body mtor yg udah pernah di cat…., trus mau di cat lgi, thapan pertama kan di amplas terus klo ga di poxsi langsung di cat bisa bngun ga?

    Like

  35. pahalanainggolan
    July 6, 2012

    resikonya gede bro..poxy itu fungsinya kan buat lapisan baru..supaya cat kita gak tembus langsung ke dasar..dan lebih lekat. kalo ga dipoxy, dan mo pake warna muda, kuatirnya warnanya belang..karena dasarnya gak sama warna..resiko bangun lebih gede juga karena cat lama kita gak tau kualitas thinnernya..jadi kalo kita pake cat yg lebih bagus kualitas thinnernya pasti bangun catnya. selamat nyoba bro…

    Like

  36. bournelost
    July 19, 2012

    wah keren neh tutorialnya mantab banget….. Saya pemula nih, tapi lagi pengin banget belajar ngecat. Kira-kira modalnya berapa yah untuk peralatan dasarnya?
    Trus untuk cat kayu/furniture, apakah aplikasinya sama dengan cat logam kek yang udah di jelaskan tadi?

    Like

  37. pahalanainggolan
    July 19, 2012

    untuk kmpresor 600 ribu, selang n spray gun yg basic 200 ribu sudah bisa mulai boss…tinggal bahan nya..cat bidang kecil aja dulu boss..jadi beli thinner sedikit, cat sedikit.. kayu sama juga.tapi beda materialnya..untuk kayu kan khusus dempul/filler nya.lalu epoxy nya sama lah..cat warna sama..kalo mo plitur lain bahan..dan jauh lebih encer. jadi harus sudah jago kayaknya kalo main plitur/vernis

    Like

  38. agus riyadi
    July 24, 2012

    wah bisa minta tolong di cat in skalian nih bang pahala……wkwkwkwkw…posisi dmn ni?

    Like

  39. didit
    August 31, 2012

    sori ane mo numpang cerita nih mas pahala… masalah cat ‘bangun’ ternyata bisa juga terjadi pada cat baru dengan menggunakan thinner yg sama. Kalo menurut pengalaman ane sih, yg lebih pasti penyebabnya adalah adanya goresan yg agak dalam pada saat pengampelasan, ini membuat thinner baru menyerap kedalam cat lama trus terjadi pemuaian. Biasanya sih ane langsung pake amplas 1000 buat ngatasin ini, trus di tiban lagi (bagiam yg bangun) dengan cat yg agak kental. Untuk poxy pada cat lama biasanya ane menggunakan teknik penyemprotan ‘splash’ (kental dan setelan angin low ). Kemudian ane amplas pake no 400 dan diulang dengan no 1000 (sampe licin). setelah menggunakan teknik ini sampe sekarang (udah10 tahunan) ane gak pernah lagi nemuin masalah cat bangun. Oh ya, kalo masalah kulit jeruk ane rasa itu wajar, ane mernis juga menggunakan teknik ‘splash’, beleber gak masalah… inepin 1 minggu (blinken) trus poles dah… wow…. very wetlook hasilnya…

    Like

  40. pahalanainggolan
    September 1, 2012

    mantap bro didit..gw baru tau nih ‘obat’nya..biasanya gw kerok ulang lagi…mo coba ah.

    Like

  41. didit
    September 3, 2012

    wihh… kerok ulang lagi… hehe, butuh semangat tinggi pastinya. kadang2 setelah diamplas licin ane tutup lagi pake cat tanpa thinner (khusus warna solid, bukan metalik) biar agak2 splash pasir gitu, nah kalo udah kering ane gosok lagi sampe halus. kalo vernis ane murni main polesan bro, maklum dah painting studio ane open abis (terbuka di belakang rumah… hehe) sulit menghindari debu. prosesnya setelah di vernis tebal dan bleber, 1. amplas 1000 (sampe permukaan gak kulit jeruk) 2. compound merah (mulai dari sini harus pake mesin poles) 3. compound putih 4. KIT poles (hati2 pada sudut2, cepet bgt makan catnya) 5. turtle wax… nah untuk turtle wax biasanya sampe 4-5 kali… hasilnya…. bikin ngileeeeeerr….heheh… sori ya bro kalo kepanjangan ngetiknya… tapi beneran, vernis beleber sama-sekali bukan masalah.

    Like

  42. pahalanainggolan
    September 3, 2012

    bro didit..thank lagi nih buat ngatasi vernis bleber..terus terang, ane ampe trauma dah..karna ane cuma kenalnya dikerok lagi …bro, gak kepanjangan nulisnya ..malah kurang panjang…gimana kalo bro nulis lengkap..ntar ane upload atas nama bro didit..tentang vernish..ane tunggu bro. kesian soalnya..yg ane uplot kan kasus gagalnya ane bro..nah yg banyak nanya gimana supaya gak gagal..jadi kalo bro didit bisa nulis step step rincinya…sangat menolong tuh.

    Like

  43. adi
    September 19, 2012

    bos gimana hasilnya kan sya ngcet pke isamu tinernya impala . trz vernisnya sya pke autobright ms-717.kan gmn hasilnya

    Like

  44. pahalanainggolan
    September 21, 2012

    bro, isamu itu merk cat nya? kalo iya..monggo dicoba aja boss..hasilnya sih ditentukan bukan hanya materialnya yak

    Like

  45. Nvy
    November 4, 2012

    salam kenal mas..
    newbie mo tanya nih.. apa ya penyebab cat jadi keriput..
    trs cara mengatasinya bagaimana ya mas? apakah hrs dr Nol lg..dengan cara mngkikis cat yg lama.. maklum saya br belajar ngecat..jd msh bnyk kekurangannya.. thx b4..

    Like

  46. pahalanainggolan
    November 6, 2012

    macem macem mas sebabnya..terlalu tebal catnya, thinner tidak nyambung antara cat dasar dengan cat warna nya..aku biasanya dikikis habis lagi..makanya sebal banget kalo ada keriput ato bangun gini…gw juga tetap belajar mas..n kayaknya belajar n nyoba yang bikin orang makin ahli…

    Like

  47. Cond
    December 13, 2012

    Thengkiu banget semuaaaa…

    Like

  48. Cond
    December 14, 2012

    Pengenn ngecat bunglon,gimana caranya yaaa,,kasi tau doooong????

    Like

  49. pahalanainggolan
    December 15, 2012

    nyeraaaahh..blom pernah nyoba ..

    Like

  50. Cond
    December 16, 2012

    emmmhhh,,
    bang gua kmaren kn ngecet mtor kk niihh dasar putih trus biru met d tmpah lgi biru met tpi silvernya agak banyakan,eeeehhh jd kayak ad dua warna gtu bang,,bener deh bang …di liat dri depan agak ijo dri samping biru met ..Hheheee sayang kebetulan.

    Like

  51. pahalanainggolan
    December 17, 2012

    coba dong kasih liat picts nya..jadi bisa ngebayangin gitu.. pengen sih nyoba..

    Like

  52. Cond
    December 19, 2012

    Hheheeeee
    malu ahhh,,

    Like

  53. moody
    March 2, 2013

    test 123… msh ada penghuninya gak ya??…

    Like

  54. pahalanainggolan
    March 4, 2013

    masih boss…

    Like

  55. Eman
    March 8, 2013

    salam kenal….mas pahala..
    Saya mau nanya..Apakah dempul Autolux 66 bisa dicampur Pengencer???…kalau bisa pake apa???
    Thanx ……

    Like

  56. pahalanainggolan
    March 8, 2013

    tentu bisa..paka thinner saja..

    Like

  57. Eman
    March 9, 2013

    Thanx…Guru…Mantaap infonya….

    Like

  58. ajer
    March 21, 2013

    lam kenal z. .gmn sh cara ngatasin kulit jeruk di bodi motor tp yg udah di airbrush. . .

    Like

  59. addy
    April 2, 2013

    ane cari2 d google cman ini info paling kmplit gan
    ,,,jooossssssss

    Like

  60. addy
    April 2, 2013

    bisa post fb n nmer hp.ny gan ?…..buat tanya2 kalo da problem :D

    Like

  61. bebeq
    May 17, 2013

    Cat dasar ijo tua 2lapis + biru tua 1 lapis, hasilnya semi bunglon bos kalo diliat dri depan ijo, kalo dri samping ijo aga kebiruan / sebaliknya,, kalo 3 / 4 warna belom nyoba,
    Baru belajar juga nih, ikut menyimak juga

    Like

  62. khasirin waluyo sujati
    May 25, 2013

    halo bosss, to the point aja nih…. numpang nanya , kalo pen spray di bekasi yg ada dimana boss, trus yg abal2 berapa duit ya boss.. trims

    Like

  63. khasirin waluyo sujati
    May 25, 2013

    map ye boss, kalo ga sopan main nylonong aja……

    Like

  64. pahalanainggolan
    May 25, 2013

    di Mitra 10, depo bangunan, di toko cat yg di ruko lampu merah caman..ada boss. biasanya hampir di semua toko cat ada tuh …yg abal abal sih 100 ribuan juga dah ok boss. yg 200 an meiji kawe…

    Like

  65. fendi
    January 30, 2014

    thx lur info nya,,,,

    Like

  66. Herbrata Moeljo
    January 31, 2014

    Mau tanya dong bro, apa jadi nya kalo cat PU diencerkan oleh thinner HG?
    Ke dua, kalo kita pake cat duco (NC) yg diencerkan dengan thinner HG (atau ND),
    apakah jika dilapis dengan Vernish PU (misal Blinken) yang pake thinner PU,
    tidak akan menyebabkan cat di bawahnya jadi bangun atau mengelupas ?

    Like

  67. pahalanainggolan
    February 1, 2014

    waduh, belum pernah nyoba bro…lagian juga mending gak usah ambil resiko bro, campur yg sama aja.

    Like

  68. yogo
    February 22, 2014

    Misi mas, mau tanya” boleh ya . Hehe ..
    Pernis yg bagus, cepat kering (tanpa oven) dan harga nya terjangkau itu merk apa ya ? Dan kisaran harga brapa kira” ..
    Saya pernah pake pernis Blinken 2500Ms perbandingan clear+Hdr 1:1 (tanpa dicampur thiner) hasil nya tidak mulus, seperti bergelombang knp ya ? Apa memang karakteristik pernis tsb begitu …
    Mohon pencerahan nya, trims

    Like

  69. pahalanainggolan
    February 26, 2014

    wah banyak banget..dan bagusnya nanya di toko cat di tempat masing masing aja..soalnya beda kota beda merk..lalu ternajngkau itu berapa ya? pokoknya ada harga ada rupa lah..

    Like

  70. pahalanainggolan
    March 19, 2014

    waduh mas..aku blinkennya pasti dicampur thinner…kalo ndak terlalu kental..dan butir butirnya yang keluar dari spray jadi lebih besar…kayak pasir. kenapa gak dicampur thinner ya? apa ada alasan tertentu kah?

    Like

  71. ado
    March 23, 2014

    Ikut gabung mas bro tukar pengalaman..setau saya tahap pengecatan beda tiner juga bs bagus..dan pernis blinken emang pernis susah..klo pemula mending pake spruce..nippon..atau klicken..harga G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ sampe 100..

    Like

  72. ado
    March 23, 2014

    Sharing..add 32A73738…HP 085799795233..FB kurnia kur..di fb juga bnyk contoh cat dr epoxy sampai pernis beda tiner..malah justru awal tiner ND+HG+PU alhamdulillah tidak bangun cat nya..

    Like

  73. geng
    April 17, 2014

    masih aktip ga mas ? lagi proses ngecat juga nih hehe boleh dong dibimbing hehe

    Like

  74. ari Muntilan jateng
    April 18, 2014

    Permisi om Pahala,saya lagi coba2 ngecet sedan tua om,cat awal ga saya kerok,cuma amplas kasar trus step halusin,trus ane epoxy,kelar ane dempulin,tutup epoxy lagi,naik ke dasar pakai cat dana,thiner autoglow,eh malah banyak ngangkatnya kira2x knapa ya om ..mkasih

    Like

  75. pahalanainggolan
    April 20, 2014

    monggo silakan aja..

    Like

  76. pahalanainggolan
    April 20, 2014

    waduh ari..susah juga kalo gak liat nih…nebak nebak aja..mungkin cat lama dah kelewat tebal dan thinner cat baru lebih ‘keras’ ..masuk ke pori cat lama..

    Like

  77. geng
    April 21, 2014

    baru abis ngecat warna mas, tapi kok ada yg ngangkat yah, epoxy ke angkat, padahal belum ke vernis, tinner sama ?

    Like

  78. pahalanainggolan
    April 22, 2014

    waduh..kalo baru warna dah ngangkat kemungkinan kotor permukaannya..ada bekas lemak/minyak yg nempel di tangan lalu kita pegang permukaan yg mo dicat… ..ato cat asli masih nempel/gak bersih keroknya..jadi masih sisa dikit dan tipis…ato malah kalo belum dikerok cat aslinya..memang sudah kelewat tebal …

    On Mon, Apr 21, 2014 at 10:18 PM, To Give….To Share…. wrote:

    >

    Like

  79. geng
    April 22, 2014

    oh iya om, kalo dari cat warna ke vernis, cat warna nya harus diamplas dulu ga ?

    Like

  80. pahalanainggolan
    April 22, 2014

    aku sih ngga diamplas..tapi harus dijaga spy bersih..gak dipegang dan gak berdebu…

    On Tue, Apr 22, 2014 at 1:04 PM, To Give….To Share…. wrote:

    >

    Like

  81. geng
    April 23, 2014

    oke om abis beres pernis… nah sebelum di amplas kumpon poles, nunggu nya brapa lama ? 3 hari, seminggu ?

    Like

  82. pahalanainggolan
    April 23, 2014

    udah gak ada yg bangun ya? ..prinsipnya sih semakin lama semakin baik jadi kering permukaan dan dalamnya….apalagi kalo gak kena debu..waktu itu gw sehari aja udah bisa kok..tapi tunggu aja 3 hari biar aman…

    On Wed, Apr 23, 2014 at 7:46 PM, To Give….To Share…. wrote:

    >

    Like

  83. geng
    April 23, 2014

    yg bangun ada sih, tp sy liat bagian yg bangun cuma dkit ternyata, cuma titik2 doang biarin aja lah haha, iya nih banyak debu yg nempel, .. oke om tenkyuh

    Like

  84. putra
    May 26, 2014

    Gan ane mau minta petunjuknya nih, ane waktu itu ngecat motor ane, waktu masa pengecat’an gada masalah, malahan lancar..
    Pas ane mulai pernis disini masalahnya bru di mulai, pernis ane ga kering” gan..
    Ane pke pernis blinken ms 2500, nah cara nyampur pernis yg baik biar kering gmna gan ?
    Mohon bantuannya ya gan..

    Like

  85. putra
    May 26, 2014

    Gan ane mau minta petunjuknya nih, ane waktu itu ngecat motor ane, waktu masa pengecat’an gada masalah, malahan lancar..
    Pas ane mulai pernis disini masalahnya bru di mulai, pernis ane ga kering” gan..
    Ane pke pernis blinken ms 2500, nah cara nyampur pernis yg baik biar kering gmna gan ?
    Mohon bantuannya ya gan..
    Klo boleh ane minta pin bb agan deh, biar enak sharingnya gan :)

    Like

  86. pahalanainggolan
    May 28, 2014

    lupa campur hardener ? biasanya ini yg bikin lunak dan basah terus..ato campurannya terlalu sedikit. pin gw 748D7E88

    2014-05-26 20:59 GMT+07:00 To Give….To Share…. :

    >

    Like

  87. febri damendra
    June 3, 2014

    gan mau nnya ne,suhu oven buat plastik(bodi mtor) brapa ya

    tlong pncrahannya gan…

    Like

  88. pahalanainggolan
    June 3, 2014

    waduh..belum pernah nyoba tuh…

    On Tue, Jun 3, 2014 at 7:24 PM, To Give….To Share…. wrote:

    >

    Like

  89. febri damendra
    June 4, 2014

    klo cra ngrrabin gmna ya gan..???

    ane pake kit ama rabin putih ne gan
    ane jga pnya alat rabinnya gan..!!??

    sory gan nyak trus..!!

    Like

  90. Nusa Sitio
    July 22, 2014

    bang emailnya masih aktif itu bang?

    Like

  91. faishal
    September 14, 2014

    Ane mau nanya, tadi ane ngecat stelah finishing vernis, cat’a pada ngangkat, knapa ya?
    Tadi’a hari kmaren dipernis, terus di lanjut pernis sekarang

    Like

  92. ridho
    September 26, 2014

    Numpang gabung bro
    Pemula bru mw bljar ngecat
    minta saran dari poxy – cat warna – clear (merk apa yg pling gmpang bwt pemula , skalian harganya juga klo bisa :) )

    Like

  93. dhony
    March 14, 2015

    SILAHKAN DIPESAN MULAI DARI SEKARANG TIKET PAKET PERJALANAN ANDA UNTUK MELAKSANAKAN IBADAH UMROH / UMROH PLUS TURKI / UMROH PLUS DUBAI / UMROH PLUS AQSHA / UMROH PLUS KAIRO & HAJI PLUS UNDANGAN RAJA…..
    LABBAIK ALLAAHUMMA LABBAIK….
    YAA ALLAH KAMI PENUHI UNDANGANMU UNTUK DATANG KERUMAHMU…

    JADWAL UMROH 2015 –2016

    15 APR15 UMROH MURAH
    LANDING MADINAH 09 HARI = $1775 = SISA 45 SEAT

    09 APR 15 UMROH PLUS TURKI
    HOTEL*4/TURKISH 12 HARI = $2750 = SISA 25 SEAT

    11 APR 15 UMROH PLUS DUBAI
    12 HARI = $2600 = SISA 25 SEAT

    15 APR 15 UMROH 2X JUMAT
    12 HARI = $1850 = SISA 30 SEAT

    15 APR 15 = UMROH 2X JUMAT
    15 HARI = $1950 = SISA 30 SEAT

    26 APR 15 UMROH MURAH
    09 HARI = $1775 = SISA 40 SEAT

    THN 2016
    HAJI PLUS NON KOUTA
    25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT

    07 MEI 15 UMROH MURAH
    LANDING MADINAH = 09 HARI = $1800 = SISA 35 SEAT

    11 MEI 15 UMROH PLUS AQSHO ISRA MIRA’J
    13 HARI = $3400 = SISA 25 SEAT

    13 MEI 15 = UMROH MURAH
    09 HARI = $1800 = SISA 45 SEAT

    13 MEI 15 UMROH PLUS TURKI
    12 HARI = $2700 = SISA 25 SEAT

    13 MEI 15 UMROH PLUS DUBAI
    12 HARI = $2500 = SISA 25 SEAT

    29 MEI 15 UMROH MURAH
    09 HARI = $1800 = SISA 45 SEAT

    13 MEI 15 UMROH 2X JUMAT
    LANDING MADINAH 12 HARI = $1900 = SISA 30 SEAT

    13 MEI 15 UMROH 2X JUMAT
    LANDING MADINAH
    15 HARI = $2000 = SISA 30 SEAT

    TAHUN 2016
    HAJI PLUS NON KOUTA = 25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT

    PAKET UMROH RAMADHAN 2015

    18 JUN 15 AWAL RAMADHAN
    09 HARI = $2400 = SISA 30 SEAT

    18 JUN 15 AWAL RAMADHAN
    12 HARI = $2600 = SISA 20 SEAT

    18 JUN 15 AWAL RAMADHAN
    $2900 = SISA 15 SEAT

    1 JUL 15 LAILATUL QADAR
    09 HARI = $2600 = SISA 20 SEAT

    1 JUL 15 LAILATUL QADAR
    12 HARI = $2800 = SISA 20 SEAT

    25 JUN 15 LAILATUL QADAR
    15 HARI = $2900 = SISA 20 SEAT

    11 JUL 15 AKHIR RAMADHAN
    09 HARI = $2800 = SISA 20 SEAT

    8 JUL 15 = AKHIR RAMADHAN
    12 HARI = $3000 = SISA 20 SEAT

    5 JUL 15 AKHIR RAMADHAN
    15 HARI = $3200 = SISA 20 SEAT

    18 JUN 15 FULL RAMADAHAN
    30 HARI = $4000 = SISA 25 SEAT

    5 JUL 15 ITIKAF RAMADHAN
    15 HARI = $2400 = SISA 25 SEAT

    17 DEC 15 UMROH PROMO
    09 HARI = $1650 = SISA 45 SEAT

    26 DEC 15 = UMROH TAHU BARU
    09 HARI = $1700 = SISA 45 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PROMO
    09 HARI = $1550 = SISA 45 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PROMO
    12 HARI = $1675 = SISA 45 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PROMO
    15 HARI = $1775 = SISA 45 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PLUS TURKI
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PLUS DUBAI
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PLUS CAIRO
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PLUS AQSHA
    12 HARI = $2600 = SISA 30 SEAT

    THN 2016 HAJI PLUS NON KUOTA
    25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PROMO
    09 HARI = $1550 = SISA 45 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PROMO
    12 HARI = $1675 = SISA 45 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PROMO
    15 HARI = $1775 = SISA 45 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PLUS TURKI
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    23 FEB 16 = UMROH PLUS DUBAI
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PLUS CAIRO
    12 HARI = $2450 = 30 SEAT

    THN 2016 HAJI PLUS NON KOUTA
    25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT
    Hubungi Segera Marketing Kami :
    089650091317
    Pin BB 54EE5486
    DHONY HADI SYAHPUTRA

    SILAHKAN KLIK LINK DIBAWAH INI
    ; http://donifatatour.blogspot.com/

    SESUNGGUHNYA ALLAH TIDAK MEMANGGIL TIAP ORANG YANG MAMPU
    MELAINKAN MEMAMPUKAN TIAP ORANG YANG TERPANGGIL, INSYA ALLAH DIANTARANYA ANDA..

    Like

  94. ajie
    May 19, 2015

    Bagi pinx nah. Kayax qt punya hobi yg sama. Salm knal bro

    Like

  95. pahalanainggolan
    May 24, 2015

    ayo ..share aja di comments nya..biar lebih banyak yg bisa belajar gan..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 28, 2009 by in HONDA BEBEK C70 and tagged , , , , , , , , .
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: